4 Tips Merawat Saluran Pembuangan Air Agar Selalu Bersih

4 Tips Merawat Saluran Pembuangan Air Agar Selalu Bersih

Selalu merawat semua barang di rumah merupakan satu langkah yang tepat buat kalian lakukan. Tapi sayangnya, terkadang kalian lupa merawat satu spot di rumah kalian yang seharusnya penting sekali kalian rawat. Apakah itu? Tentu saja saluran pembuangan air di wastafel dan kamar mandi di rumah kalian. Walaupun kalian sudah memilih pipa yang tepat untuk saluran air di rumah kalian dengan harga pipa yang sedikit lebih mahal dan kualitas yang terbaik.  Namun, saluran pembuangan air malah tidak kalian rawat dengan semestinya, tidak menutup kemungkinan jika saluran pembuangan akan mengalami penyumbatan.

Lantas, bagaimana cara kalian merawat saluran pembuangan air di rumah kalian, agar selalu bersih dan bebas dari penyumbatan ? yuk, langsung aja disimak beberapa cara merawat saluran pembuangan air agar selalu bersih:

  1. Menggunakan Floor Drain

Apabila kalian mau merawat saluran pembuangan air di rumah kalian, maka langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengecek apakah saluran pembuangan air di wastafel rumah kalian menggunakan floor drain. Apa itu floor drain? Floor drain adalah salah satu alat penyaring di atas saluran pembuangan air. Dengan menggunakan alat ini, tentu saja akan memberikan banyak manfaatnya. Sampah-sampah yang tidak disengaja masuk ke dalam saluran pembuangan air, akan di saring terlebih dahulu oleh floor drain.

  1. Membuat Bak Kontrol

Selanjutnya, kalian bisa membuat sebuah bak control di saluran pembuangan air di rumah kalian. Membuat bak control di saluran pembuangan air tentu akan memberikan banyak manfaat untuk kalian. Bak control akan mencegah kotoran yang sudah terlanjur masuk pada saluran pembuangan air di rumah kalian. Dan juga, bak control mampu untuk  membersihkan kotoran yang mengendap di saluran pembuangan air.

  1. Membersihkan Saluran Pembuangan Air Secara Berkala

Lalu kalian juga perlu membersihkan saluran pembuangan air secara berkala. Sekurang-kurangnya kalian bisa membersihkan enam bulan sekali. Namun, apabila aliran air di kamar mandi kalian mengalir sangat lambat, maka kalian harus membersihkan saluran pembuangan air. Jika kalian ingin membersihkannya, maka kalian hanya perlu menuangkan air panas pada saluran pembuangan air. Cara lain, kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan kawat spiral dengan ujung yang berserabut.

  1. Menyediakan Tempat Sampah Di Kamar Mandi

Untuk merawat saluran pembuangan air kalian yaitu menyediakan tempat sampah di kamar mandi. Jika sudah ada tempat sampah di kamar mandi, maka sudah tidak ada lagi alasan tidak sengaja membuang sampah di saluran pembuangan air

Gimana? Gampang sekali kan buat merawat saluran pembuang air supaya selalu bersih dirumah kalian. Semoga bermanfaat..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *