4 Tips Merawat Talang Agar Tidak Bocor Dan Tersumbat

4 Tips Merawat Talang Agar Tidak Bocor Dan Tersumbat

Talang yang biasanya dipasang di pinggiran atap yang berfungsi menampung dan mengalirkan air hujan yang jatuh kea tap rumah. Kendati fungsinya terlihat sederhana, keberadaan talang air efektif untuk mencegah terpaan hujan yang dapat mengakibatkan pelapukan pada jendela, pintu dan juga dinding.

Permasalahan yang dapat terjadi pada talang yaitu dengan adanya penumpukan daun-daun, debu dan kotoran lain yang terbawa angina sehingga dapat menimbulkan penyumbatan. Ujung-ujungnya, air hujan akan menggenang sehingga dapat menyebabkan korosi pada talang logam, lapuk pada kayu atau bahkan jebolnya talang.

Untuk menghindari kerusakan pada talang, kalian perlu merawat secara teratur. Cara yang umum dilakukan untuk membersihkan dan merawat talang yaitu sebagai berikut :

  1. Membuang Kotoran Yang Menumpuk

Buanglah kotoran-kotoan yang terkumpul pada talang, seperti dedaunan. Kalian dapat menggunakan sekop plastic untuk mempermudah pekerjaan seperti ini atau bisa menggunakan tangan yang dilapisi plastic yang berbentuk seperti tangan.

Jika hendak menyekop, mulai dari lubang saluran yang mengalirkan air ke bawah, setelah itu bergerak menjauh dari titik ini. Agar tidak perlu bekerja dua kali untuk membersihkan kotoran yang berjatuhan di teras atau halaman, gunakan ember plastic untuk menampung dan membawanya turun.

  1. Menyemprot Talang Dengan Selang

Setelah semua kotoran dibersihkan, semprotkan air pada talang dengan menggunakan selang. Alirkan air di sepanjang saluran air, sehingga pipa yang mengarah ke bawah. Akan lebih baiknya jika selang air yang digunakan dengan pengatur tekanan yang dapat dinyalakan dan dimatikan. Apabila perlu, kalian juga boleh menggosok talang dengan sikat sembari menyemprotkan air.

  1. Keluarkan Penyumbat Dari Dalam Pipa

Jika air tidak mengalir dengan lancer di dalam saluran pipa yang diarahkan ke bawah, hal itu berarti kotoran yang menyumbatnya. Misalnya menyemprotkan air dengan tekanan tinggi untuk mendorong keluarnya penyumbat itu.

Jika cara seperti itu tidak berhasil, mungkin kalian perlu menggunakan alat bantu untuk menarik atau mendorongnya. Hal itu dapat mempermudahya, kalian bisa menggunakan penggerek yang biasa dipakai oleh para tukang ledeng, yang kerap disebut dengan auger atau drain snake.

  1. Perhatikan Faktor Keselamatan

Kalian dapat menyewa jasa tukang professional untuk melakukan pekerjaan dalam membersihkan dan merawat talang dan rumah kalian. Tapi bila kalian ingin melakukannya sendiri, kalian harus memperhatikan keselamatan dan berhati-hati karena kalian tidak ahli dibidang tersebut.

Itulah beberapa 4 Tips Merawat Talang Agar Tidak Bocor Dan Tersumbat, semoga bermanfaat..

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *