Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis Tapi Tetap Trendi

Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis Tapi Tetap Trendi

Pintu rumah yang minimalis selalu disimbolkan sebagai rumah yang sederhana. Selain kesederhaan pintu ini juga memberikan kesan casual pada rumah anda. Ciri khas yang tampak pada pintu rumah minimalis dapat dilihat dari akses garis tegak dan datar sebagai hiasannya. Namun saat ini banyak pintu jenisini yang dirancang dengan desain polos, dengan menambahkan unsur dinamis melalui permainan warna misalnya warna alami kayu, warna plitu, warna cat puth, abu-abu hingga hitam.

Saat ini banyak sekali varian desain, model dan jenis-jenis dari pintu minimalis yang semakin mempertegas ciri khas rumah anda. Tentu anda pun harus mempertimbangkan pemilihan pintu agar sesuai denga seleran dengan anda serta berbagai furniture yang ada di dalam maupun rumah anda. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Ciri yang khas pada pintu rumah minimalis

Sesuai dengan fungsi dan penempatannya sebagai pelengkap bagian luar dan dalam rumah. Pintu minimalis yang trendi saat ini umnya berciri-ciri antara lain:

  1. Pintu berbahan dasar kayu kuat untuk tetap terlihat sederhana namun menonjolkan karakter elegan dan terlihat mewah. Biasanya kayu yang dipilih adalah kayu jati dengan motif serat kayu yang alami. Selain itu jenis kayu lain seperti trembesi dan ulin juga cocok digunakan.
  2. Sesuai dengan fungsinya pintu model minimalis memiliki bentuk yang hampir polos. Tanpa hiasan dengan detail yang rumit layaknya rumah dengan gaua etnik ataupun futuristik.
  3. Terdapat tambahan gari tegak, bidang datar atau perpaduan keduanya, yang memberi kesan manis dan dinamis sebagai hiasan.
  4. Hanya menggunakan 1 warna untuk mempertegas gaya pintu. Biasanya digunakan warna netral seperti putih atau abu-abu.

Memilih pintu rumah minimalis

Saat ini sudah banyak desain pintu minimalis yang menarik dengan harga yang bervariatif. Tentu anda akan merasa kebingungan untuk memilih, namun tenang di bawah ini ada beberapa tisp yang bisa anda lakukan untuk memilih furniture pintu rumah dengan gaya minimalis. Simak ulasannya berikut ini.

1.      Perhatikan desain pintu

Ingatlah jika konsep pintu ini adalah kesederhanaan dan motif polos. Selaini tu penambahan kesan sederhana pintu minimalis terletak pada pegangan pintu. Bahan yang tersedia di pasarangan mulai dari perak, besi, dan beberapa bahan metal lainnya. Selain kayu anda dapat memilih pintu almunium sendiri sebagai pintu rumah anda.

2.      Model pintu

Model pintu minimalis sangatlah beragam, anda bisa melihat mulai dari model pintu berdaun 1 dan berdaun 2. Selain itu anda juga dapat mempertimbangkan model membuka pintu apakah digeser atau didorong. Untuk modelnya sendiri anda bisa mencari berbagai model di Internet sebagai referensi.

  1. Bahan kayu

Model pintu rumah minimalis yang berbahan dasar kayu memang harus ada beberapa hal yang anda perhatikan. Mulai dari bahan kayu, hingga perawatannya semisal pengolesan cat agar terhindari dari serangga (misalna rayap) jika perlu anda bisa gunakan obat anti rayap. Selain itu anda pun harus pandai-pandai memilih kayu yang berkualitas. Pilihlah tekstur kayu yang mengeluarkan getah merah saat disiram air, kuat dan bagus. Selain itu hindari belang pada kayu.

4.      Warna pintu rumah

Warna memang selera pribadi masing-masing. Saat ini pelapis kayu untuk pintu telah tidak terbatas warna dan jenis pelapis. Usahakan mewarnai pintu yang dapat disesuaikan dengan cat dinding rumah anda. Pilihlah warna yang umum yang sering dipakai, jika ingin menciptakan fokus dominan pada pintu maka pilih warna yang berani seperti merah atau kuning.

Cara Tepat Merawat Kusen Jendela Dan Pintu Kayu Rumah Anda

Cara Tepat Merawat Kusen Jendela Dan Pintu Kayu Rumah Anda

Selain atap serta tembok, salah satu komponen rumah yang tidak boleh dilupakan adalah pintu dan jendela. Kedua komponen tersebut merupakan bagian terpenting yang harus terpasang dalam sebuah rumah. Pintu merupakan akses keluar-masuk orang, sedangkan jendelan diperlukan utuk pencahayaan rumah di siang hari dan sirkulasi udara agar rumah lebih sejuk. Selain dilihat dari fungsinya baik jendela maupun pintu kini harus memiliki unsur estetika. Bahkan adanya sentuhan seni menjadi salah satu faktor unik dalam sebuah Rumah.

Kerusakan pada jendela dan pintu

Untuk itu saat ini kita perlu mengetahui sedikit banyak model pintu dan jendela yang bervariasi di pasaran. Bahkan anda dapat mencampurkan banyak warna yang selaran dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Jendela kusen dan pintu kayu sering sekali dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang. Penggunaan dua komponen tersebut dianggap lebih mudah menyelaraskan warna tembok rumah.

Bukan hanya itu terdapat kelebihan lain yang dimiliki seperti tidah mudah rusak, tahan lama dan mudah perawatannya. Baik pintu maupun jendela sangat penting untuk anda melakukan perawatan secara berkala. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan agar agar kusen jendela anda tidak mudah rusak. Selain itu tidak mudah bagi binatang pengerap maupun serangga-serangga seperti rayat dapat mengikis pintu kayu anda. Bukan hanya itu kerusakan mekanik pun bisa terjadi seperti terlalu sering terkena air hujan juga bisa menjadi salah satu penyebab jendela dan pintu rumah anda mudah rusak.

Mencegah kerusakan jendela dan pintu rumah anda

Jika saat ini anda memilih bahan baku kayu (kusen), pilihlah kayu yang berusia sepuh serta tidak basah atau kering. Selain itu, postur kayu tak gampang beralih wujud misalnya melengkung, serta tidak mudah dirusak oleh hewan pengerap (seperti tikus) atau serangga (seperti rayap dan semut). Jika kusen jendela dan pintu rumah anda terpasang maka jangan lupa mengoleskan zat anti serangga (rayap), dan antir jamur. Kebanyakan zat ini yang dijual berbentuk cairan tidak sama dengan cat kayu biasanyan.

Setelah anda melakukan pemasangan kusen pastikan jendela dan pintu rumah terpasang sejajar dan corok dengan sisi dinding. Jangan memasang kusen yang sudah dipasang namun cenderung ke depan atau ke belakang. Dinding rumah anda haruslah kokoh dan kuar agar dpat menahan berat kusen tersebut. Dengan begitu saat waktunya perawatan secara berkala biaya yang anda keluarkan jauh lebih murah.

Perawatan yang harus anda lakukan

Tentu setiap barang membutuhkan perawatan termasuk jendela dan pintu rumah anda. Setelah proses pemasangan selesai, lakukanlah pengecatan (gunakan cat memang khusus kayu), karena dalam cat tersebut mengandung zat khusu yang dibuat untuk melindungi kayu dari air hujan, jamur, dan lain sebagainya.

Perhatikan setiap lubang dan pori-pori pada jendela dan pintu sebelum melakukan pengecatan. Pakailah amplas untuk menghaluskan permukaan kayu. Jika jendela dan pintu rumah anda telah lama dicat, bersihkan setiap kotoran yang menempel seperti debu, kotoran hewan, dan kotoran lainnya pembersihan seperti ini diperlukan untuk menghindari bercak-bercak yang menempel.

Agar lebih awet lagi hindari kusen dari benda tajam dan keras seperti perabotan rumah tangga atau kendaraan. Ini untuk menghindari adanya goresan yang bersifat permanen pada jendela atau pintu anda sehingga kusen dapat terkelupas. Untuk menciptakan hunian yang nyaman dan indah memang memerlukan usaha. Jika anda melakukan perawatan secara rutin maka hal itu dapat meminimalisir biaya perbaikan jika terjadi kerusakan. Selamat mencoba!

Cara Merawat Pintu Jendela Yang Terbuah Dari Kayu Jati

Cara Merawat Pintu Jendela Yang Terbuah Dari Kayu Jati

Salah satu nilai esktetik yang dimiliki sebuah bangunan dapat terletak pada kusen pintu dan jendela rumha yang berbahan kayu jati. Jika kusen anda terlihat memudar dan kussang tentu nilai keindahan yang dimiliki pin menjadi berkurang dan tidak nyaman untuk dipandang oleh mata (khususnya para tamu yang berkunjung ke rumah). Nuansa yang diberikan juga tampak berbeda saat kondisi kusen masih baik, tentunya anda tidak ingin bukan melihat kusen atau jendela kayu jati di rumah anda terlihat buruk.

Selain itu terkadang biaya yang tak murah saat membeli sebuah kusen pintu atau jendela dari kayu jati membuat anda berharap jika kedua barang tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tetap awet. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Perawatan dengan berkala dapat membuatnya terlihat lebih indah dan kualitasnya pun terjaga baik. Jika kusen pintu dan jendela dari kayu jati tidak dirawat maka akan lebih mudah rusak dan warna menjadi pudar dan kusam.

Dalam melakukan perawatan tentu kita tidak membutuhkan biaya yang tinggi tetapi bukan berarti merawat kusen dan jendela dari kayu jati bis dilakukan secara sembarangan. Perlu adanya penanganan khusus, jika anda tidak berhati-hati alih-alih terlihat indah, kusen dan jendela malah bisa rusak.

Untuk itu ada beberapa hal yang bisa ada lakukan untuk merawat kusen dan jendela kayu jati agar tidak mudah rusah antara lain:

1.      Membersihkan dari debu

Debu yang menempel pada kusen dan pintu rumah sebaiknya harus dibersihkan setiap hari anda bisa melakukan hal ini saat sedang menyapu rumah di pagi hari. Gunakanlah lab lembut ataupun kemoceng untuk menyingkirkan debu. Debu yang dibiarkan menempel dan tidak dibersihkan akan membuat kusen tampak kusam. Selain itu anda bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih kayu saat mengelap debu.

Fungsi cairan khusus ini untuk memberikan kesan mengkilpa pada kusen pintu dan jendela. Pilihnya cairan semprot pembersih kayu yang berkualitas, sehingga akan lebih cepat mengering dan tidak menimbulkan jamur.

2.      Memoleskan kusen pintu dan jendela

Perawatan lain yang perlu anda lakukan adalah memoles kusen pintu dan jendela menggunakan cairan minyak jati. Umumnya memoleh dengna minyak jadi dilakukan pada kusen atau jendela dengna warna alami kayu jati. Kusen pintu dan jendela yang memakai finishing dapat anda poles lagi dengan finishing atau coating dengan jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Sebaiknya memoles kusen pintu dan jendela kayu jati dilakukan secara rutin.

3.      Hindari dari benda yang menyebabkan goresan

Goresan adalah salah satu masalah yang sering dialami, untuk itu sebaiknya hindari kusen pintu dan jendela dari benda-benda tajam dan keras. Apabila sudah ada goresan atau benturan maka akan sulit untuk dihilangkan sehingga membuat tampilannya kurang menarik.

4.      Lakukan pengecatan ulang

Pengecatan ulang diperlukan agar kusen tetap terlihat mengkilap dan bersih. Sebelum melakukan pengecatan pastikan terlebih dahulu tak ada debu atau noda yang menempel pada permukaan kusen atau jendela. Pada bagian yang berlubang sebaiknya anda tambal mengunakan kayu yang telah dihaluskan terlebih dahulu.

Untuk membuat tampilannya mengkilap beberapa orang lebih memilih untuk menggunaan bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut antara lain campuran dari biji kemiri, minyak zaitun, air teh, jeruk nipis. Selain itu poles kusen dan jendela dengan cairan anti rayap.

Cara Mencegah Korsleting Listrik Di Rumah Anda

Cara Mencegah Korsleting Listrik Di Rumah Anda

Saat ini sudah banyak kasus kebakaran rumah atau bangunan tertentu yang disebabkan oleh korsleting listrik. Tentu adanya berita mengenai kasus tersebut adalah sebuah pembelajaran bagi kita semua agar lebih bijak dalam pemakaian lisrik. Namun apakah anda tahu sebenarnya apa itu korsleting listrik? Mengapa bisa memicu kebkaran? Jika masih keheranan anda bisa menemukan penjelasannya di bawah ini.

Penyebab korsleting listrik

Listrik saat ini memang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari tetapi anda harus tahu jika penggunaan yang berlebihan serta tanpa ada pengawasan yang benar maka listrik dapat menjadi sebuah bencana. Korsleting listrik atau hubungan arus pendek adalah sebuah hubungan tahanan listrik yang sangat kecil sehingga mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Jika anda tak bisa menangani masalah itu maka berkemungkinan besar terjadi ledakan dan kebakaran. Salah satu penyebab yang paling sering dialami adalah kelalaian manusia yang sering kali menyambungkan kabel yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, menyebabkan beban listrik yang berlebihan.

Selain itu, korsleting listrik juga bisa disebabkan karena ada kabel yang terkelupas, sehingga menyebabkan salirangan bertegangan dan menempel ke saluran netral. Jika sudah mendengar hal ini tentu anda semakin sadar banyak hal sepele yang menyebabkan korsleting bahkan bisa-bisa menyebabkan kebakaran. Jelas ini menyeramkan bukan?

Hal yang harus diperhatikan dalam pemakaian listrik

Untuk melakukan pencegahan memang ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memakai listrik, namun anda perlu memahami bagaimana penggunaan listrik yang aman atau sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam pemakaian listrik untuk mencegah korsleting:

  1. Jangan menyambung secara langsung (bypass) peralatan pengamanan baik itu sekring maupun MCB
  2. Jangan menumpik steker secara berlebihan. Karena hal ini berisiko menimbulkan panas yang berlebihan sehingga memicu terjadinya kebakaran
  3. Gunakan peralatan listrik sesuai dengan standar SNI, jangan hanya harga yang murah anda mengesampingkan kualitas
  4. Jangan biarkan tusuk kontak peralatan seperti TV, radio, atau charger menancap terlalu lama
  5. Hindari penggunaan tusuk kontak yang telalu lebar dan longgar
  6. Untuk menangani masalah listrik terkait pemasangan baru ataupun penambahan daya serahkan pada pihak instalasi resmi.
  7. Pemeriksaan secara rutin minimal 10 tahun setelah pemasangan dan 5 tahun selanjutnya

Untuk melindungi rumah dari kebaran karena korsleting listrik

Semakin banyak kasus kebakaran karena korsleting listrik, lalu apa yang sebaiknya anda lakukan? Menurut Devisi Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana berpendapat terdapat beberapa cara yang bisa dilkukan untuk mencegahnya kebakaran. Simak beberapa tips di bawah ini:

  1. Cara pertama yang dilakukan adalah hindari penggunaan peralatan dengan beban kapasitas listrik yang berlebihan.
  2. Kedua, hindari pemasangan instalasi listrik yang terlalu banyak sambungan di rumah dengan solatip (isolasi) apabila terkena panas listrik akan mudah memuai dan mengelupas.
  3. Ketiga jika terjadi pemadaman listrik, yang harus anda perhatikan jangan letakan lilin di dekat bahan yang mudah terbakar (contohnya kain, kayu, atau benda lainnya)
  4. Keempat, periksa secara berkala instalasi listrik di rumah anda. Jika ada kabel yang rapuh, stop kontak atau sambungan yang aus atau tidak rapat segeralah ganti dengan yang baru.
  5. Kelima, siapkan selalu alat pemadam kebakaran atau jika tidak anda bisa menyiapkan air, pasir, karung goni yang basah.

Cara Mudah Untuk Merawat Jendela Anda Di Rumah

Cara Mudah Untuk Merawat Jendela Anda Di Rumah

Jendela adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh rumah, melalui jendela udara dari luar dapat masuk ke dalam rumah sehingga rumah terasa lebih sejuk. Selain itu, sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela, sehingga rumah tidak terkesan lembab. Bahan baku untuk membuat jendela ada berbagai macam antara lain kayu, kaca, serta logam. Pemasangan jendela di rumah tentu harus anda perhatikan, usahakan memposisikan jendela tidak berdekatan dengan bangunan atau pepohonan.

Karena merupakan bagian bangunan terluar jendela tentu terpapar sinar matahari secara langsung. Atau terkena air hujan dan beberapa kotoran seperti debu di luar rumah.

Tentu hal itu akan membuat jendela rumah anda menjadi kotor dan bermasalah. Jika sudah demikian anda harus melakukan perawatan secara rutin. Sebenarnya perawatan jendela tergantung dari bahan bakunya. Namun berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat jendela di rumah antara lain:

1.      Perawatan untuk jendela kaca

Kaca memang sangat rentan tergores dan kotor dibandingkan bahan baku lainnya. Untuk membersihkan kaca jendela ada beberapa cara berikut ini :

  • Jika anda tidak memiliki lap di rumah, anda bisa memanfaatkan koran bekas sebagai penggantinya
  • Jangan lupa untuk membeli pembersih kaca yang ada di supermart atau toko terdekat. Namun sebenarnya anda bisa mensiasati pembersih kaca dengan “face tonic”. Caranya cukup mudah tuangkan beberapa cairan face tonic ke permukaan kaca yang kotor selanjutnya lap bagian tersebut.
  • Bahan pembersih kaca lainnya yang dapat anda buat dari bahan baku yang alami tanpa melalui proses kimiawi. Anda bisa memanfaatkan “tembakau”, caranya rendam tembakau sebanyak 1-2 ons selama 15 menit. Kemudian ambil lap dan celupkan ke air rendaman tembakau, lalu bersihkan jendela kaca.
  • Selain itu anda dapat memanfaatkan minyak kayu putih dan hair dryer untuk membersihkan stiker yang menempel atau membekas di jendela kaca. Jangan lupa untuk menggunakan benda pipih seperti penggaris plastik agar kaca benar-benar bersih.

2.      Perawatan untuk jendela kayu

Masalah yang sering muncul pada jendela kayu adalah terkikis karena rayap. Untuk mengatasi itu sebaiknya anda melapisi jendela dengan cairan khusus anti rayap. Selain itu, anda juga dapat menggunakan cara tradisonal yakni dengan melakukan pengapuran kayu.

Jendela yang berbahan kayu lama kelamaan akan lapuk termakan usia. Meskipun begitu anda dapat mencegah kelapukan dengan melapisi jendela dengan cat kayu secara rutin. Selain itu mungkin anda bisa mencoba tips berikut ini, sebelum melapisi jendela dengan cat kayu. Cobalah untuk mengecat jendela dengan cat tembok terlebih dahulu. Pilihlah warna yang selaras dengan cat kayu yang anda pakai. Cara ini juga dinilai dapat menghemat biaya perawatan.

3.      Perawatan untuk jendela besi

Besi atau  almunium adalah bahan logam, masalah yang sering muncul pada jendela ini adalah karat. Sebenarnya sudah banyak cairan anti karat yang dijual di supermarket ataupun toko bangunan dekat rumah anda. Namun berikut ini ada alternatif lain yang bisa anda coba, yaitu:

Anda bisa menggunakan cairan spiritus, cuka ata alkohol. Langkah pertama gosokan lap pada permukaan besi yang berkarat, kemudian bilas bagian tersebuat dengan air hangat. Atau anda bisa menggunakan polish khusus anti karat (usahakan memilih polish yang khusus untuk jenis logam tertentu sesuai dengan jendela di rumah anda).

Merawat jendela akan menjadi mudah jika anda mengetahui perawatan yang sesuai dengan bahan baku jendela. Dengan tips di atas akan mudah bagi anda menciptakan rumah yang nyaman dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang!

Bahan-Bahan Yang Cocok Untuk Pintu Rumah Anda

Bahan-Bahan Yang Cocok Untuk Pintu Rumah Anda

Pintu depan rumah merupakan sebuah simbol penyambutan bagi tamu atau penghuni rumah sebelum memasuki ruangan yang ada di dalam rumah. Bentuk pintu rumah tidak hanya datar atau gaya yang itu-itu saja. Anda dapat memilih beberapa bahn alternatif untuk membuat sebuah pintu. Bukan hanya indah saja namun juga kuat, daya tahan lama efektif dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Saat ini sudah banyak variasi model yang dijual di pasaran. Mulai dari bentuk hingga bahan baku, mungkin diantara anda merasa bingung bagaimana memilih bahan yang tepat untuk pintu rumah depan anda. Nah, untuk itu berikut ini merupakan bahan baku yang bisa anda pilih antara lain :

1.      Bahan pintu dari aluminium

Aluminium dapat menjadi salah satu pilihan anda, adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan baku yang satu ini antara lain tahan terhadap air, karat, lembab, kekuatan angin, dan lain sebagainya. Selain itu Aluminium tahan terhadap korosi, serta hanya membutuhkan sedikit perawatan. Anda tak perlu takut dengan model atau bentuk pintu almunium yang terlalu datas karena saat ini banyak bentuk pintu almunium yang didesain dengan cantik dan modis layaknya bahan baku pintu lainnya.

2.      Bahan pintu dari kayu yang solid

Kayu merupakan bahan pintu yang sangat direkomendasikan dan sering menjadi material pintu kebanyakan rumah. Hal itu karena kayu yang solid sudah teruji tangguh dan tahan terhadap segala cuaca. Ditambah lagi paparan sinar matahari langsung serta kelembabkan karena hujan dan korosi garam (jika rumah anda berada di wilayah pesisir) tidak mudah menggores atau menodai pintu ini. kekokohan dan melindungi rumah, membuat banyak orang melirik bahan baku kayu solid untuk dijadikan sebagai pintu. Bukan hanya itu saja model pintu yang berbahan kayu sangat bermacam-macam, mulai dari modern sampai klasik.

Perlu anda ingat saat merawat pintu yang berbahan baku kayu, jangan lupa untuk dipernis dan juga dicat secara rutin. Hal ini akan membuat pintu rumah anda lebih awet dan tahan dari berbagai masalah.

3.      Bahan pintu dari material besi

Memiliki pintu utama yang terbuat dari bahan baku besi akan menciptakan kesan klasik, elegan, dan mewah. Tentu hal ini akan membuat hati anda merasa senang setiap kali melihatnya. Oranamen yang tertempel, warna yang dipilih, serta selaras akan menambah unsur estetika. Akan tetapi jangan sampai pintu karatan karena terus terkena air. Anda dapat mengkombinasikan pintu besi dengan akses batu bara, sehingga pintu terlihat seperti lebih berwarna. Jangan ragu untuk mencari beberapa referensi desain pintu almunium di internet bisa saja anda menemukan desain yang lebih unik lagi.

4.      Bahan pintu dari kayu yang lembut

Model pintu kayu ini mengkin sering ditemui di rumah-rumah pedesaan atau rumah milik kakek dan nenek anda. Bahan kayu lembut sering dikombinasikan dengan kaca serta dicat berbagai pilihan warna. Struktur pintu akan lebih kokoh jika anda menambahkan besi di dalamnya. Meskipun berbahan kayu lembut namun pintu ini bisa dipercaya awet bertahun-tahun jika anda rutin memberikan perawatan. Selain itu pintu ini akan membawa anda bernostalgia pada tahun 1990-an.

5.      Bahan pintu dari baja yang padat

Baja merupakan salah satu bahan yang kerapdipakai sebagai pintu gerbang masuk. Hal ini dikarenakan baja memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah tahan akan kondisi cuaca. Selain itu, baja juga memberikan pilihan bagi anda yang ingin memiliki rumah yang cukup tenang karena pintu ini dapat menahan suara dari luar.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cat Waterproof

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cat Waterproof

Saat ini tentu sangat mudah bagi anda untuk mendapatkan cat yang tahan air atau waterproof. Cat ini tentu menjadi pilihat bagi masyarakat modern yang untuk melapisi tembok rumah merek. Alasan utama mengapa mereka memilih cat waterproof tentu agar tembok rumah terlindungi dari air. Kondisi tembok yang lembab tentu akan membuatnya mudah rusak. Anda akan sering mengalami masalah seperti cat yang mengelupas, muncul jamur serta retakan yang timbul dan mengancam penghuninya kapan saja.

Untuk itu baiknya anda melapisi tembok rumah anda dengan cat waterproof, apalagi jika anda tinggal di daerah lembab seperti perbukitan atau lereng gunung. Selain itu cat ini juga sangat direkomendasikan untuk ruangan yang terkena air seperti di kamar mandi, tembok yang berdekatan dengan talang air, atau bagian luar rumah yang terkena air hujan.

Selain penjelasan di atas terdapat beberapa alasan mengapa anda haru memilih cat waterproof, antara lain :

1.      Tahan terhadap segala jenis cuaca

Saat ini sudah banyak produsen dan merk cat yang tahan akan segala cuaca. Tidak hanya menahan air sewaktu musim penghujan, cat waterproof dapat melindungi rumah dari cahaya matahari. Tentu akan sangat cocok untuk melapisi bagian luar tembok rumah anda. Apalagi bagi masyarakat Indonesia hampir setiap hari rumah anda terpapar oleh sinar matahari serta perubahan cuaca yang terkadang tidak dapat anda prediksi. Selain itu saat ini banyak pilihan warna yang disediakan setiap merk cat waterproof yang bisa disesuaikan dengan kesukaan anda. Selain tahan air, keindahan  warna cat akan awet akan bertahan dalam waktu yang lama.

2.      Lebih hemat

Jika anda tidak memiliki budget yang besar, mungkin tak ada salahnya untuk memilih jenis cat ini. penggunaan cat waterproof akan menghemat biaya pengecatan rumah, hal itu karena warna rumah akan tampak lebih segar dan bersih dalam jangka waktu yang cukup lama meskipun tidak tidak ada pengecatan ulang. Karena mampu melindungi rumah dari berbagai cuaca tentu tembok rumah akan jauh lebih kuat, tentu hal ini jauh lebih hemat dibandingkan cat tembok biasa.

3.      Ramah lingkungan

Saat hendak memilih cat tembok sebaiknya pilihlah cat yang ramah lingkungan dan telah aman dari zat yang membahayakan. Jika perlu anda harus mengecek kandungan logam yang menjadi komposisi cat, pilihlah cat yang sangat sedikit atau sama sekali tidak mengandung kandungan logam. Sehingga rumah anda akan aman untuk digunakan area bermain anak atau untuk ruang makan bersama.

Namun perlu anda ketahui saat ini pemerintah semakin memperketat aturan mengenai sisa hasil pengelolaan. Oleh karena itu anda juga harus cermat dalam memilih merk cat dari hasil daur ulang. Jika anda cerdas memilih secara tidak langsung anda membantu lingkungan sekitar terhindar dari polusi udara dan air.

  1. Anti rembes dan anti noda

Tentu salah satu hal yang utama dari cat waterproof adalah anti rember. Biasanya cat seperti ini berasal dari acrylic copolymer dengan bahan dasar air yang terbukti mampu menahan air secara efektif agar tidak memasuki bagian dalam rumah. Selain itu bentuknya yang pasta membuat cat akan mudah diaplikasikan ke tembok rumah anda. Aplikatornya pun bisa menggunakan roll, kuas, atau semprot.

Tak hanya menahan air namun juga tidak mudah terkena berbagai jenis noda. Sehingga warna yang dimiliki cat tempok akan selalu bersih selama beberapa tahun.

6 Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

6 Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Platfon merupakan salah satu komponen rumah yang tidak boleh dilupakan. Platfon memiliki pengertian langit-langit dalam rumah. Sebenarnya jenis platfon sendiri sangat bervariasi namun yang paling sering ditemui adalah platfon gypsum. Selain platfon yang memperindah rumah anda, ada 1 komponen penting yang harus ada dalam sebuah rumah. Yups, atap  adalah salah satu komponen penting karena adanya atap dapat melindungi anda dan sekeluarga dari terik matahari yang panas, dan air hujan.

Namun terkadang atap juga memiliki beberapa masalah yang berkaitan dengan atap rumah. Salah satunya adalah kebocoran. Masalah ini tentu sering membuat anda dan keluarga pusing, apalagi menjelang musim penghujan. Untuk itu di bawah ini merupakan tips mudah mengatasi kebocoran atap rumah yaitu :

1.      Hindari menanam pohon yang terlalu dekat dengan rumah

Meskipun penghijauan di lingkungan rumah adalah hal yang baik, namun jika anda menanam pohon terlalu dekat dengan rumah tentu akan memicu kebocoran di suatu hari. Perlu anda tahu jika lama kelamaan pohon yang anda tanam akan semakin besar, rindang, dan berbuah. Tentu hal itu akan merusak atap rumah anda. Apalagi bagian ranting yang menjuntai dan bergerak saat diterpa angin tentu akan menggeser atap rumah anda dari tempat semula.

Selain itu pohon yang berbuah dapat meningkatkan resiko genting yang retak atau pecah, karena kejatuhan buah tersebut.

2.      Pilih atap yang menggunakan sistem waterproof

“waterproof” atau bila diartikan adalah melindungi dari air, akan sanagt cocok anda gunakan sebagai atap rumah. Penggunaan atap waterproof akan meminimalisir kebocoran, selain itu saat ini sudah banyak variasi warna dan jenis yang dijual di pasaran. Sehingga anda dapat memilih atas yang sesuai dengan selera dan budget anda.

Meskipun anda menggunakan atap waterproof hal itu akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan pemasangan yang tidak benar. Jika atap dipasang secara sembrono maka bisa saja terdapat celah yang memungkinkan rumah mengalami kebocoran.

3.      Atap harus memiliki sudut kemiringan yang tepat

Cara lain untuk mengatasi kebocoran rumah adalah dengan memperhatikan tingkat kemiringan atap. Perlu anda ketahui salah satu penyebab dari kebocoran adalah bentuk atap yang terlalu landai.

Jika atap rumah anda termasuk atap yang landai maka sebaiknya gunakan desain pembuatan atap yang berbahan dasar cor. Selain itu anda juga harus melapisinya dengan cat ataupun cairan yang menggunakan sistem waterproof. Sebelum membangun rumah anda ada baiknya memperhatikan sudut kemiringan atap, sehingga air hujan dapat mengalir dengan lancar.

4.      Ganti atap yang tampak rapuh

Atap yang rapuh berpotensi besar mengalami kebocoran, untuk itu cobalah mengecek atap rumah anda. Atap yang rapuh akan sangat mudah membuat air merembes. Melakukan penggantuan atap yang rapuh secara rutin merupakan solusi yang tepat, sesuai dengan kata pepatah. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

5.      Perbaiki saluran air dan talang pada atap

Menjelang musim penghujan nanti anda sebaiknya menyematkan waktu untuk memperbaiki saluran pembuangan air dan bagian talang. Apalagi jika kondisinya sudah rusak, misalnya talang pada rumah anda telah mengeropos, pipa pembuangan air pecah dan masih banyak lagi. Memang membutuhkan biaya namun jika anda tidak segera memperbaikinya maka anda akan jauh lebih kerepotan dengan kebocoran nantinya.

6.      Cat atap rumah dengan cat anti air

Yang terakhir cara mudah adalah melapisi atap rumah dengan cat anti air. Dengan begitu anda tak perlu khawatir jika musim penghujan datang, karena kebocoran sudah teratasi sekarang.

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memasang Instalasi Listrik Di Rumah

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Memasang Instalasi Listrik Di Rumah

Saat ini listrik merupakan kebutuhan utama bagi setiap rumah, tanpa listrik rumah akan gelap gulita karena tidak ada lampu yang menerangi, selain itu listrik juga diperlukan untuk mengisi daya baterai handphone anda bukan? Mengingat betapa pentingnya listrik, tentunya memasang instalasi listrik di rumah harus dilakukan secara aman agar rumah terhindar dari korsleting atau kebakaran.

Mengingat jika instalasi listrik merupakan tanggung sang pemilik rumah, berikut ini merupakan 7 hal yang harus anda perhatikan saat memasang instalasi listrik saat hendak membangun atau merenovasi rumah agar aman dari bahaya antara lain :

1.      Ketahui denah untuk memasang instalasi listrik di rumah

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat memasang instalasi listrik rumah adalah menyesuaikan dengan penempatan box Miniature Circuit Breaker (MCB), sakelar, lampur serat stopkontak yang ada pada rumah anda. Bukan hanya memastikan jika jumlah stopkontak sesuatu dengan kebutuhan rumah, posisi penempatan stopkontak pun sebaiknya disesuaikan dengan keperluan penghunikany. Contoh saklar lampu yang diletakan di sebelah samping kanan/kiri pintu. Tujuannya agar terhindari kesalahan yang akan dapat membahayakan penghuninya dan tingkat kenyamanan akan menurun.

2.      Pakai kabel dengan standar SNI

Saat membeli perlengkapan usahakan anda memilih kabel dengan standar SNI yang dijual di toko bangunan. Hal itu karena keamanan kabel telah terjamin dan kabel tidak mudah terkikis ataupun terkelupas.  Anda harus paham ada beberapa variasi kabel listri yang dapat anda gunakan seperti kabel dengan diameter 2,5 mm yang termasuk kuat untuk dialiri daya listrik sampai 5 ribu watt cocok untuk rumah yang memiliki luas kurang dari 70 m2.

Untuk menyalurkan listrik pada beberapa perangkat rumah seperti lampu, anda bisa memilih jenis kabel dengan diameter 1,5 mm yang aman untuk diaplikasikan pada stopkontak dan lampu dengan daya kurang dari 100 watt. Perlu anda ingat, bungkus kabel listrik dengan pipa conduit yang lentur. Sehingga akan mudah bagi anda saat harus melakukan pergantian kabel serta akan menjamin arus listrik akan tetap stabil walaupun digigit oleh tikur atau kegencet sekalipun.

3.      Pembagian jalur kabel

Akan lebih baik jika anda membagi jalur kabel sesuai dengan keperluan penghuninya, baik itu kabel untuk pompa air, AC, lampu, stopkontak, hinggaa MCB cadangan. MCB sangat diperlukan bagi anda apabila harus memutuskan aliran listrik dalam satu grup saluran listrik yang sama jika terjadi korsleting.

4.      Gunakan jalur tersendiri untuk perangkat yang membutuhkan daya listrik besar

Contoh peralatan rumah tangga yang memiliki daya listrik cukup besar adalah water heater, pompa air, serat AC. Ada baiknya jika anda menggunakan jalur listrik tersendri untuk beberapa perangkat yang telah disebutkan mengingat daya yang dibutuhkan cukup besar bisa saja menganggu penggunaan listrik yang lain dan memicu hal yang berbahaya. Dengan pembagian jalur listrikyang tepat maka kabel yang anda gunakan akan lebih awet karena beban arus yang tidak banyak. Serta penggunaan listrik pada perangkat lain seperti lampu akan lebih stabil

5.      Jika perlu lakukan grounding

Saat melakukan instalasi listrik, sebaiknya anda menambahkan mekanisme grounding tujuannya agar rumah lebih aman dan terhindar dari sengatan listrik saat daya listrik membesar secara  mendadak misalnya saat tersambar petir atau perawatan dari PLN. Grounding adalah teknik menyalurkan listrik yang berasal sari blok MCB ke dalam tanah, sehingga dapat mencegah terjadinya ledakan listrik di rumah anda.

Tips Desain Taman Sederhana Untuk Daerah Perkotaan

Tips Desain Taman Sederhana Untuk Daerah Perkotaan

Hiruk pikuk kehidupan perkotaann memang terkadang membuat kepala kalian pusing dan stress. Apalagi jika kalian tinggal di perumahan yang memiliki kepadatan populasi di atas rata-rata. Dengan populasi yang sangat padat, hal yang tidak bisa dihindari yaitu pembangunan rumah yang berdempetan. Alhasil,kesumpekan akan menjadi menu utama dalam keseharianmu.

Populasi penduduk yang padat cenderung menghasilkan sebuah atsmosfer yang panas. Belum lagi jika ada tetangga kalian yang suka bermain music atau hanya penyuka music, maka kebisingan tidak bisa kalian hindari. Bagaimana, kesal kan tinggal di daerah perkotaan?

Tapi tenang, untuk melawan atsmosfer yang panas dan menetralisir kebisingan yang merupakan ulah tetangga kalian, atatu juga karena bungi kendaraan dari jalanan. Desain taman yang sederhana di rumah kalian merupakan solusi yang paling ampuh. Selain itu, dengan kehadiran taman yang sederhana, rumah kalian akan terlihat lebih hidup dan sejuk.

Tetapi masalahnya, utnuk dapat mendesain taman yang sederhana di daerah perkottan dengan lahan yang cukup sempit, diperlukan keahlian khusus supaya desain taman tersebut tidak mengkrak alias tidak menjadi sebuah desain yang gagal. Maka dari itu, sebelum membuat taman yang sederhana, usahakan terlebih dahulu untuk menghonsultasikan kepada ahli taman atau jika perlu kalian meyeba ahli desain taman.

Bagi kalian yang sedang bingung mencari tips dan jenis-jenis tanaman yang cocok untuk taman yang sederhana, berikut yaiut jawaban atas keluhan kalian. Yuk simak berikut ini.

Semua orang pasti pernah berfikir untuk membuat taman di halaman depan rumahnya. Taman yang sederhana di halaman depan rumah memang akan memberikan sebuah kesan yang baik bagi para tamu yang berkunjung kerumah kalian. Selain itu kalian juga akan selalu dimanjakan oleh pemandangan taman yang indah. Dengan adanya taman sederhana di halaman depan rumah kalian maka dengan sendirinya akan membuat rumah kalian sejuk dan nyaman.

  1. Membuat Mini Garden Di Bagian Belakang Rumah

Selain membuat taman di halaman depan rumah, dibelakang rumah juga bisa dibuat taman kecil yang mungkil. Untuk dapat membuat sebuah taman mini dibelakang rumah, maka antara tembok pembatas dengan rumah kalian harus diuatkan jarak paling tidak satu meter dan jenis tanaman yang paling cocok untuk ditanam yaitu tanaman yang gampang untuk dirawat. Selain itu, harus dipasangkan dengan beberapa lampu taman disudut sisi mini garden.

  1. Taman Di Dalam Rumah

Banyak rumah mewah diperkotaan yang kini telah membuat taman di dalam rumahnya. Taman di dalam rumah memang akan membuat rumah terlihat menawan dan bernuansa alam. Akan tetapi, untuk membuat taman di dalam rumah akan memiliki kesulitan tersendiri, khususnya dalam segi perawatannya. Dimana seperti yang kita tahu bahwa tanaman juga membutuhkan cahaya matahri dan udara dalam proses fotosintesisi.

Tenang, ahli taman pasti memiliki solusi dalam menghadapi kondisi yang seperti ini. Biasnya dinding disekitar taman akan dibuatkan sedikit bukaan atau ventilasi, sedangkan untuk atap yang menaungi taman yang berada di dalam ruangan akan dikasi atap jenis transparan.selain melancarkan proses fotosintesis, atap transparan juga akan meningkatkan pencahayaan di dalam rumah kalian.

Itulah beberapa Tips Desain Taman Sederhana Untuk Daerah Perkotaan. Semoga bermanfaat