Beberapa Penyebab Terjadinya Dinding Retak Dan Solusinya

Beberapa Penyebab Terjadinya Dinding Retak Dan Solusinya

Bila dinding rumah anda mengalami keretakan, pastinya akan membuat penghuni rumah akan sedikit was-was. Selain itu juga dapat membuat tampilan pada dinding rumah terlihat jelek dan terkesan kotor. Berikut ada beberapa penyebab dinding rumah anda retak dan solusi untuk mengatasinya.

Struktur dari bangunan seperti kolom, balok, pelat, pondasi tidak kuat

Struktur bangunan yang tidak dalam menyokong beban rumah mengakibatkan pasangan dinding bata ikut menanggung beban yang terjadi, pasangan batu bata yang seharusnya hanya bermanfaat sebagai penyekat ruangan mesti menolong struktur bangunan yang terdapat dalam menjaga kestabilan rumah, urusan inilah yang mengakibatkan dinding bata menjadi retak sebab bekerja diluar kemampuanya dan dampak yang sangat fatal ialah keruntuhan bangunan.

Penggunaan gabungan pasangan batu bata yang tidak benar

Misalnya pemakaian semen dibawah standar kebutuhan, pemakaian air yang tidak mengisi persyaratan, pemakaian pasir yang tidak sedikit berisi lumpur atau dengan kadar zat organik tinggi. Perbandingan gabungan material pasangan batu bata yang tidak benar dapat mengakibatkan pasangan bata menjadi keropos, retak bahkan terjadi keruntuhan bangunan.

Adanya beban ekstra pada bangunan

beban ekstra disini berarti beban yang diserahkan pada suatu struktur lokasi tinggal melebihi batas perencanaan awal, contohnya rumah yang awalnya direncanakan 1 lantai lantas ditingkat menjadi 2 lantai tanpa adanya perkuatan struktur,adanya bencana alam laksana gempa, tanah longsor, angin besar, banjir dan sejenisnya. beban-beban ekstra yang tidak bisa didukung oleh struktur itu dapat menyebebkan rusaknya pasangan batu bata.

Proses pengeringan plesteran atau acian yang terlampau cepat

proses pengeringan yang terlampau cepat dapat memunculkan retak-retak pada dinding bata, upaya pencegahanya dengan mengerjakan penyiraman pada dinding yang diplester atau diaci sesudah selesai kegiatan berlangsung.

Bagaimana teknik mengatasi dinding retak ?

  1. Selidiki terlebih dahulu penyebab keretakan dinding bata.
  2. andai penyebabnya ialah tidak kuatnya struktur, maka teknik mengatasinya ialah dengan memberi perkuatan terlebih dahulu pada struktur lokasi tinggal tersebut lantas baru memperbaiki.
  3. andai penyebabnya ialah pemakaian material yang tidak benar, maka penyelesaian terbaik ialah mengubah dinding itu dengan pasangan yang baru dengan kualitas material yang baik, sebab perbaikan pada sebuah titik dapat sukses namun pada titik lainya kemungkinan pun timbul masalah baru.
  4. Jika penyebabnya ialah retak biasa, maka teknik memperbaikinya ialah dengan terlebih dahulu membobok dinding yang retak, lantas menambalnya dengan gabungan meterial yang baik, plesteran, acian, lantas di finish cocok sisi dinding sekitarnya.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *