6 Penyebab Dan Cara Mengatasinya Jika Ac-mu Tidak Dingin

6 Penyebab Dan Cara Mengatasinya Jika Ac-mu Tidak Dingin

Apa yang kalian lakukan jika suhu di rumah mulai terasa panas?  Salah satu caranya yaitu dengan menyalakan pendingin ruangan atau biasa disebut AC (air conditioner). Kehadiran AC pada zaman sekarang memang sangat penting bagi masyarakat modern karena AC mampu memberikan udara sejuk dengn suhu yang bisa diatur sesuka hati. AC dijual dengan beragam keunggulan, ukuran, kapasitas dan harnganya.

Permasalahan yang sering menghantui pengguna AC yaitu AC yang mengalami penurunan performa alias tidak dingin. Fenomena seperti ini seringkali menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang karena suhu menjadi panas dan membuat ketidak nyamanan untuk melakukan aktifitas dan pekerjaan yang tidak produktif. Penyebab AC tidak dingin juga bisa dari factor internal maupun eksternal. Maka dari itu, yuk kita simak bersama dengan lebih detail mengenai penyebab AC yang tidak dingin dan cara mengatasinya.

  1. Filter AC Yang Tidak Rutin Dibersihkan

Salah satu komponen yang mendukung kinerja dari AC dalam menghantarkan suhu yang dingin yaitu filter AC. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC, lama kelamaan, kotoran tersebut akan memenuhi saringan filter dan akan menyumbat sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Cara mengatasinya yaitu dengan rutin membersihkannya. Mencuci filter sebulan sekali agar kotoran yang menyumbat bisa hilang dan bersih kembali. Sebelum membersihkan, pastikan terlebih dahulu barang-barang disekitar AC ditutupi agar barang tersebut tidak kotor. Pasang filter kembali dan kalian akan mendapatkan suhu AC yang dingin kembali.

  1. Kondensor AC Yang Kotor

Tidak hanya filter saja, kondensor AC jika kotor juga bisa menjadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor yang terletak di bagian luar AC itu berguna untuk memanaskan Freon pada suhu tertentu. Sama dengan filter, jika kondensor itu kotor, dia tidak akan bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Kalian perlu membersihkannya secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin . tindak seperti ini bisa kalian lakukan sendiri. Akan tetapi jika kalian tidak yakin untuk membersihkannya sendiri, panggil saja tukang AC yang lebih ahli dibidang itu. Sebenarnya mudah, gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Kalian juga bisa memakai selang air dengan menggunakan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak mengalami kerusakan.

Apabila kalian tidak menggunakan AC dalam waktu yang cukup lama, tutup kondensor dengan kain supaya kondensor tidak menjadi penyebab AC tidak dingin. Jangan menaruh kondensor di tempat dimana banyak tanaman hias dan ranting pohon.

  1. Refrigerant (Freon) Yang Habis Atau Bocor

Refrigerant yaitu gas yang befungsi dalam proses pendinginan ruangan. Merek Refrigerant yang terkenal yaitu Freon sehingga Refrigerant  lebih dikenal oleh masyarakat dengan kata Freon. Freon yang habis juga bisa menjadi penyebab AC yang tidak dingin. Ciri-cirinya yaitu terjadi pembekuan es pada pipa AC, AC bocor, dan timbul suara mendesis itu diakibatkan dari kebocaran AC.

Dampak Jangka Panjang dari penyebab AC tidak dingin ini yaitu Freon AC yang mengalami kebocaran bisa terhirup dan bisa membahayakan kesehatan tubuh kalian seperti gangguan pernapasan hingga bisa mengalami kematian. Untuk menghindari dampak dari itu semua yaitu dengan menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

  1. Pintu Dan Jendela Yang Terbuka

Saat kalian menyalakan AC, apakah kalian sudah memastikan jika pintu dan jendela di ruangan sudah tertutup dengan rapat? Apabila belum, mungkin hal ini yang menjadi penyebab AC yang tidak dingin. Pintu dan jendela yang terbuka sangat berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin satu ini, kalian hanya perlu menutup pintu dan jendela saat AC sedang dinyalakan. Apabila kalian ingin keluar ruangan, segera menutup kembali pintu.

  1. Ukuran AC Yang Tidak Sesuai Dengan Ukuran Ruangan

Bisa jadi penyebab AC yang tidak dingin yaitu salah memilih ukuran yang tidak sesuai. AC yang ukurannya terlalu kecil jelas tidak bisa memberikan suhu udara yang dingin diruangan yang besar. Jika penyebab AC yang tidak dingin ini terjadi, ada baiknya jika kalian menggantinya dengan ukuran AC yang lebih besar.

Cara lain untuk mengatasi hal seperti ini dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu. Teknik seperti ini sering menjadi solusi dari penyebab AC yang tidak digin demi membuat ruangan tetap dingin.

  1. Masalah Teknis Internal AC

Jika kelima penyebab AC yang tidak dingin diatas tidak dialami, mungkin terdapat masalah dibagian internal mesin AC. Untuk mengatasi hal seperti ini, kalian harus menghubungi teknisi AC segera mungkin. Dia akan mengecek kondisi mesin AC dan mencari penyebab AC yang tidak dingin dan akan memperbaikinya.

 

Itulah keenam penyebab AC yang tidak dingin yang biasanya terjadi. Sepaya AC tetap awet, kalian harus rajin merawatnya dengan mengecek dan membersihkannya paling tidak sebulan sekali. Selain awet, kalian juga bisa mencegah penyebab Ac yang tidak dingin. Semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *