Beberapa Hal Yang Perlu Lakukan Untuk Rumahmu Saat Musim Hujan Tiba

Beberapa Hal Yang Perlu Lakukan Untuk Rumahmu Saat Musim Hujan Tiba

Bagi semua penyuka suasana dingin, penghujan dapat jadi di antara musim favorit. Namun, untuk pemilik rumah, musim penghujan malah berpotensi menjadi momen terburuk. Bukannya apa-apa, ekspos air terus-menerus dapat membuat tembok rapuh dan lapisan cat terkelupas.

Namun, tidak boleh khawatir, ada sebanyak tips ampuh yang dapat dipraktikkan untuk mengawal hunian tetap kokoh dan tahan lama selama musim hujan. Bagi anda yang telah punya lokasi tinggal sendiri, gak terdapat salahnya menyimak sejumlah trik inilah ini. Bakal jadi bekal bagus menjelang musim penghujan yang ditebak BMKG akan turun.

  1. Perabotan Kayu

Berbeda dengan perabotan pada umumnya, furnitur dari kayu memerlukan perlakuan berbeda. Karena bahannya, perabotan jenis ini berpotensi lebih cepat rusak andai terekspos air dan kelembapan terus-menerus. Oleh sebab itu, usahakan jauhkan furnitur kayu sejumlah sentimeter dari jendela atau pintu sekitar musim penghujan.

Khusus guna almari kayu, pastikan kelembapannya terjaga. Kamu dapat coba menanam bola naphthalene (kapur barus) di dalamnya. Selain menciptakan perabotan lebih awet, tahapan ini pun akan mengawal pakaian di dalam almari tetap segar dan tidak bau apek.

  1. Kebocoran

Menjelang musim penghujan, kerjakan pemeriksaan secara teliti di tiap jengkal rumah. Pastikan tidak terdapat titik kebocoran yang dapat membuat air masuk ke rumah. Awas, tidak boleh sepelekan urusan ini karena keretakan di atap maupun dinding berpotensi menciptakan lumut dan jamur berkembang subur.

Jika situasi tersebut tidak dipedulikan terus-menerus, tembok rumah akan lebih cepat keropos. Selain tersebut juga tidak sedap di anggap mata. Solusinya, kamu dapat melapisi tembok memakai cat antibocor yang tidak sedikit dijual di toko bangunan.

  1. Atap

Tak melulu dinding, atap pun wajib dicek menjelang musim penghujan. Pastikan tidak terdapat genteng yang berkarat, rusak, atau bahkan berlubang. Segera kerjakan penggantian andai memang kondisinya dirasakan tidak layak.

Bagian talang pun tak kalah pentingnya. Perhatikan dengan seksama, apakah terdapat karat di sana. Sebisa barangkali segera kerjakan perbaikan supaya karat itu tak hingga meluas ke mana-mana.

  1. Saluran air

Selesai dengan tembok dan atap, kamu dapat lanjutkan dengan pemeriksaan  saluran air. Perhatikan dengan seksama, apakah air dapat mengalir dengan fasih atau terdapat titik tertentu yang berpotensi memunculkan penyumbatan. Jangan sampai saat hujan mulai turun, wilayah di selama rumah merasakan banjir.

Jangan ragu melapor RT setempat andai memang situasi saluran air tidak cukup memadai. Sebagai tahapan antisipatif, tak terdapat salahnya mengagendakan kerja bakti, gotong royong guna membersihkannya. Selain menangkal banjir, pembersihan pun penting guna meyakinkan tak terdapat sarang nyamuk malaria atau demam berdarah di dekat rumah.

  1. Aliran Listrik

Air ledeng maupun air sungai berisi lebih tidak sedikit ion dibanding air mineral atau murni. Ini membuatnya punya keterampilan lebih baik sebagai penghantar listrik. Oleh sebab itu, pastikan seluruh kabel dan instalasi listrik di lokasi tinggal dalam posisi aman sebelum musim penghujan.

Periksa secara cermat apakah terdapat kabel-kabel di dalam maupun di luar lokasi tinggal yang berpotensi terekspos air. Pastikan semuanya terbungkus apik dan tidak terdapat yang mengelupas. Jangan hingga terjadi arus pendek atau bahkan sengatan listrik kala musim hujan melanda.

  1. Rumput

Memiliki tidak banyak lahan hijau di rumah dapat menciptakan atmosfer segar sekaligus menyerahkan nuansa berbeda. Namun, tidak boleh salah, di musim penghujan urusan itu berpotensi mengundang mara bahaya. Hewan berbisa laksana ular seringkali suka bernaung salah satu semak-semak dan menikmati segarnya cucuran air hujan.

Oleh sebab itu, pastikan rerumputan di dekat rumah teratur rapi. Segera kerjakan pemotongan andai ada satu unsur yang dirasa terlampau panjang. Jangan hingga ada ruang guna ular atau hewan riskan lainnya bersembunyi.

  1. Udara Segar

Seperti dilafalkan di paragraf awal, musim penghujan seringkali jadi anugerah untuk mereka yang menyukai suasana syahdu. Suasana rumah akan terasa lebih nyaman dan hangat. Pintu dan jendela kerap diblokir rapat supaya udara dingin yang menusuk tak hingga masuk ruangan.

Tapi, tidak boleh salah, urusan itu justru pantang dilakukan. Sebaiknya, buka pulang pintu dan jendela saat hujan telah berhenti. Hal ini akan menciptakan udara segar masuk ke rumah

Di samping ketujuh tips di atas, anda juga perlu jaminan bila rumahmu kenapa-kenapa ketika musim hujan yang dapat kamu peroleh dari asuransi. Asuransi Rumah Simasnet, misalnya, memberi garansi risiko kebanjiran yang barangkali terjadi ketika musim hujan tiba. Yuk, persiapkan dari kini mumpung musim hujan belum hingga puncaknya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *