Bahan Bangunan yang Tahan Api

Sebuah bangunan yang baik, tentu tidak hanya memiliki konstruksi yang kokoh serta menarik saja, namun juga dapat meminimalisir dari berbagai ancaman. Salah satu ancaman yang sering dialami bangunan ialah ancaman kebakaran. Tak dipungkiri, kebakaran memang dapat terjadi pada bagunan apapun, namun hal tersebut dapat dihindari dengan memilih bahan bangunan yang tahan api. Agar lebih memahami jenis bahan bangunan apa yang tahan terhadap api, berikut ini penjelasannya:

Kaca Tahan Api

Kaca tahan api merupakan salah satu jenis kaca yang memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi terhadap api. Hal ini disebabkan oleh dua lapisan yang membentuknya. Saat terjadi kebakaran maka kaca tidak langsung pecah secara menyeluruh, sebab kaca luar berfungsi sebagai penahan panas api. Jika panas api sudah semakin tinggi kaca lapisan luar akan pecah kemudian dan kemudian lapisan kaca bagian dalam.

Beton

Beton merupakan bahan bangunan yang sering diaplikasikan pada bangunan rumah ataupun perkantoran. Hal tersebut dipilih karena memiliki ketahanan terhadap api yang cukup tinggi. Butuh beberapa waktu lama bagi panas api untuk merusak struktur beton yang kokoh. Selain itu, daya tahan beton terhadap api ternyata juga lebih baik dibandingkan dengan baja. Oleh karena itu mengapa beton seringkali menjadi pelindung baja dalam konstruksi bangunan.

Gips

Walau terkesan agak rapuh, ternyata gips memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap panas api. Diantara jenis gips yang lainnya, jenis gips tipe X memiliki ketahanan yang paling tinggi. Saat terkena panas api, gips tidak akan langsung terbakar.  Sebab terdapat lapisan yang mengandung bahan kimia tertentu yang dapat menghambat pembakaran pada gips. Selain tahan api, gips juga banyak dipilih sebagai finishing interior karena memiliki tekstur yang rapi.

Batu Bata

Di Indonesia, salah satu material rumah yang banyak digunakan ialah batu bata. Selain kuat dan tahan lama, pemilihan batu bata juga didasarkan pada kekuatannya untuk menahan panas api. Batu bata memiliki kemampuan untuk menyerap suhu panas yang baik, sehingga bahan bangunan ini termasuk memiliki ketahanan terhadap api yang sangat baik.

Dalam pemilihan bahan bangunan, ada baiknya memilih bahan-bahan yang tahan terhadap api seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, tetap perhatikan konstruksi bangunan agar ancaman kebakaran dapat terhindarkan. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *