4 Tips Merawat Pintu Dan Jendela Kayu Jati

4 Tips Merawat Pintu Dan Jendela Kayu Jati

Kusen pintu dan jendela kayu jati merupakan sebuah nilai estetika bagi sebuah bangunan. Saat kusen kalian sudah terlihat pudar dan kusam, pasti akan mengurangi nilai estetika rumah kalian dan tidak enak untuk dipandang matta. Suasana yang diberikan juga akan berbeda saat kondisi kusen yang masih baik. Tidak ada lagi suasanya natural yang diberikan. Tentunya kalian tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan ? biaya mahal yang dikeluarkan untuk kusen pintu dan jendela dari kayu jati membuat kalian berharap dapat bertahan lama dan tetap awet. Untuk itu, mengatasi hal itu kalian harus melakukan perawatan secara berkala. Perawatan yang kalian lakukan akan membuat kusen pintu dan jendela kalian akan terlihat indah dan dari kualitasnya juga tetap terjaga. Kusen dari kayu jati yang tidak dirawat akan membuat warnanya terlihat pudar, kusam dan lebih mudah rusak.

Merawat kusen pintu dan jendela tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal, namun merawat kusen dari kayu jati ini bukanlah merupakan hal yang dapat kalian lakukan secara sembarangan. Harus ada penanganan yang khusus. Alih-alih mendapatkan kusen yang indah, kalian justru malah mendapatkan kusen pintu dan jendela yang rusak. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sehingga tidak merusak kusen pintu dan jendela kayu jati seperti cara memebersihkan debu dari kusen, cara memoles dan pengecatan ulang serta hal yang harus kalian hindari agar kusen itu tetap terjaga kondisinya dengan baik.

  1. Membersihkan Debu

Debu yang menenmpel pada kusen dan pintu sebaiknya dibersihkan setiap hari dengan menggunakan lap yang lembut atau bisa dengan kemoceng. Debu yang dibiarkan tetap menempel dan tidak dibersihkan akan membuat kusen terlihat usam. Kalian juga dapat membersihkan dengan lap yang lembut yang telah diberi cairan khusus pembersih kayu. Fungsi cairan kayu ini adalah untuk memberikan kesan mengkilap pada kusen pintu dan jendela kalian. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kayu yang berkualitas tinggi. Jika membersihkan dengan air harus segeera kalian keringkan dan jangan dibiarkan mengering sendiri karena dikhawatirkan akan menyebabkan kusen menjadia lembab dan akan ditumbuhi jamur.

  1. Memoles Kusen Pintu Dan Jendela

Kalian dapat memoles kusen pintu dan jendela kalian dengan menggunakan cairan minyak jati. Pada umumnya memoles menggunakan minyak jati dilakukan pada kusen yang memiliki warna alami jati. Kusen pintu dan jendela yang menggunakan finishing dapat dipoles lagi dengan menggunakan finishing atau coating dalam jangka 2-3 tahun. Karena pada saat itu biasanya kusen sudah mulai terlihat kusam. Memoles kusen pintu dan jendela kayu jati sebaiknya dilakukan secara rutin kusen pintu dan jendela tetap terlihat mengkilap dan bagus.

  1. Hindari Dari Goresan

Sebaiknya kusen pintu dan jendela yang terbuat dari kayu jati itu perlu dihindarkan dari goresan tajam ataupun keras. Apabila kusen terkena goresan terkena goresan ataupun benturan dikhawatirkan akan meninggalkan bekas pada kusen yang akan membuat penampilan kusen tidak menarik. Bekas yang ditinggalkan dari benturan tersebut juga sulit untuk kalian hilangkan.

  1. Pengecatan Ulang

Perlu dilakukan pengecatan ulang agar kusen tetap terlihat mengkilap dan terawatt. Sebelum melakukan pengecatan sebaiknya kusen dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa debu maupun noda yang menempel. Hal ini bertujuan supaya hasil yang didapatkan lebih bagus dan cat lebih mudah menempel. Kemudian bagian yang berlubang ditambal terlebih dahulu menggunakan kayu yang sudah dihaluskan sehingga didapatkan permukaan yang lebih halus dan akan terlihat menarik.

Untk mengkilap kusen dari kayu jati beberapa orang menggunakan bahan-bahan yang alami dengan alasan bahwa kayu juga merupakan bahan alami sehingga akan cocok jika menggunakan bahan pengkilap alami. Beberapa bahan alami yang sering digunakan untuk mengkilap kusen kayu jati yaitu minyak zaitun, biji kemiri, air the, jeruk nipis dll.

Itulah 4 Tips Merawat Kusen Pintu Dan Jendela Kayu Jati.  Tidak sulit bukan ? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *