5 Tips Rumah Anti Banjir Dan Bocor Saat Musim Hujan

5 Tips Rumah Anti Banjir Dan Bocor Saat Musim Hujan

Musim hujan merupakan musim dimana cuaca yang tidak pasti. Bisa jadi siang panas, sore nya hujan. Tapi apakah kalian sudah siap dengan hal seperti itu?

Yuk persiapkan rumah kalian untuk menghadapi musim hujan dengan beberapa hal ini

  1. Ganti Atap Yang Sudah Rusak

Jangan sampai ketika kalian tidur nyenyak dengan keluarga akan terganggu karena air hujan yang masuk ke dalam rumah. sebaiknya, sebelum musim hujan datang, pastikan tidak ada kerusakan pada atap rumah kalian. Genteng atap rumah juga harus kokoh dan merekat kuat supaya tidak lepas karena hujan yang diiringi oleh angina kencang.

  1. Perbaiki Plafon Rumah

Langit-langit rumah yang sudah lama lapuk, lembap bahkan sudah rusak jangan sampai kalian biarkan begitu saja. Apalagi diruang tidur dan ruang beraktivitas kalian. Hal itu akan menggangu kalian bila terjadi kebocoran. Udara rumah juga akan menjadi tidak sehat. Jika kalian melihat sudah rusak langsung perbaiki secepatnya.

  1. Pasang Kusen Yang Pas

Pilihlah kusen pintu dan jendela yang memilikki ukuran yang tepat. Sehingga ketika hujan turun sangat deras, air hujan tidak akan bisa menembus masuk lewat sela-sela pintu maupun jendela. Tentu kalian tidak mau terpaan air hujan masuk kedalam rumah kan ? maka dari itu perhatikan ke detailan ketika memasang kusen atau jika sudah diapasang coba di cek kembali sebelum musim hujan datang.

  1. Pangkas Pohon Di Rumah

Jangan sampai ranting pohon yang runtuh akibat angina kencang saat hujan membuat atap rumah kalian menjadi bocor atau merusak kendaraan dirumah kalian. Sebelum badai menerpa lebih baik pohon yang kelihatannya rentan patah rantingnya segera kalian pangkas.

  1. Pasang Kanopi

Memasang kanopi di depan rumah kalian ketika musim hujan belum datang merupakan keputusan yang tepat. Meskipun hujan turun sangat deras, keberadaan kanopi sangat membantu. Bagian teras akan lebih aman dan kendaraan di bawah kanopi juga terlindungi dari terpaan hujan. Kalian juga jadi tidak pelru repot-repot untuk mengepel lantai atau mengeringkan kendaraan setelah hujan.

Nah, itu dia 5 hal yang perlu kalian perhatikan saat musim hujan tiba. Jika tidak bisa dihandle sendiri akan lebih baiknya kalian menyewa jasa yang memang sudah berkompeten dibidang tersebut. Smeoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *