Berbagai Macam Pekerjaan Pembesian Pada Bangunan

Pembesian merupakan salah satu struktur terpenting dalam sebuah bangunan. Pekerjaan tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar pada kualitas kekuatan maupun daya tahan bangunan yang sedang dibangun. Dalam satu bangunan, biasanya jenis pembesian tak hanya terdiri dari satu jenis pembesian saja, namun terdapat beberapa jenis pembesian lainnya.

Jenis-jenis pekerjaan pembesian pada bangunan tersebut antara lain adalah menyimpan besi beton yang akan digunakan sebagai bahan material. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik penyimpanannya. Pertama ketika ditumpuk diusahakan besi tidak bisa bersentuhan secara langsung dengan permukaan tanah atau lantai untuk menyimpan.

Beberapa jenis pekerjaan pembesian pada bangunan seperti menyimpan besi beton yang akan digunakan sebagai bahan material. Terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam penyimpanan. Hal pertama ialah saat ditumpuk maka usahakan agar besi tidak bersentuhan langsung dengan permukaan tanah atau lantai. Caranya ialah dengan menggunakan balok kayu atau beton yang dijadikan sebagai alasnya. Susunan besi ini tentunya harus diberi jarak paling sedikit lima sentimeter antar logam. Tujuannya ialah agar antar besi tidak berkarat.

Pelaksanaannya dapat dilakukan dengan metode tiap satu bendel besi hanya terdapat satu jenis besi saja, bisa ukuran, diameter ataupun bentuk serta jenisnya. Setiap bendelnya disesuaikan dengan berartnya pada kapasitas crane. Jarak yang baik dalam setiap bendelnya yaitu kurang lebih dua meter. Selain itu, agar tidak terjadi kesalahan maka sebaiknya diberi tanda berupa tulisan tentang tipe, kode besi serta nomer referensi ukuran panjangnya.

Jenis pembesian yang kedua ialah proses pemotongan dan pembengkokan. Teknik memotong atau membenkokan tulang besi yang baik ialah dengan menggunakan meja yang permukannya rata dan kuat. Sebelum dipotong, perlu dicek kembali apakah ukuran diameter besi tersebut sesuai. Sebab apabila terjadi kesalahan maka besi tidak bisa digunakan lagi. Bila dalam pembengkokan sudah selesai dikerjakan, maka cek kemabli apakah ukuran yang dibuat sudah tepat.

Permasalahan yang seringkali terjadi dalam pengerjaan pembengkokan besi ialah besi tertlalu keras sehingga cukup sulit untuk dibengkokan. Permasalahan seperti ini dapat diatasi dengan cara dipanaskan terlebih dulu, agar lebih lebih muda. Namun hal ini tentunyaharus melalui persetujuan pihak yang bertanggung jawab dalam pengerjaan, sebab membutuhkan biaya lebih.

Kemudian, pekerjaan pembesian yang ketigaialah pemasangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kondisi besi yang akan dipasang harus dalam kondisi yang bersih dan bebas dari kotoran minyak. Hal ini penting karena bila terdapat minyak yang menempel maka akan membuat cor beton tidak dapat melekat dengan erat pada konstruksi tulang besi.

Selain itu, saat diletakkan maka perlu diatur agar tetap bisa tersedia ruang yang nantinya dapat dipakai untuk memadatkan. Kemudia apabila terdapat bagian tulang besi yang harus disambung maka harus ada overlapping yang disesuaikan dengan perhitungan serta spesifikasi teknisnya. Sehingga tidak boleh asal-asalan dalam menyambung atau menyatukan antar besi karena berpengaruh pada kekuatan struktur.

Kemudian dalam pemasangan tulang besi pada balok lantai dan pelat, permasalahan yang sering terjadi ialah pembesian harus selalu terletak pada bagian atas dudukan berupa beton. Bagian ini sering disebut dengan ukuran tahu beton. Sedangkan dalam teknik pemasangan tulang besi dalam dinding dan kolong, bagian yang perlu mendapat perhatian ialah perlu dirakit menggunakan cetakan yang sebelumnya telah disiapan. Selain itu terdapat pula ikatan untuk besi kolom yang harus disesuaikan dengan jenis ikatan agar susunan menjadi lebih kuat saat diangkat.

Demikianlah beberapa hal ulasan tentang pembesian dalam bangunan. Pembesian memang salah satu bagian yang pengerjaannya butuh ketelian dan harus dilakukan oleh pekerja yang sudah berpengalaman. Karena pembesian merupakan bagian dari pembentukan struktur bangunan. Apabila anda membutuhkan informasi lebih, segera hubungi kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *