Beberapa Jenis Pelindung Batu Alam

Selain kayu, material bangunan yang sering digunakan untukk memunculkan kesan yang alami dan natural ialah dengan menggunakan batu alam. Bahan tersebut dapat diaplikasikan dalam pembuatan dinding, baik yangberada di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tak hanya gaya arsitektur tradisional saja yang menggunakan batu alam sebagai material bangunan, namun juga bangunan rumah dengan gaya arsitektur klasik dan modern juga memanfaatkannya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis batu alam. Misalnya seperti baru andesit, candi, pasir, marmer dan banyak yang lainnya. Setiap jenis memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga teknik pengaplikasiannya juga tidak sama. Tetapi yang jelas beberapa jenis batu alam dapat memberikan nuansa yang lebih spesial, seperti tetap mewah dan elegan.

Sama seperti kayu, walau memiliki kualitas yang kuat tapi batu juga memiliki kelemahan yaitu berjamur dan berlumut. Permasalahan tersebut sering kali muncul saat musim penghujan datang dan suhu udara yang lembap. Namun untungnya, saat ini sudah tersedia beberapa produk yang dapat melindungi batu alam. Secara garis besar, perlindungan pada batu alam dibagi menjadi dua yaitu dengan sistem clear coating dan water relellent.

Perlindungan batu alam dengan menggunakan clear cloating dapat membuat batu terbebas dari serangan jamur dan lumut. Selain itu, pelapisan ini juga dapat membuat batu menjadi lebih bersih dan indah sebab menonjolkan guratan atau tekstur batu menjadi lebih jelas. Selain itu bila anda ingin batu nampak seperti basa atau mengkilat maka anda juga bisa menggunakan pelapisan ini.

Sedangkan lapisan batu jenis invisible water repellent juga dapat menjadikan batu memiliki sifat yang anti air dan membuat penampakannya menjadi terlihat lebih alami. Sistem ini bukanlah dengan metode pelapisan, namun dengan sistem yang masuk ke dalam pori-pori.

Selain itu, ada juga yang pelindung batu alam yang menghasilkan warna yang lebih spesifik. Misalnya seperti coating gloss yang dapat membuat batu terlihat lebih licin dan berkilat sehingga warna dan tekstur batu terlihat sangat kuat.

Kemudian ada juga yang dinamakan dengan coating doff, yaitu pelapis batu yang memiliki karakter yang lebih kuat namun tampilannya terlihat alami. Dan pelapis ini tidak membuat batu menjadi terlihat mengkilat seperti jenis coating gloss.

Sedangkan coating art, memiliki tampilan yang lebih spesifik lagi. Selain bisa menghindari dari lumut dan jamur, coating art ini juga dapat merubah tampilan asli sesuai dengan selera yang anda inginkan. Jenis pelapis ini sangat cocok bagi anda yang ingin bereksperimen dengan tampilan batu alam.

Selain jenis-jenis pelindung batu alam yang telah disampaikan di atas, sebenarnya masih terdapat beberapa jenis pelindung jenis lain yang hanya bisa digunakan untuk jenis batu tertentu. Misalnya seperti coating atau lapisan khusus untuk batu andesit, batu paras, dan batu candi

Demikianlah beberapa ulasan terkait pelapisan batu alam. Agar batu alam terlihat menarik maka pilihlah pelapis yang sesuai dengan kesukaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *