8 Tips Merawat Kamar Mandi

8 Tips Merawat Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan tempat dari segala aktifitas yang berhubungan dengan cuci mencuci atau membersihkan noda-noda atau kotoran baik itu badan kita maupun peralatan rumah tangga sampai pakaian meskipun ada sebagaian dari kita yang mengkhususkan fungsi kamar mandi sebagai tempat mandi saja, sedangkan untuk urusan cuci-mencuci dibuatkan tempat khusus sendiri. Terlepas dari itu, kamar mandi merupakan tempat yang selalu berhubungan dengan sabun, air dan noda yang harus selalu mendapat perhatian dalam segi kebersihannya karena kamar mandi yang tidak kotor, wangi dan higenis akan membuat kita terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamu dan bakteri atau bibit-bibit penyakit yang biasanya ada di lingkungan yang kotor.

Untuk itu, menjaga kamar mandi agar selalu bersih dan sehat perlu suatau perawatan yang benar, dibawah ini akan diberikan 8 tipa untuk kita dalam merawat kamar mandi. Semoga bermanfaat.

  1. Dinding & Pintu Kamar Mandi

Bagian inilah yang setiap harinya terkena noda sabun akibat kegiatan mandi atau cuci-mencuci. Untuk dinding yang dilapisi menggunakan keramik sebaiknya setiap hari dibersihkan dengan cara menggunakan sabun cuci tapi bila banyak noda yang sulit untuk dihilangkan, bersihkan menggunakan baking soda atau cairan pembersih kamar mandi dan membersihkannya menggunakan spon atau dikat sampai semua noda menghilang.

  1. Bak Mandi

Untuk bak mandi sendiri bersihkanlah minimal seminggu sekali dengan cara menyikat dan mengurasnya. Jika bak mandi kalian dilapisi keramik, maka berhati-hatilah saat menyikatnya, jangan sampai mengikis sela-sela antar keramiknya karena sela diantara keramik adalah semen yang bertujuan menahan air biar tidak merembes, bila smennya terkikis maka bak mandi kalian akan mengalami kebocoran.

  1. Toilet

Bila kalian tidak mempunyai cairan khusus untuk membersihkan toilet, disarankan menggunakan cairan yang dipakai untuk membersihkan dinding. Akan tetapi untuk toilet dan lantai kalian bisa membersihkannya menggunakan sikat, kalua ada gunakanlah sikat yang khusus yang memiliki gagang panjang untuk membersihkan toilet supaya kalian mudah untuk membersihkan bagian yang tidak bisa terjangkau oleh sikat biasa.

  1. Lantai

Pada umumnya lantai dibuat dengan dilapisi keramik yang bertekstur kasar sehingga untuk  membersihkannya harus menggunakan sikat yang besar agar noda-noda atau kotoran yang melekat pada tekstur yang kasar dapat terangkat, gunakanlah sabun cuci biasa dengan ditambah sedikit air.

  1. Tempat Sabun

Bersihkan sisa sabun yang masih melekat menggunakan cairan dari baking soda atau cuka, gunakalah spon yang kasar untuk membersihkannya bila tempat sabun yang terbuat dari plastic, namun jika tempat sabun kalian terbuat dari besi atau stainless maka gunakanlah spon yang lembut untuk membersihkannya.

  1. Peralatan Mandi

Selain tempat sabun, peralatan mandi juga harus kalian bersihkan seperti odol, sikat gigi, botol shampoo dan barang-barang lainnya. Bersihkan semua peralatan dengan menggunakn spon yang telat diberi sabun pencuci piring, cuka atau bisa menggunakan baking soda.

  1. Gayung & Ember

Untuk membersihkan barang-barang itu cukup dengan menggunakan spon tanpa menggunakan pemersih. Hal itu dikarenakan barang-barang itu dapat bersih dan terbebas dari kotoran.

  1. Kaca Atau cermin

Bersihkan kaca atau cermin dengan menggunakan sabun pencuci piring yang digosok-gosok menggunakan spon lalu dibilas dengan air. Lebih mudah membersihkan kaca atau cermin daripada yang lainnya.

Untuk membuat kamar mandi kalian harum, letakanlah pewangi yang khusus untuk kamar mandi  dengan aroma yang sesuai dengan kesukaan kalian. Khsusu lantai harus sesering mungkin dibersihkan karena jika tidak maka lantai kamar mandi kalian akan menjadi licin yang akan membuat kalian terpeleset. Itualah beberapa tips untuk merawat kamar mandi. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *