Bahan-Bahan Yang Cocok Untuk Pintu Rumah Anda

Bahan-Bahan Yang Cocok Untuk Pintu Rumah Anda

Pintu depan rumah merupakan sebuah simbol penyambutan bagi tamu atau penghuni rumah sebelum memasuki ruangan yang ada di dalam rumah. Bentuk pintu rumah tidak hanya datar atau gaya yang itu-itu saja. Anda dapat memilih beberapa bahn alternatif untuk membuat sebuah pintu. Bukan hanya indah saja namun juga kuat, daya tahan lama efektif dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Saat ini sudah banyak variasi model yang dijual di pasaran. Mulai dari bentuk hingga bahan baku, mungkin diantara anda merasa bingung bagaimana memilih bahan yang tepat untuk pintu rumah depan anda. Nah, untuk itu berikut ini merupakan bahan baku yang bisa anda pilih antara lain :

1.      Bahan pintu dari aluminium

Aluminium dapat menjadi salah satu pilihan anda, adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan baku yang satu ini antara lain tahan terhadap air, karat, lembab, kekuatan angin, dan lain sebagainya. Selain itu Aluminium tahan terhadap korosi, serta hanya membutuhkan sedikit perawatan. Anda tak perlu takut dengan model atau bentuk pintu almunium yang terlalu datas karena saat ini banyak bentuk pintu almunium yang didesain dengan cantik dan modis layaknya bahan baku pintu lainnya.

2.      Bahan pintu dari kayu yang solid

Kayu merupakan bahan pintu yang sangat direkomendasikan dan sering menjadi material pintu kebanyakan rumah. Hal itu karena kayu yang solid sudah teruji tangguh dan tahan terhadap segala cuaca. Ditambah lagi paparan sinar matahari langsung serta kelembabkan karena hujan dan korosi garam (jika rumah anda berada di wilayah pesisir) tidak mudah menggores atau menodai pintu ini. kekokohan dan melindungi rumah, membuat banyak orang melirik bahan baku kayu solid untuk dijadikan sebagai pintu. Bukan hanya itu saja model pintu yang berbahan kayu sangat bermacam-macam, mulai dari modern sampai klasik.

Perlu anda ingat saat merawat pintu yang berbahan baku kayu, jangan lupa untuk dipernis dan juga dicat secara rutin. Hal ini akan membuat pintu rumah anda lebih awet dan tahan dari berbagai masalah.

3.      Bahan pintu dari material besi

Memiliki pintu utama yang terbuat dari bahan baku besi akan menciptakan kesan klasik, elegan, dan mewah. Tentu hal ini akan membuat hati anda merasa senang setiap kali melihatnya. Oranamen yang tertempel, warna yang dipilih, serta selaras akan menambah unsur estetika. Akan tetapi jangan sampai pintu karatan karena terus terkena air. Anda dapat mengkombinasikan pintu besi dengan akses batu bara, sehingga pintu terlihat seperti lebih berwarna. Jangan ragu untuk mencari beberapa referensi desain pintu almunium di internet bisa saja anda menemukan desain yang lebih unik lagi.

4.      Bahan pintu dari kayu yang lembut

Model pintu kayu ini mengkin sering ditemui di rumah-rumah pedesaan atau rumah milik kakek dan nenek anda. Bahan kayu lembut sering dikombinasikan dengan kaca serta dicat berbagai pilihan warna. Struktur pintu akan lebih kokoh jika anda menambahkan besi di dalamnya. Meskipun berbahan kayu lembut namun pintu ini bisa dipercaya awet bertahun-tahun jika anda rutin memberikan perawatan. Selain itu pintu ini akan membawa anda bernostalgia pada tahun 1990-an.

5.      Bahan pintu dari baja yang padat

Baja merupakan salah satu bahan yang kerapdipakai sebagai pintu gerbang masuk. Hal ini dikarenakan baja memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah tahan akan kondisi cuaca. Selain itu, baja juga memberikan pilihan bagi anda yang ingin memiliki rumah yang cukup tenang karena pintu ini dapat menahan suara dari luar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *