6 Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

6 Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Platfon merupakan salah satu komponen rumah yang tidak boleh dilupakan. Platfon memiliki pengertian langit-langit dalam rumah. Sebenarnya jenis platfon sendiri sangat bervariasi namun yang paling sering ditemui adalah platfon gypsum. Selain platfon yang memperindah rumah anda, ada 1 komponen penting yang harus ada dalam sebuah rumah. Yups, atap  adalah salah satu komponen penting karena adanya atap dapat melindungi anda dan sekeluarga dari terik matahari yang panas, dan air hujan.

Namun terkadang atap juga memiliki beberapa masalah yang berkaitan dengan atap rumah. Salah satunya adalah kebocoran. Masalah ini tentu sering membuat anda dan keluarga pusing, apalagi menjelang musim penghujan. Untuk itu di bawah ini merupakan tips mudah mengatasi kebocoran atap rumah yaitu :

1.      Hindari menanam pohon yang terlalu dekat dengan rumah

Meskipun penghijauan di lingkungan rumah adalah hal yang baik, namun jika anda menanam pohon terlalu dekat dengan rumah tentu akan memicu kebocoran di suatu hari. Perlu anda tahu jika lama kelamaan pohon yang anda tanam akan semakin besar, rindang, dan berbuah. Tentu hal itu akan merusak atap rumah anda. Apalagi bagian ranting yang menjuntai dan bergerak saat diterpa angin tentu akan menggeser atap rumah anda dari tempat semula.

Selain itu pohon yang berbuah dapat meningkatkan resiko genting yang retak atau pecah, karena kejatuhan buah tersebut.

2.      Pilih atap yang menggunakan sistem waterproof

“waterproof” atau bila diartikan adalah melindungi dari air, akan sanagt cocok anda gunakan sebagai atap rumah. Penggunaan atap waterproof akan meminimalisir kebocoran, selain itu saat ini sudah banyak variasi warna dan jenis yang dijual di pasaran. Sehingga anda dapat memilih atas yang sesuai dengan selera dan budget anda.

Meskipun anda menggunakan atap waterproof hal itu akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan pemasangan yang tidak benar. Jika atap dipasang secara sembrono maka bisa saja terdapat celah yang memungkinkan rumah mengalami kebocoran.

3.      Atap harus memiliki sudut kemiringan yang tepat

Cara lain untuk mengatasi kebocoran rumah adalah dengan memperhatikan tingkat kemiringan atap. Perlu anda ketahui salah satu penyebab dari kebocoran adalah bentuk atap yang terlalu landai.

Jika atap rumah anda termasuk atap yang landai maka sebaiknya gunakan desain pembuatan atap yang berbahan dasar cor. Selain itu anda juga harus melapisinya dengan cat ataupun cairan yang menggunakan sistem waterproof. Sebelum membangun rumah anda ada baiknya memperhatikan sudut kemiringan atap, sehingga air hujan dapat mengalir dengan lancar.

4.      Ganti atap yang tampak rapuh

Atap yang rapuh berpotensi besar mengalami kebocoran, untuk itu cobalah mengecek atap rumah anda. Atap yang rapuh akan sangat mudah membuat air merembes. Melakukan penggantuan atap yang rapuh secara rutin merupakan solusi yang tepat, sesuai dengan kata pepatah. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

5.      Perbaiki saluran air dan talang pada atap

Menjelang musim penghujan nanti anda sebaiknya menyematkan waktu untuk memperbaiki saluran pembuangan air dan bagian talang. Apalagi jika kondisinya sudah rusak, misalnya talang pada rumah anda telah mengeropos, pipa pembuangan air pecah dan masih banyak lagi. Memang membutuhkan biaya namun jika anda tidak segera memperbaikinya maka anda akan jauh lebih kerepotan dengan kebocoran nantinya.

6.      Cat atap rumah dengan cat anti air

Yang terakhir cara mudah adalah melapisi atap rumah dengan cat anti air. Dengan begitu anda tak perlu khawatir jika musim penghujan datang, karena kebocoran sudah teratasi sekarang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *