5 TIPS MUDAH MERAWAT TANAMAN AGAR SELALU SEGAR

Bagi anda yang menginginkan memiliki kediaman yang asri dan sejuk, maka anda perlu memilih tanaman sebagai sebuah kebutuhan. Bagi anda yang tidak biasa merawat tanaman, maka bisa jadi hal tersebut merupakan suatu kesulitan tersendiri. Sehingga ada baiknya anda perlu memulai dengan merawat tanaman dengan media tanam pot. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap selalu terlihat segar.

  1. Gantilah Pot Tanaman

Saat anda membeli tanaman mungkin anda bisa menaruhnya di pot yang agak kecil. Namun setelah beberapa waktu, maka anda bisa memindahkan tanaman yang sudah mulai tumbuh ke pot yang lebih besar. Hal ini bertujuan agar akar tanaman dapat berkembang lebih leluasa. Dengan pot yang lebih besar maka tanaman akan dapat menyerap air serta mineral tanah lebih banyak. Sehingga saat tanaman mendapatkan banyak nutrisi dari tanah maka tanaman akan menjadi lebih segar.

  1. Cukup Sinar

Meletakkan pot dengan di tempat yang tepat membuat tanaman menjadi lebih segar. Salah satu peletakan yang tepat untuk tanaman ialah di tempat yang penuh dengan sinar. Dengan sinar yang cukup maka akan memaksimalkan fotosintesis. Dengan fotosintesis, maka tumbuhan menjadi lebih segar dan bisa tumbuh menjadi lebih segar. Selain melihat dari sisi penyinaran, maka anda perlu memotong ranting-ranting atau dedaunan yang sudah layu. Bila anda tinggal di apartemen atau rumah yang kurang mendapatkan pencahayaan, maka anda bisa menaruh tanaman secara berkala di tempat yang terpapar sinar matahari.

  1. Masukkan ke Dalam Rumah

Namun bila anda memiliki halaman luas dan sering menempatkan tanaman di luar rumah, maka ada baiknya sesekali tanaman anda di letakkan di dalam rumah. Tanaman yang terlalu banyak terkena sinar matahari ternyata juga kurang baik untuk pertumbuhan tanaman.

  1. Bersihkan dari Hama

Selain memperhatikan dari segi kualitas penyinaran dan ukuran pot hal selanjutnya ialah anda pelu memperhatikan dari segi kesehatan tanaman. Tanaman yang yang sehat tentunya tanaman yang terbebas dari hama. Cara melihatnya sangat mudah, biasanya tanaman yang terdapat hama akan mengalami kerusakan seperti memudarnya warna daun, berlubang dan terlihat tidak segar. Anda bisa menyiramnya dengan cairan penghilang hama kimia atau dengan menggunakan bahan alami seperti cairan rendaman bakau atau air yang di diberi sedikit soda kue.

  1. Perhatikan Penyiraman

Hal terakhir yang tidak boleh terlupakan ialah soal penyiraman. Setiap tanaman memiliki tipe penyiraman yang berbeda-beda. Ada yang harus setiap hari disirami, dua hari sekali atau bahkan satu minggu sekali. Biasanya tanaman yang harus mendapatkan air setiap hari yaitu tanaman yang ada di taman, namun bila tanaman anda berada di pot maka anda bisa menyiramnya dua hari sekali. Sedangkan tanaman hias seperti kaktus mini ada baiknya disiram satu minggu sekali agar tidak terjadi kebusukan. Kenali tipe tanaman anda, sebab bila salah dalam perawatan maka tanaman menjadi mati.

Bila anda masih kebingungan dan ingin memilih tanaman yang cocok sesuai dengan rumah anda, maka anda bisa menghubungi kami. Kami siap membantu anda dalam pembuatan taman, perawatan taman serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perawatan tanaman.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *