5 Tips Merenovasi Rumah Yang Hemat

5 Tips Merenovasi Rumah Yang Hemat

Setelah bertahun-tahun, rumah yang kita tinggali bisa saja sudah terlihat sumpek dan kusam. Hal ini sering terjadi karena beberapa bagian yang melapuk, memburuk kondisinya dan juga kurang perawatan. Kebanyakan dari kita sering berpikir  untuk melakukan renovasi rumah. Akan tetapi yang menjadi penghalang utamanya adalah keterbatasan biaya dan waktu. Banyaknya kebutuhan sehari-hari itu yang akhirnya membuat kita mengabaikan untuk merenovasi rumah.

Ketika mendengar kata renovasi rumah, kita jangan dulu berpikiran bahwa biaya yang harus kita keluarkan akan menguras duit tabungan. Sebaliknya, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk merenovasi rumah secara hemat. Mau tau caranya? Yuk simak 5 tips merenovasi rumah yang hemat berikut ini.

  1. Melindungi Dan Merawat Furniture

 

Furniture yang sudah berumur atau sudah lama dipakai sebaiknya jangan disingkirkan dulu, jika dilakukan pergantian seluruh furniture bisa jadi pemborosan. Hal sederhana dalam merenovasi rumah yaitu menjaga kondisi furniture selalu bersih. Apalagi jika kalian menyukai mebel yang berbahan kayu. Ada beberapa factor yang harus kalian perhatikan seperti cahaya matahari, suhu dan kelembapan.

  1. Cat Ulang DInding Saat Merenovasi Rumah

Merenovasi rumah tidak harus mengganti seluruh hal di dalam ruangan tersebut. Merenovasi rumah yang dimaksud adalah merubah warna dinding yang membuat tampilannya menjadi baru. Penampilan dinding yang kusam dan lecet tentu saja akan terlihat tidak bagus atau tidak enak dilihat.

 

Hal pertama yang harus kalian lakukan kala merenovasi rumah yaitu memilih warna cat dinding yang tepat. Jika dindingmu banyak pengelupasan, maka mengecatnya dengan warna putih terlebih dahulu sebagai warna dasar. Baru selanjutnya dilakukan pengecatan kembali dengan warna yang sudah kalian pilih tadi.

  1. Atur Kembali Pencahayaan

Sebelum melakukan renovasi rumah yang besar-besaran, kalian cek terlebih dahulu apakah selama ini lampu-lampu rumah kalian  yang menjadi masalah. Kenapa bisa gitu ? pencahayaan yang kuran dan kurang tepat tentu akan membuat rumah kalian tidak enak dilihat atau tidak enak dipandang.

Jadi sebelum melakukan renovasi rumah pada bagian lainnya, kalian coba ganti lampu-lampu yang telah redup dengan lampu yang baru. Bahkan kalian juga bisa menempatkan lampu led di bawah fornutire kesukaanmu sebagai bagian dari merenovasi rumah. Pasti terlihat lebih menarik.

 

Pada siang hari, pastikan juga intensitas cahaya matahari  masuk ke dalam rumahmu. Sehingga rumah kalian menjadi lebih sehat, tidak terlihat redup atau gelap, dan menjaga tingkat kelembapan. Memastikan hal satu ini juga menghemat biaya merenovasi rumah nantinya lho.

  1. Segarkan Suasana Dapur

Dapur adalah salah satu ruangan yang cukup vital di dalam rumah, jadi kalua kalian ingin melakukan renovasi rumah, jangan lupa untuk memperhatikan ruangan dapur. Mengganti peralatan dapur yang sudah rusak merupakan salah satu hal yang penting dalam merenovasi rumah. Jika perlu, pasang pewangi ruangan biar bau yang kurang sedap dari arah dapur menjadi harum.

  1. Tanaman Untuk Menghidupkan Rumahmu

Salah satu hal terpenting dalam merenovasi rumah yaitu membuat rumah tampak lebih hidup. Nah seringkali rumah yang terlihat suram bukan karena tuanya desain interior, mungkin karena kurangannya tanaman hijau di dalam rumah. Jika masalah rumah kalian juga seperti itu, merenovasi rumah yang dibutuhkan yaitu cuman penamabahan tanaman, baik di sudut ruangan atau bisa juga dia atas meja.

Itulah tadi 5 tips merenovasi rumah yang hemat. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *