Beberapa Material Bangunan Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Rumah

Beberapa Material Bangunan Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Rumah

Memiliki lokasi tinggal sendiri ialah impian yang dipunyai oleh nyaris semua orang. Harganya tidak murah dan perlu waktu lama guna mewujudkan mimpi tersebut. Oleh karena tersebut kamu mesti menyimak material bangunan yang dipakai untuk membangunnya. Pastikan semuanya berbobot | berbobot | berkualitas supaya rumah dapat bertahan dalam masa-masa yang lama.

Setidaknya ketahuilah sejumlah material bangunan yang sangat penting inilah ini!

  1. Material bangunan batu bata

Material bangunan yang kesatu ialah batu bata merah. Harganya lumayan mahal dikomparasikan dengan bahan penggantinya laksana batako, tetapi untuk kekuatannya tidak butuh diragukan lagi. Ukurannya terdapat yang besar dan sedang supaya dapat disesuaikan dengan model lokasi tinggal yang bakal dibangun.

  1. Jangan lupakan semen

Material bangunan semen bermanfaat untuk merekatkan batu-bata sehingga dapat menjadi dinding yang kokoh. Semen juga dipakai untuk merekatkan lantai keramik. Bagi pencampuran semen, anda perlu komparasi antara air dan semen yang tepat supaya dapat merekat dengan baik.

  1. Pasir pun penting

Material bangunan pasir bermanfaat untuk gabungan semen. Pasir yang baik seringkali memiliki format butiran yang tajam sebab lebih powerful untuk gabungan perekat bata atau juga pondasi. Selagi memilih pasir, usahakanlah mengepalnya. Jika menggumpal, maka pasir tersebut tidak cukup berkualitas. Hindari pun memilih pasir dengan kandungan lumpur lebih dari 5%

  1. Material bangunan besi beton

Material bangunan berupa besi beton bermanfaat sebagai rangka konstruksi rumah. Ukuran besi beton ini pelbagai mulai dari 10 mm sampai 12 m. Jenisnya terdapat yang permukaan polos, ulir, dan berbentuk kanal. Kerangka besi beton ini kemudian dipenuhi dengan adonan semen dan pasir.

  1. Kayu juga digunakan sebagai material bangunan

Material bangunan kayu sampai saat ini masih populer sebagai kerangka rumah. Ada tidak sedikit jenis kayu yang dapat digunakan untuk membina rumah, tetapi yang terbaik seringkali berasal dari Kalimantan, laksana kayu kamper Rasamala dan kamper Samarinda.

Jika tidak mengejar kayu ini, pilihlah kayu beda yang kandungan airnya tidak lebih dari 20%. Bila butuh pastikan kayu itu sudah melalui proses pengovenan agar kayu tidak gampang lapuk.

  1. Material bangunan selanjutnya ialah genteng

Bangunan lokasi tinggal yang kokoh tidak bakal lengkap andai tidak terdapat material bangunan genteng yang bermanfaat untuk mengayomi para penghuni lokasi tinggal dari panas matahari dan siraman hujan. Pada lazimnya genteng diciptakan dari tanah liat. Material bangunan yang satu ini daya tahannya paling kuat dan tidak gampang lapuk sebab perubahan cuaca sampai-sampai tidak butuh diganti sampai belasan bahkan puluhan tahun ke depan

 

Cara Memilih Bahan Bangunan Untuk 2 lantai

Cara Memilih Bahan Bangunan Untuk 2 lantai

Semen adalah jenis bahan bangunan material lokasi tinggal yang sangat sering digunakan, bahan bangunan material ini dipakai untuk menciptakan sebuah pondasi. Di samping kayu, logam dan besi, semen adalahelemen yang sebetulnya tidak dapat ditinggal.

Saat ini, tidak sedikit sekali jenis semen yang beredar di pasaran toko bahan bangunan material. Namun, tidak sedikit sekali dari orang–orang yang tidak tahu teknik memilih semen yang baik. Semen yang baik ialah semen yang dapat menghasilkan bangunan lokasi tinggal minimalis yang berbobot | berbobot | berkualitas dan pun bagus. Yang sangat penting ketika pembelian semen itu ialah dengan mengupayakan kelunakan dan kelembutan semen dengan menekannya walau masih berada dalam kemasannya. Jika semen yang di tekan dari luar kemasan terasa keras, tersebut tandanya semen telah terlalu lama ditabung dan telah tidak dalam situasi yang bagus lagi.

Lalu semen yang baik pun akan terlihat saat sudah dikeluarkan dari kemasannya. Semen yang baik kualitasnya, ialah semen yang semua butirannya dapat terurai dan nampak lembut laksana debu, pun tidak menggumpal. Tapi andai semen itu mulai menggumpal dan tampak kasar, maka kualitasnya sudah tentu berkurang. Apalagi andai sudah tampak mengeras dan membatu laksana kerikil.

Kemudian sesudah tahu dan menemukan semen yang baik, pasti kita mesti tahu teknik menyimpan semen yang baik supaya tidak turun kualitas semennya. Karena andai terjadi salah–salah dalam menyimpan semen, dapat membuat semen menjadi bobrok dan pun mengeras. Kita pasti tidak ingin urusan tersebut terjadi bukan? Oleh sebab itu, terdapat sedikit teknik untuk menyiasati supaya hal itu tidak terjadi.

Material bahan bangunan semen yang sudah dimulai atau yang belum dimulai harus ditabung dalam ruangan yang tertutup atau paling tidak terlindung dari sinar matahari dan hujan. Di samping itu, kita pun harus menyimak permukaan lantainya. Sebaiknya, anda menyimpannya di permukaan lantai yang datar dan tidak berupa tanah.

Dan guna semen yang belum dimulai dari kemasannya, kita dapat menggunakan kayu sebagai wadah landasan. Jadi, semen tidak langsung ditaruh pada lantai. Dan cara ini pasti mempunyai tujuan. Jika terjadi penguapan air dan pengembunan didalam tanah atau dibawah lantai maka tidak bakal langsung terpapar semen. Otomatis, semen bakal terhindar dari kerusakan. Jika semen yang ditabung dalam jumlah yang banyak, maka dapat disimpan dengan memakai konsep rangkaian batu bata. Saling berjajar, tetapi pada unsur atasnya ditaruh dalam posisi yang saling menyilang. Hal ini guna menghindari rangkaian kemasan semen supaya tidak dapat jatuh dan tumpah. Di samping itu, destinasi menyimpan semen dengan cara ini ialah agar semen dapat mendapatkan celah atau ruang guna mendapatkan udara dan terhindar dari penggumpalan.

Dan dari suasana yang disimpan, untuk memakai semen mestilah dipungut dari stok kesatu atau dari tumpukan kesatu (bawah). Hal ini dilakukan supaya menghindari penggumpalan pada semen karena ditabung terlalu lama. Dalam penyimpanan semen, urusan yang mesti diacuhkan juga ialah kebersihan dari lokasi penyimpanan. Tempat yang lembap dapat membuat semen cepat menggumpal dan mengeras jauh lebih cepat. Begitu pula dengan dengan sirkulasi udara yang pengap, urusan itu dapat menimbulkan masalah yang sama. Namun, andai tidak terdapat lokasi penyimpanan di dalam ruangan atau laksana gudang guna menyimpan semen, maka usahakan pakai tempat yang teduh dan lindungi dari sinar matahari. Bagi perlindungan lebih maksimal, kita dapat gunakan kain terpal.

Cara Mengganti Kusen Yang Lapuk

Cara Mengganti Kusen Yang  Lapuk

Cara mengganti kusen yang lapuk, kusen pada daerah pintu dan jendela kayu biasanya mengalami proses keropos akibat dimakan rayap, umur kayu yang terlalu muda atau terlalu sering terkena air hujan serta panas. Jika rumah kamu mengalami hal seperti itu maka memperbaiki maupun mengganti merupakan cara yang cukup mudah dan tidak begitu mengeluarkan banyak biaya. Memotong maupun menambal dengan sebuah kayu lain sebagian maupun keseluruhan dari bagian dari kusen.

Hal diatas merupakan salah satu cara dengan mempertimbangkan danan serta anggaran untuk mengganti sebuah kusen. Karena penggantian kusen memerlukan biaya yang cukup besar untuk mengganti kusen pintu, jendela dan daun pintu. Maka dari itu memeriksa kayu yang keropos merupakan hal yang penting sehingga dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

  1. Memotong, menambal dan membuang Kayu

Tindakan ini merupakan tindakan yang harus dipilih jika kondisi kusen keropos dengan prosentase yang kecil. Melakukan pemotongan dengan melakukan tambalan di area pemotongan sekitar 5cm dari bagian yang rusak. Lalu tambal atau ganti dengan kayu yang baru  serta ukuran dan modelnya sama. Sebelumnya lakukan pengeboran terlebih dahulu agar balok kayu tidak pecah saat di paku. Tetapi jika bagian yang keropos adalah bagian bawah atau kaki kusen, maka dudukan bawah kusen juga harus dibobok serta di cor ulang dan biarkan hingga mengering setelah itu tinggal plamir dan mengecat ulang. Hal tersebut bila biaya yang kamu anggarkan untuk melakukan renovasi kusen cukup terbatas.

  1. Mengganti Kusen

Apabila kerusakan kusen telah cukup parah bahkan masuk ke kriteria sangat parah, sehingga mempengaruhi kekuatan dari struktur dari kusen tersebut. Maka penggantian sebagian maupun keseluruhan kusen  merupakan tindakan yang harus dipilih. Memang kamu harus menganggarkan biaya untuk memperbaikinya.

Jika kerusakan yang dihasilkan akibat rayap dan merusak sebagian besar kusen sekitar 25%, maka cukup mengganti balok kayu yang rusak saja, tetapi usahakan yang lebih tahan dari serangan rayap. Caranya dengan membuka kusen dengan membobok dinding yang mengikat kusen  dan usahakan tidak merusak keseluruhan bagian dinding. Gunakan pahat beton yang cukup kuat untuk membantuk membobok dinding itu. Angkur yang berfungsi untuk mengikat kusen kebata harus dilepas, lalu potong bagian sambungan dan pasang kembali balok kayu untuk kusen yang baru. Setelah itu finishing seperti sedia kala.

 3.  memperbaiki jendela dan pintu yang rusak

Apabila terjadi kerusakan pada daerah daun pintu atau daun jendela, maka kamu dapat mengganti pada bagian yang rusak saja dengan bahan yang baru. Tapi apabila ada cukup dana untuk mengganti keseluruhan dengan yang baru, maka lebih baik diganti tanpa mengganti ukurannya.

Cara Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis

Cara Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis

Pintu rumah adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari rumah, karena fungsinya yang sangat penting, pastinya bagi kamu yang akan melakukan renovasi rumah perlu menyiapkan atau mengukur pintu rumah yang sesuai dengan rumah kamu, terlebih bagi rumah yang memiliki desain minimalis.

Rumah minimalis sendiri merupakan desain rumah yang memiliki estetika minimal yang memiliki arti semua unsur yang ada dirumah tersebut terdiri dari pola minimalis. Biasanya rumah minimalis menggunakan bahan besi sebagai bahan utama pembuatan rumah.

Karena keterikatan semua unsur menjadi hal mendasar yang akan menambah kesan untuk rumah kamu tentunya selain menyesuaikan dengan tema pemilihan pintu untuk rumah juga berdasarkan konsep dasar yang diusung dalam renovasi rumah tersebut.

Secara garis besar rumah dengan konsep minimalis biasanya menggunakan pola dan desain yang simple, modis dan biasanya mengusung unsur persegi dalam pola maupun desainnya. Sebagai pilihan bentuk persegi yang digunakan sebagai pintu dapat dijadikan rujukan untuk melakukan pergantian pintu. Setelah itu sesuaikan juga dengan warna rumah minimalis modern kamu, jika unsur warna rumah kamu mengusung warna abu-abu, putih atau coklat muda. Kamu dapat memilih warna hitam, putih atau abu abu.

Setelah menentukan kedua hal diatas tadi, sekarang saatnya menentukan bahan ayang akan dipakai untuk bahan pintu nantinya. Bila kebanyakan rumah minimalis menggunakan unsur besi didalamnya, kamu juga dapat menggunakan unsur tersebut sebagai pilihan saat kamu melakukan renovasi rumah khususnya pergantian pintu rumah, tetapi tidak lupa harus sesuai dengan tema.

Sebagai referensi ada juga orang yang memilih jenis pintu yang menggunakan unsur besi atau aluminium. Selain itu juga dapat kamu kombinasikan dengan unsur logam atau kayu. Hindari ornament-ornamen yang ramai seperti lekok maupun ukiran, Karena hal  tersebut akan membuat ketidak sesuaian dengan tema rumah minimalis kamu ,pilihlah yang simple.

Setelah itu, coba pilih daun pintu yang juga sesuai dengan rumah minimalis anda. Selalu perhatikan unsur dan desain yang dipakai. Sekarangini sudah banyak perusahaan menyediakan desain daun pintu yang dapat kamu kreasikan dengan tema rumah minimalis modern. Selain desain ukuran dari daun pintu juga harus diperhatikan. Jangan sampai daun pintu yang kamu pakai terlalu kecil atau terlalu besar yang pastinya tidak akan sesuai dengan pintu yang kamu inginkan nantinya.

Rumah yang memiliki konsep minimalis moder biasanya juga memperhatikan keamanan serta teknologi yang digunakan dalam pintu tersebut. Jadi pastikan dan tentukan bagaimana kamu akan membuat pintu untuk rumah minimalismu nantinyan agar tetap bagus, aman dan nyaman untuk dilihat. Tetapi jangan lupa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki jangan sampai melebihi batas kemampuan kamu, agar dapat di bagi lagi untuk kebutuhan lainnya.

Beberapa Tips Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

Beberapa Tips Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

Pagar rumah adalah salah satu elemen yang dapat memberikan kelengkapan dalam sebuah bangunan rumah. Selain dapat membantu menjaga keamanan rumah, pagar nyatanya juga dapat menambah keindahan atau keserasian rumah. Memilih pagar yang tepat dapat membuat tampilan rumah lebih bagus dan serasi.

Bila pemilihan pagar tidak sesuai dengan desain rumah kamu, maka hal tersebut dapat merusak penampilan serta keindahan rumah secara keseluruhan. Meskipun begitu banyak orang yang akan memilih pagar rumah ebrdasarkan model yang diinginkan. Padahal ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan saat memilih pagar rumah. Berikut beberapa tips penting sebelum memilih pagar rumah.

  1. Sesuaikan Dengan Ukuran Rumah

Sebuah ukuran rumah bukan menjadi masalah utama dalam memiliki sebuah rumah. Tetapi ada baiknya kamu lebih jeli dalam menentukan pagar rumah kamu. Rumah yang memiliki ukuran cukup mungkin maka dapat memilih pagar rumah yang memiliki tinggi yang tidak lebih dari 1,3 meter. Tetapi bila memiliki rumah yang cukup besar bahkan besar maka ada baiknya menggunakan pagar yang besar dan tinggi disarankan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keserasian dan proporsional antara pagar rumah dengan bangunan rumah itu sendiri.

  1. Sesuaikan desain pagar dengan desain rumah

Ada bermacam desain untuk rumah yang memiliki desain minimalis, mediterania, Victoria, klasik dan masih banyak lagi macamnya. Ada baiknya menentukan desain pagar yang sesuai dengan desain rumah. Sehingga terjadi keseimbangan dan kecocokan yang akan menambah elok penampilan rumah anda.

  1. Menyesuaikan material pagar rumah

Material pagar biasanya banyak terbuat dari bahan besi hollow, kayu, besi cor, stainless maupun batu hias. Pada umumnya kebanyakan orang akan memilih pagar dengan bahan besi. Sedangkan untuk pagar yang memiliki motif yang banyak, bentuk atau model biasanya dikombinasikan dari berbagai bahan tersebut.

  1. Jenis pagar rumah

Coba pilih pagar yang kuat, karena kekuatan menjadi hal mendasar yang harus dimiliki serta diperhatikan dalam pemilihan pagar rumah kamu. Banyak sekali bahan yang mudah dirusak seperti kayu. Maka dari itu kamu dapat menggunakan pagar yang memiliki bahan besi maupun beton nantinya. Pilihlah bahan yang memiliki sifat mudah untuk dibentuk, ada beberapa jenis material yang dapat dibentuk serta di kreasikan sehingga dapat menambah keindahan eksterior rumah. Pilihlah pagar yang mudah dalam perawatannya. Banyak bahan pagar rumah yang memiliki ketahan yang bagus akan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah seperti karat pada besi, sehingga akan memerlukan beberapa perawatan yang tepat nantinya.

Sebuah pagar rumah memang bukan suatu elemen inti, akan tetapi ada tidaknya sebuah pagar rumah dapat menjadi penting dalam aspek kelengkapan yang akan mempercantik dan membuat keserasian dalam tampilan rumah kamu.

Beberapa Cara Memilih Jendela Rumah

Beberapa Cara Memilih Jendela Rumah

Untuk memilih sebuah desain jendela adalah hal yang wajib dimiliki sebuah rumah. Baik rumah yang memiliki ukuran yang besar, sedang, maupun kecil. Dari model rumah modern, mewah, klasik atau model rumah yang menjadi primadona sekarang ini yaitu rumah dengan model minimalis. Waktu pertama memutuskan untuk membangun sebuah rumah, biasanya beberapa orang jarang memperhatikan jendela. Banyak orang akan lebih fokus pada desain interior rumah seperti furniture yang digunakan ataupun desain dinding rumah yang akan dibangun. Padahal pemilihan jendela juga merupakan hal yang cukup penting. Selain karena faktor fugnsinya yang bertugas sebagai pengatur ventilasi udara yang masuk, pemilihan jendela dengan desain yang pas dapat membuat desain rumah yang akan dibangun terlibat lebih cocok dan bagus dengan furniture yang berada didalam rumah nantinya. Bagi yang belum mengetahui bagaimana caranya berikut penjelasan beberapa cara memilih jendela rumah.

  1. Tentukan Fungsi Jendela Tersebut

Pada umumnya, jendela memiliki sebuah fungsi yaitu sebagai penghubung agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam rumah yang akan dibangun. Tetapi selain itu jendela juga dapat digunakan sebagai sebagai sebuah pintu jika kamu akan menggunakan jendela yang dapat digeser. Meskipun fungsi seperti yang sudah disebutkan diatas akan tetapi anda juga dapat menghias jendela rumah yang akan kamu bangun. Pertimbangkan jendela seperti apa yang sekiranya cocok dengan rumah yang akan kamu bangun.

  1. Jendela Sebagai Refleksi Gaya Arsitektur Rumah

Setiap rumah pasti memiliki sebuah gaya desain arsitektur tersendiri yang akan membuatnya berbeda serta lebih unik dibandingkan dengan rumah lain. Untuk memperoleh jendela yang pas, langkah awal yang harus diperhatikan adalah memilih sebuah jendela yang disesuaikan dengan estetika desain rumah kamu. Jika rumahmu memiliki gaya modern serta kontemporer mungkin kammu dapat memilih jendela yang yang cukup tinggi. Tetapi jika rumah kamu memiliki gaya tradisional, kamu dapat memilih jendela dengan tiang jendela berbentuk berlian yang terlihat klasik. Intiknya coba jadikan gaya arsitekstur rumah kamu menjadi pegangan dasar dalam memilih jendela rumah.

  1. Beri Tambahan Bingkai Dan Tiang Jendela Yang Berwarna

Selain berpatok pada warna serta gaya arsitekstur rumah, kamu juga dapat memilih jendela yang pas dengan memilih tiang maupun bingkai jendela yang berwarna. Untuk bahan yang digunakan bingkai dan tiang yaitu yang berbahan besi atau kayu. Tetapi bila kamu bingung dengan pilihan warna coba konsultasikan ke (website) agar penentuan warna jendela eksterior rumah kamu pas dan cocok saat digunakan nantinya.

  1. Memilih warna akses yang bagus untuk bingkai jendela

Menentukan palet warna cat eksterior biasanya cukup membingunkan. Untuk mendapatkan sebuah warna yang tepat, kamu juga dapat memperhatikan lingkungan sekitar rumah yang akan kamu bangun maupun rumah tetangga disekitar sebagai bahan referensi.

  1. Sesuaikan jendela dengan jumlah ventilasi

Salah satu fungsi jendela yang sangat penting adalah sebagai ventilasi udara luar rumah dengan dalam rumah yang akan menyegarkan kondisi dalam rumah. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pegangan serta membantu untuk menentukan pemilihan jendela yang akan kamu pakai untuk jendela rumah kamu nantinya.

4 Pertimbangan Sebelum Memulai Renovasi Rumah

4 Pertimbangan Sebelum Memulai Renovasi Rumah

Saat kalian melakukan pembelian rumah baru maupun bekas pastinya rumah tersebut akan sesuai dengna rancangan pemborong atau pemilik rumah sebelumnya. Bagi kamu yang suka mengutak-utik tampilan rumah seperti yang kalian inginkan pastinya menjadi suatu hal yang menarik dan menyenangkan. Tapi bila kalian belum cukup paham caranya  pastinya merupakan sebuah tantangan tersendiri. Bila dibayangkan memang cukup sulit dan ribet bila melakukannya sendiri, tetapi tenang beberapa ulasan tentang renovasi rumah berikut pastinya dapat menjadi sebuah ilmu baru buat kalian yang mau melakukan renovasi rumah.

Renovasi rumah sendiri dilakukan untuk memperbaharui, meremajakan, memperbaiki atau menyempurnakan sebuah struktur maupun bentuk serta memberi tambahan sebuah desain pada bangunan. Tujuan dari renovasi rumah tentunya akan menambah sebuah kenyaman bagi orang yang tinggal didalamnya. Berikut ulan mengenai langkah-langkah yang dapat menjadi acuan sebelum melakukan renovasi rumah.

  1. Rencanakan Renovasi

Membuat sebuah rancangan atau rencana renovasi rumah sebagai dasar atau alur dalam melakukan renovasi sangat dibutuhkan, karena selain akan membantu tiap step-step yang akan dilakukan perancangan atau rencana ini akan mengurangi resiko kalian terjebak dalam over budget. Untuk pemilihan bahan bangunan yang dipakai serta biaya yang harus dikeluarkan juga dapat terlihat jelas dan dapat sesuai dengan gambaran/ekpektasi kalian. Dengan perencanaan ini juga pasti akan membuat kalian puas akan hasil jadinya nanti.

  1. Memahami Bentuk Rumah

Memiliki pemahan akan tata letak serta karakteristik rumah tersebut sangat dibutuhkann, karena dalam melakukan renovasi rumah, penggabungan atau pemberian elemen-elemen baru pada rumah tentunya dibutuhkan sebuah ketelitian. Hal tersebut akan segaris lurus dengan hasil yang diharapkan nantinya. Pastinya penyesuaian atau perombakan yang dilakukan harusnya senada atau sesuai dengan bentuk rumah sebelumnya agar hasilnya memuaskan.

  1. Memahami Material

Dalam melakukan renovasi rumah pastinya kalian membutuhkan material-material yang akn digunakan untuk renovasi rumah bukan. Pemilihan material yang dibutuhkan akan membuat proses renovasi dan hasil dari renovasi rumah tadi akan sangat baik. Dari segi ketahanan rumah pastinya akan lebih awet dibandingkan material yang jelek. Selain itu perhitungan akan budget pastinya juga menjadi salah satu hal yang menjadikan pemahaman akan material ini sangat dibutuhkan.

  1. Menggunakan Jasa Renovasi Rumah

Tidak ada salahnya mengundang atau menggunakan jasa arsitek adan kontraktor yang nantinya lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan renovasi anda. Karena saran serta ide yang unik dan menarik terkadang terlewatkan oleh anda. Hal tersebut pastinya akan mempermudah dan memperingan kerja anda. Akan tetapi jasa renovasi rumah ini pasti sangat dibutuhkan dan untuk budget jasa renovasi rumah ini bianya tidak terlalu banyak memakan biaya serta dapat disesuaikan dengan keinginan anda.

Jadi bagi kalian yang ingin memulai atau berencana ingin merenovasi rumah, 4 ulasan diatas dapat menjadi referensi atau bacaan untuk melakukan renovasi rumah kalian. Memang kalau dirasi merenovasi rumah dengan tenaga sendiri cukup berat, menggunakan jasa renovasi rumah seperti (website) dapat menjadi salah satu pilihan yang akan memudahkan dengan budget yang aman.

Tips Renovasi Dinding Rumah Anda

Tips Renovasi Dinding Rumah Anda

Mengecat Dinding Lama . Cerdas Mengecat Dinding Lama Masalah warna dinding yang pudar, cuaca yang berubah, dan lainnya adalah beberapa hal yang sering menjadi musuh warna dinding. Diperlukan penanganan maksimal dengan produk berkualitas untuk mengatasi masalah ini. Berikut kami sajikan tip renovasi pengecatan ulang pada dinding lama.

Persiapan permukaan dinding

Karena sifatnya renovasi, repainting atau pengecatan ulang pada dinding perlu perhatian khusus. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan permukaan dinnding yang sudah ada. Beberapa hal yang sebaiknya diamati adalah sebagai berikut:

Penggunaan Cat Dasar

Dalam konteks pengecatan kembali, penggunaan cat dasar pada dinding menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan. Lapisan cat yang telah ada di dinding lama sebaiknya dikerok atau diamplas terlebih dahulu. Pastikan proses pengerokan cat lama ini sempurna dan tidak meninggalkan cacat pada dinding.

Aplikasi cat dasar dalam pengecatan ulang diperlukan untuk memastikan lapisan cat utama yang nantinya akan diterapkan di dinding menempel sempurna, merata, dan tahan lama. Pemilihan Cat Dasar yang baik akan meningkatkan daya rekat dinding agar tidak mudah menggelembung dan mengelupas .

Penggunaan Plamur

Plamur juga dikenal dengan istilah dempul, plamur atau plamir juga salah satu aplikasi cat dasar. Fungsinya menutupi keretakan dan meratakan permukaan dinding yang cekung. Plamur juga bermanfaat untuk menghemat cat dan waktu pengerjaan. Tidak disarankan untuk menggunakan plamur pada keseluruhan permukaan dinding. Gunakan hanya pada bagian yang retak, tidak rata dan berlubang.

Kadar air dalam dinding

Untuk pengecatan pertama (bukan pengecatan ulang), syarat utama sebelum pengecatan dinding adalah dinding kering dengan sempurna. Sejak aplikasi acian pada dinding, kurang lebuh dinding akan kering sempurna dalam waktu 28 (dua puluh delapan) hari. Untuk dipeerlukan tes kadar air di dinding. Jangan Cuma mengandalkan penglihatan atau perabaan untuk mengecek kadar air dalam dinding. Agar akurat, dapat digunakan alat pengukur kadar air, jika hasil pengukuran menunjukan angka di bawah 16 % artinya dinding siap dicat kembali. Sedangkan untuk pengecatan kembali pada dinding lama, khususnya pada dinding yang sebelumnya bermasalah, pengecekan kadar air sangat diperlukan untuk mencegah masalah dinding kembali muncul. Karena jika pengecatan tetap dilakukan dengan tingkat kadar air masih tinggi, masalah dinding akan tetap muncul.

Kondisi/Masalah yang terjadi pada dinding

Masalah yang terjadi pada permukaan dinding sangat beragam. Mulai dari lapisan cat yang mengapur, menggelembung, mengelupas, perubahan warna, watermarking atau cat lembab yang tidak merata, berjamur , berkerut , sulit mengering dan sebagainya. Solusi dari semua masalah ini adalah menggunakan cat yang sesuai kebutuhannya dan berkualitas.

Tingkat Kadar Garam Alkali

Seperti halnya tingkat kadar air, pengecatan, baik untuk pengecatan pertama maupun pengecatan ulang perlu mengecek tingkat alkalinitas. Menggunakan alat ukur alkalinitas, dinding dikatakan sudah siap dicat jika PH-nya menunjukkan angka 7 sampai 9.

Tingkat Efflorescence dalam Dinding

Pengkristalan pada lapisan cat dinding atau Efflorescence disebabkan karena proses pengerasan semen yang belum sempurna dan tingginya tingkat kelembaban di dinding. Hal ini menyebabkan garam-garam alkali dari material semen dan batu bata larut dalam air lalu naik ke permukaan lapisan cat melalui proses penguapan.  Dalam hal ini perlu dilakukan pengecekan kadar air pada dinding. Kondisi dinding yang baik kadar airnya harus < dari 16 %. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan cat dasar berkualitas yang mampu menahan alkali dan gunakan cat sesuai dengan rekomendasi (tidak melakukan pengenceran cat secara berlebihan).

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda ingin merenovasi dinding lama anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka ada baiknya anda menggunakan jasa kontraktor renovasi rumah yang profesional. Silahkan hubungi kontak person yang tertera untuk konsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Perhatikan Hal Berikut Agar Renovasi Rumah Anda Maksimal

Perhatikan Hal Berikut Agar Renovasi Rumah Anda Maksimal

Saat anda ingin merenovasi rumah, memang terdapat beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan. Terlebih, kerusakan pada rumah anda tergolong kerusakan yang cukup berat dan perlu segera diperbaiki. Jika anda hanya asal-asalan dalam merenovasi rumah, maka akan ada beberapa hal yang bisa terjadi diluar kehendak anda. Oleh karena itu, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, berikut ini terdapat beberapa hal yang wajib anda perhatikan dalam merenovasi rumah, diantaranya yaitu:

Rencana keuangan

Biaya merenovasi rumah tidaklah sedikit. Walaupun tidak sebesar saat anda membangun rumah, namun biaya renovasi tetap perlu diperhitungkan dengan baik. Jika tidak direncanakan dengan baik, maka bisa jadi biaya renovasi membesar namun renovasi rumah tak kunjung selesai. Sehingga anda perlu menyiapkan rencana keuangan dengan membuat sesuai dengan budget dana yang anda miliki. Dengan demikian, anda juga akan menetapkan prioritas bagian rumah mana yang akan segera diperbaiki terlebih dahulu.

Mencari Pekerja atau Tukang

Mencari tukang untuk mengerjakan renovasi rumah anda memang gampang-gampang sulit. Akan sangat mudah mencari tukang yang bisa mengerjakan perbaikan rumah anda, namun sangat sulit mencari tukang yang dapat bekerja secara profesional. Sehingga anda perlu jauh-jauh hari mencari tukang yang dapat bekerja dengan profesional. Selain soal kemampuan, anda juga perlu menentukan cara pembayaran. Terdapat dua metode pembayaran yaitu secara harian ataupun secara borongan. Metode pembayaran biasanya langsung ditentukan sesuai dengan budget anda. Biasanya jika anda menggunakan metode borongan, maka anda perlu mengeluarkan anggaran yang langsung besar, misalnya budget 50 juta untuk mengerjakan renovasi sampai selesai. Namun jika harian, biasanya dihitung sesuai dengan kedatangan tukang.

Pemilihan Material

Setelah anda menentukan budget serta metode pembayaran pada pekerja, maka selanjutnya yang tak kalah penting ialah memilih material bangunan. Kini terdapat banyak pilihan jenis material dipasaran. Misalnya saja sebagai bahan dasar membangun dinding, anda bisa memilih menggunakan batu bata atau batako. Pemilihan material tentunya tergantung pada kebutuhan anda serta budget yang tersedia. Jangan sampai anda salah membeli bahan material hanya karena memiliki harga yang murah namun tidak berkualitas baik atau sebaliknya karena harga yang mahal namun tidak sesuai dengan kebutuhan anda.   

Gunakan Kontraktor Renovasi Rumah

Apabila anda memiliki dana lebih dan tidak ingin repot memikirkan semuanya, maka anda bisa gunakan jasa kontraktor renovasi rumah. Selain anda tak perlu repot memikirkan segala halnya, anda juga akan mendapatkan kualitas pengerjaan yang maksimal. Sayang sekali rasanya bila sudah mengeluarkan banyak biaya namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal hanya karena anda mengikuti arahan dari tukang. Karena awam dan tidak memahami soal bangunan maka hal itu bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, agar anda mendapatkan kepuasan setelah renovasi rumah maka disarankan anda memanfaatkan jasa renovasi rumah.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda ingin merenovasi rumah kesayangan anda. Setelah beberapa hal terpenuhi, maka anda bisa menambah hal-hal yang diluar kebutuhan dasar renovasi rumah, seperti menambah beberapa bangunan pada rumah. Apabila anda membutuhkan konsultan renovasi rumah maka anda bisa hubungi kontak person yang tertera di website ini. Semoga bermanfaat.

Trik Memilih Kontraktor Renovasi Rumah Profesional

Trik Memilih Kontraktor Renovasi Rumah Profesional

Saat anda berencana untuk merenovasi rumah, maka salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jasa renovasi rumah mana yang berkualitas. Seringkali kesibukan dan padatnya waktu anda bekerja membuat anda memilih jasa renovasi rumah daripada harus mengatur segala sesuatunya sendiri. Namun, banyaknya penyedia jasa renovasi rumah seringkali membuat anda kebingungan harus memilih. Oleh karena itu, agar anda tidak kesulitan dalam menentukannya berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangannya, yaitu sebagai berikut:

Lakukan Seleksi

Jika anda telah mendapatkan beberapa jasa renovasi dari hasil rekomendasi ataupun hasil pencarian anda sendiri, maka tahap selanjutnya ialah anda menyeleksi jasa renovasi rumah mana yang sesuai dengan kriteria. Ada bisa mulai dengan melihat dari hasil pekerjaannya. Jika hasil pekerjaan sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka selanjutnya anda bisa mulai mencari tahu cara kerja atau sistem yang ada pada jasa renovasi rumah tersebut. Jasa renovasi rumah yang baik biasanya memiliki sistem yang baik serta memiliki transparansi yang baik pula.

Pertimbangkan Berdasarkan Rekomendasi

Dalam memilih jasa renovasi rumah, ada baiknya anda bisa memulainya dengan mencari referensi dari orang terdekat yang pernah menggunakan jasa renovasi rumah. Biasanya, saat anda mendapatkan rekomendasi maka anda dapat memahami tentang kualitas pekerjaan serta seluk beluk dalam menggunakan jasa renovasi. Anda bisa menanyakan ke keluarga ataupun tetangga anda, apabila orang terdekat tidak ada yang pernah memiliki pengalaman menggunakan jasa renovasi rumah maka anda bisa mencari informasi di internet.

Meneliti Rancangan Anggaran Biaya

Selain menyeleksi hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, kemudian anda perlu mengecek tentang Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang ditawarkan. Bisa jadi, dalam penawaran tersebut ada hal-hal yang menurut anda tidak sesuai. Misalnya biaya yang ditawarkan terlalu tinggi. Anda bisa menegosiasikannya agar bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih murah. Anda tak perlu ragu untuk bertanya, siapa tahu terdapat kekeliruan dalam perhitungan yang menyebabkan biaya sangat tinggi. Selin itu, anda juga perlu berhati-hati agar jangan sampai terjebak dengan penawaran jasa renovasi yang terlalu murah. Seringkali harga murah hanya sebagai awalan saja, namun setelah proses renovasi berjalan biaya menjadi membengkak. Oleh karena itu cermati baik-baik saat melihat RAB yang ditawarkan.  

Garansi Perawatan

Seringkali saat renovasi sudah selesai, terdapat hal-hal yang masih luput untuk dikerjakan. Oleh karena itu selalu pastikan apakah jasa renovasi rumah tersebut memberikan garansi perawatan setelah renovasi. Sebab jika terdapat kerusakan serta terdapat pekerjaan yang kurang sempurna, kontraktor bangunan tersebut akan memberi perawatan gratis. Kebocoran atap merupakan salah satu bagian yang cukup riskan karena terlambat mengetahui kebocoran, sehingga perlu adanya garansi untuk mengurangi tambahan biaya.

Demikianlah beberapa hal yang patut dicermati saat anda berniat menngunakan jasa renovasi rumah untuk memperbaiki rumah idaman anda. Memang tak dapat dipungkiri bahwa untuk menemukan jasa renovasi rumah yang paling berpengalaman, anda memerlukan ketelitian lebih agar dapat memberikan hasil renovasi rumah yang terbaik. Apabila masih terdapat hal yang masih kurang jelas terkait dengan kontraktor renovasi rumah maka anda bisa konsultasi dengan konsultan pembangunan kami dengan menghubungi kontak person yang ada di website ini. Semoga bermanfaat.