Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cat Waterproof

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cat Waterproof

Saat ini tentu sangat mudah bagi anda untuk mendapatkan cat yang tahan air atau waterproof. Cat ini tentu menjadi pilihat bagi masyarakat modern yang untuk melapisi tembok rumah merek. Alasan utama mengapa mereka memilih cat waterproof tentu agar tembok rumah terlindungi dari air. Kondisi tembok yang lembab tentu akan membuatnya mudah rusak. Anda akan sering mengalami masalah seperti cat yang mengelupas, muncul jamur serta retakan yang timbul dan mengancam penghuninya kapan saja.

Untuk itu baiknya anda melapisi tembok rumah anda dengan cat waterproof, apalagi jika anda tinggal di daerah lembab seperti perbukitan atau lereng gunung. Selain itu cat ini juga sangat direkomendasikan untuk ruangan yang terkena air seperti di kamar mandi, tembok yang berdekatan dengan talang air, atau bagian luar rumah yang terkena air hujan.

Selain penjelasan di atas terdapat beberapa alasan mengapa anda haru memilih cat waterproof, antara lain :

1.      Tahan terhadap segala jenis cuaca

Saat ini sudah banyak produsen dan merk cat yang tahan akan segala cuaca. Tidak hanya menahan air sewaktu musim penghujan, cat waterproof dapat melindungi rumah dari cahaya matahari. Tentu akan sangat cocok untuk melapisi bagian luar tembok rumah anda. Apalagi bagi masyarakat Indonesia hampir setiap hari rumah anda terpapar oleh sinar matahari serta perubahan cuaca yang terkadang tidak dapat anda prediksi. Selain itu saat ini banyak pilihan warna yang disediakan setiap merk cat waterproof yang bisa disesuaikan dengan kesukaan anda. Selain tahan air, keindahan  warna cat akan awet akan bertahan dalam waktu yang lama.

2.      Lebih hemat

Jika anda tidak memiliki budget yang besar, mungkin tak ada salahnya untuk memilih jenis cat ini. penggunaan cat waterproof akan menghemat biaya pengecatan rumah, hal itu karena warna rumah akan tampak lebih segar dan bersih dalam jangka waktu yang cukup lama meskipun tidak tidak ada pengecatan ulang. Karena mampu melindungi rumah dari berbagai cuaca tentu tembok rumah akan jauh lebih kuat, tentu hal ini jauh lebih hemat dibandingkan cat tembok biasa.

3.      Ramah lingkungan

Saat hendak memilih cat tembok sebaiknya pilihlah cat yang ramah lingkungan dan telah aman dari zat yang membahayakan. Jika perlu anda harus mengecek kandungan logam yang menjadi komposisi cat, pilihlah cat yang sangat sedikit atau sama sekali tidak mengandung kandungan logam. Sehingga rumah anda akan aman untuk digunakan area bermain anak atau untuk ruang makan bersama.

Namun perlu anda ketahui saat ini pemerintah semakin memperketat aturan mengenai sisa hasil pengelolaan. Oleh karena itu anda juga harus cermat dalam memilih merk cat dari hasil daur ulang. Jika anda cerdas memilih secara tidak langsung anda membantu lingkungan sekitar terhindar dari polusi udara dan air.

  1. Anti rembes dan anti noda

Tentu salah satu hal yang utama dari cat waterproof adalah anti rember. Biasanya cat seperti ini berasal dari acrylic copolymer dengan bahan dasar air yang terbukti mampu menahan air secara efektif agar tidak memasuki bagian dalam rumah. Selain itu bentuknya yang pasta membuat cat akan mudah diaplikasikan ke tembok rumah anda. Aplikatornya pun bisa menggunakan roll, kuas, atau semprot.

Tak hanya menahan air namun juga tidak mudah terkena berbagai jenis noda. Sehingga warna yang dimiliki cat tempok akan selalu bersih selama beberapa tahun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *