Menentukan Model Pintu Minimalis Untuk Rumah Anda

Menentukan Model Pintu Minimalis Untuk Rumah Anda

Pentu adalah hal yang penting dimiliki oleh sebuah rumah, karena fungsinya sebagai jalan keluar masuk bagi tamu ataupun penghuni rumah dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Material untuk membuat pintu pun bermacam-macam ada kayu, besi, kaca, dan lain sebagainya. Selain itu, anda dapat memilih daun pintu satu ataupun dua. Umumnya dalam desain minimalis pintu yang dibutuhkan adalah yang berdaun pintu satu.

Yang harus diperhatikan untuk memilih pintu

Untuk memilih pintu dengan gaya minimalis pun bukan hal yang mudah, tentu anda harus memikirkan kualitas dan keselarasan dengan model rumah. Namun, jangan khawatir berikut ini merupakan tips memilih pintu yang cocok untuk rumah maupun ruangan antara lain:

1.      Perhatikan sistem keamanan pintu

Pintu merupakan wajah rumah dan salah satu ciri khas yang membedakan rumah anda dengan rumah lainnya. untuk itu sebelum merancang model pintu apa yang akan dipilih, cobalah untuk mengira-ngira bagaimana penampakan rumah dan ruangan yang akan anda buat. Selain dari unsur estetika anda pun harus memperhatikan segi keamanan pintu rumah. Jadi setelah anda memasang pintu pastikan anda memberikan sistem keamanan, pastikan cara kunci pintu rumah anda.

Untuk meningkatkan sistem keamanan pintu rumah anda, maka anda bisa melengkapinya dengan teralis besi dan gorden. Pemasangan gorden juga dapat menjaga privasi penghuni rumah dari tetangga sekitar.

2.      Kombinasi material pintu untuk fungsi yang maksimal

Fungsi pintu bukan hanya sebagai akses keluar masuk saja, namun juga sebagai sirkulasi udara agar rumah terasa lebih sejuk. Untuk itu pilihlah bentuk pintu yang memudahkan asupan udara supaya sirkulasinya lebih lancar.

Untuk itu, anda dapat memakai pintu minimalis ang berbentuk gawang (kusen). Selain itu anda juga bisa mengkombinasikan ke 2 bahan dalam pintu seperti kayu dan kaca. Jika anda ingin memisahkan pintu berbahan kaca anda dapat memilih salah satu diantara pintu kristal yang bening ataupun buram. Penambahan kaca pada pintu rumah dapat membantu cahaya masuk ke dalam ruangan. Sehingga anda pun lebih hemat energi.

3.      Pemilihan bahan yang berkualitas

Apabila anda memilih pintu dengan material kayu, maka pilihlah kayu yang berkualitas. Sebenarnya ada banyak pilihan jenis kayu yang dapat anda jadikan sebagai pintu dan kusen. Jenis kayu tersebut antara lain kayu jati, kayu mahoni, kayu nangka, kayu ulin, kayu kamper, kayu bangkirai, kayu glugu, dan jenis kayu Kalimantan lainnya.

Selain itu, pastikan anda melapisi papan kayu dengan cat minyak. Cat minyak digunakan agar pintu atau kusen rumah anda tidak mudah diserang raya dan rusak karena perubahan cuaca. Selain itu, anda harus memperhatikan tekstur kayu yang digunakan, usahakan memilih kayu yang keras dan ulet.

Berbagai material terbaik untuk membuat kusen pintu tahan lama

Bukan hanya material kayu saja, sebenarnya ada beberapa material yang dapat anda pakai untuk rumah. Selain fungsinya yang baik. Beberapa material ini juga terbukti awet dan tahan lama hingga puluhan tahun, antara lain:

  • Kusen Vinyl, jenis ini terbuat dari PVC
  • Kusen pintu aluminium, berbahan aluminium yang tahan terhadap panas
  • Kusen figerglass, jenis ini memiliki ketahanan lebih baik dibanding Vinyl
  • Kusen pintu cor, terbuat dari beton sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca
  • Kusen baja ringan, kusen baja ini cenderung lebih kuat dibanding kusen pintu aluminium

 

 

Memilih Cat Besi Yang Cocok Untuk Perlindungan Terbaik Tralis Jendela

Memilih Cat Besi Yang Cocok Untuk Perlindungan Terbaik Tralis Jendela

Cat merupakan salah satu bagian material finishing yang sangat umum dipakai, pada beberapa komponen rumah. Berbeda material bangunan, maka jenis cat yang dipakai pun berbeda seperti cat kayu untuk komponen bangunan material kayu, cart tembok untuk dinding rumah, hinggan cat besi untuk komponen dengan material besi.

Cat besi sendiri termasuk dalam jenis cat minyak, dan diformulasi khusus agar mampu menempel kuat dan melindungi material besi. Cat besi sendiri sangat sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengecat bagian rumah seperti pagar, pintu besi, hingga teralis besi. Sehingga besi pun terhindari dari karat.

Selain fungsinya sebagai pelindung anti karat, cat besi ternyata dapat memperindah tampilan rumah anda. Tentu memilih cat tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu diperlukan cat besi terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips ynag dapat diterapkan saat memilih cat besi berkualitas antara lain:

1.      Perhatikan bahan dasar cat yang akan dipakai

Meskipun pada umumnya cat besi berbahan dasar minyak, namun ternyata ada beberapa cat besi yang berbahan lateks. Cat besi yang berbahan lateks biasanya lebih cepat kering serta tidak mudah terbakar. Selain itu, cat tersebut mudah diaplikasikan ulang dan dibersihkan. Meskipun memiliki kelebihan namun, cat lateks biasanya tidak tahan lama dan dapat membuat permukaan besi berkarat jika primer tidak diaplikasikan terlebih dahulu.

Sedangkan, pada cat besi yang berbahan dasar minyak umumnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk diaplikasikan ke permukaan besi. Saat cat kering, cat tersebut tidak mudah terkelupas, tergores, ataupun ternodai. Cat besi yang berkualitas tinggi pun tidak perlu mengoleskan primer terlebih dahulu agar lapisan cat tampak lebih mulus.

2.      Pastikan formulasi cat dibuat anti karat

Salah satu kelemahan dari komponen rumah dengan material besi adalah tidak tahan air dan lembab, karena hal tersebut dapat menyebabkan besi berkarat. Untuk itu, salah satu manfaat cat besi yang berkualitas adalah melindungi besi dari karat.

Meskipun cat dasar anda telah anti karat, akan lebih baik lagi jika cat yang dipakai untuk finishing juga diformulasikan anti karat. Dengan demikian, tralis besi jendela anda tidak hanya tampil cantik, namun memiliki daya tahan extra dari cat yang anda aplikasikan.

3.      Pastikan cat juga anti jamur dan tahan terhadap cuaca esktrim

Sebenarnya karatan bukan hanya masalah yang dimiliki pada tralis besi jendela anda, terdapat permasalahan lain yang tak boleh anda abaikan yakni jamur dan cuaca yang ekstrim. Untuk itu, pastikan jika cat yang anda pilih mempunyai formula anti jamu dan parasit lainnya. serta tahan terhadap segala bentuk cuaca.

Hal ini sangat penting apalabi jika cat besi diaplikasikan pada area luar rumah seperti pagar. Cat besi tentu harus sanggup menahan cuaca panas dan hujan. Pilihlah cat pun tidak mudah terkelupas dan pudar ataupun ditumbuhi jamur. Sehingga, tampilan rumah tetap menarik dari waktu ke waktu.

4.      Pemilihan warna cat harus tepat

Setelah memastikan cat besi yang anda pakai memiliki daya tahan yang kuat dan melindungi besi dari berbagai masalah baik itu karat, jamur ataupun cuaca yang ekstrim. Maka pastikan anda memilih warna yang selaras dengan rumah anda.

Namun, perhatikan pula komposisi antara zat pigmen pewarna dan zat antikorosi. Hal ini karena penggunaan pigmen warna tertentu terkadang mengurangi fungsi cat itu sendiri.

Jenis Pintu Geser Yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Jenis Pintu Geser Yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Dibandingkan pintu engsel biasa, terkadang banyak orang yang lebih memilih pintu geser untuk ruangan ataupun pintu utama rumah. Karena penggunaan pintu geser ini dapat menghemat tempat sehingga ruangan tampak lebih luas. Bukan hanya itu, ada berbagai inovasi menarik yang membuat pintu geser kini berkembang dan dapat mempercantik tampilan rumah anda. Modelnya yang beraneka ragam membuat pintu ini menjadi ciri khas rumah anda.

Penempatan berbagai jenis pintu geser

Namun, ada baiknya anda tidak boleh asal-asalan dalam memiliki ataupun menempatkan pintu jenis ini pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Selain harus menyesuaikan dengan desain pintu dengan konsep rumah anda, variasi pintu pun memiliki fungsinya masing-masing. perbedaan jenis pintu geser juga dapat dilihat dari bahan baku ataupun cara menggeser saat hendak dibuka atau ditutup.

Berikut ini ada beberapa pilihan pintu geser yang dapat anda gunakan di rumah, simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Pintu geser kayu

Material kayu yang solid dan tidak tembus pandang cocok untuk dipakai pada ruangan yang membutuhkan privasi. Contohnya, pintu geser kayu sangat cocok dipakai untuk pintu gudang berbagai barang yang menumpuk di gudang tentu membutuhkan ruang yang luas. Pemakaian pintu geser jenis ini akan memberikan ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang lain tanpa harus menyisakan tempat untuk membuka dan menutup pintu.

Bahkan ruang kecil seperti tempat penyimpanan peralatan rumah tangga juga dapat menggunakan jenis ini. penggunaan pintu untuk ditempatkan sebagai pintu lemari dapat terlihat menyatu dengan ruangan tersebut.

2.      Pintu geser kayu dan panel kaca

Jenis pintu ini sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan pribvasi dan konektivitas dengan ruangan lain di waktu yang bersamaan. Misalnya, ruang kerja dengan ruang membaca. Saat malkukan kegiatan di dalam ruangan tersebut, tentu anda perlu memicahkan aktivitas di satu ruangan dengan ruangan lainnya. sehingga anda pun akan lebih fokus dalam bekerja.

Adanya panel kaca tersebut dapat menjadi penghubung antara dua ruangan tanpa harus mengganggu siapa saja yang sedang beraktivitas di dalam ruangan. Penggunaan pintu geser ini umumnya dipakai pada bangunan umum seperti, kantor, sekolah, klinik kesehatan dan lain-lain.

3.      Pintu geser kaca buram

Dalam posisi tertutup, pintu geser buram akan membatasi penglihatan orang lain di luar ruangan. Meskipun demikian cahaya masih dapat masuk dan keluar secara samar-samar.  Pemakaian pintu ini umumnya disesuaikan dengan konsep dan karater ruangan dalam rumah. Pintu geser kaca buram ini biasanya dibuat tanpa bingkai ataupun dengan bingkai yang terbuat dari material kayu atau alumunium. Pintu jenis ini yang tidak berbingkai akan menunjukkan kesan modern bagi ruangan.

Anda dapat menempatkan pintu geser pada bagian dapur. Kondisi dapur yang terkadang kotor setelah masak dapat tertutupi karena pemakaian pintu geser kaca buram.

Masalah pada pintu geser

Sebenarnya pintu geser cenderung lebih sulit diperbaiki dibandingkan pintu konvensional. Sebenarnya pintu geser telah ditemukan pada ratusan tahun lalu di Jepang. Meskipun dapat menghemat tempat, namun ternyata pintu ini cukup sensitif digunakan. Terutama jika ada kotoran atau debu yang mengganjal pada rel alumunium pada bagian bawah atau atas. Kerusakan yang sering terjadi pada pintu geser terletak pada rel dan rodak yang ‘seret’ sehingga cukup rumit untuk diperbaiki.

Untuk mempebaikinya anda perlu memperhatikan rel alumunium bagian atas dan bawah pintu, gunakan minyak aerosol sebagai pelumas pada kunci pintu. Kemudian kencangkan skrup pada pintu geser.

Apakah Listrik Di Rumah Anda Sudah Aman?

Apakah Listrik Di Rumah Anda Sudah Aman?

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup bagi seluruh keluarga Indonesia. Listrik digunakan sebagai penerangan dari rumah ke rumah, sehingga hampir semua daerah di Indonesia kini telah disinari oleh lampur-lampu.

Mengingat pemasangan listrik yang telah merata, tentu menjadi kabar gembira. Namun, sebagai pemiliki rumah tentu anda perlu memastikan apakah instalasi listrik di rumah terpasang baik dan aman. Saat anda hendak memasang instalasi listrik, baik itu pemasangan bagi rumah baru, atau penambahan pada instalasi listrik yang sudah ada. untuk melakukan itu semua, kebanyakan orang memakai jasa tukang listrik agar proses instalasi aman dan tidak memicu korsleting.

Mengingat bahaya yang dapat terjadi jika pemasangan listrik kurang baik dan tidak aman, tentu anda perlu memastikannya sendiri. Akan tetapi, masih ada sebagian orang yang minim pengetahuan mengenai pemasangan instalasi rumah. Untuk memastikan apakah instalasi di rumah anda berkemungkinan kecil mengalami korsleting listrik atau kebaran akibat arus pendek listrik. Berikut ini adalah tanda pemasangan listrik yang aman bagi rumah anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Pastikan instalasi listrik di rumah lengkap dengan MCB

Jika rumah anda memakai listrik dari PLN, umumnya pada bagian KWH-Meter telah dilengkapi dengan MCB. MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu komponen instalasi yang berfungsi sebagai sistem proteksi pada instalasi apabila terjadi beban berlebihan serta hubung singkat arus listrik atau korsleting.

Untuk mengetahui apakah MCB terpasang sesuai dengan daya listrik sebenarnya mudah yaitu:

  • Jika daya listrik yang terpasang di rumah anda dalah 900 Watt, maka MCB yang dipakai adalah MCB 4A
  • Jika daya listrik yang terpasang di rumah anda dalah 1300 Watt, maka MCB yang dipakai adalah MCB 6A
  • Jika daya listrik yang terpasang di rumah anda dalah 2200 Watt, maka MCB yang dipakai adalah MCB 10A

Pastikan ukuran MCB yang dipasang di rumah anda sesuai dengan daya yang listrik yang terpasang. Selain itu, pilihlah MCB yang berstandar SNI dan terpasang dalam Box MCB.

2.      Lengkapi dengan Pengamanan anti kontak

Selain MCB, instalasi rumah anda juga harus dipasang pengaman anti kontak. Pengamanan Anti kotak biasanya dikenal sebagai Earth Leakage Circuit Breaker atau ELCB, artinya memutuskan sumber listrik jika ada kebocoran listrik ke bumi. Pastikan jika ELCB yang dipakai adalah khusus untuk mengaman kan penghuni rumah atau tukang instalasi dari setruman listrik.

Bukan hanya itu, pastikan pula anti kontak atau ELCB sudah terpasang dengan tepat dan dilengkapi dengan Box pengaman. Penting untuk memastikan keamanan diri dan anggota keluarga dari bahaya sengatan listrik dengan memasing ELCB pada instalasi listrik di rumah anda.

3.      Periksa jenis kabel listrik yang digunakan

Kabel tentu menjadi komponen yang tidak kalah penting, pemasangan jenis kabel yang tidak sesuai dapat mengakibatkan instalasi listrik di rumah menjadi kurang baik dan tidak aman. Untuk itu, pastikan jika kabel listrik yang dipakai anda sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah kabel berstandar SNI dan LMK.

4.      Periksa ukuran kabel yang anda pakai

Selain jenis kabel, ukuran kabel tentu juga hal yang tak boleh diabaikan. Ukuran kabeh di rumah harus disesuaikan dengan daya listrik di rumah anda. Apabila ukuran kabel terlalu kecil maka mengakibatkan kabel mudah panas dan terbakar.

Untuk itu, pastikan jika ukuran kabel listrik yang dipakai untuk instalasi listrik di rumah sesuai dengan Kemampuan Handar Arus (KHA).

Dindin Kamar Mandi Sering Lembab Dan Berjamur? Simak Cara Tepat Mengatasinya

Dindin Kamar Mandi Sering Lembab Dan Berjamur? Simak Cara Tepat Mengatasinya

Kamar mandi merupakan bagian rumah yang sangat penting, selain itu kamar mandi juga sering menjadi bagian yang paling lembab dan harus diperhatikan kebersihannya. Karena sering terkena air secara langsung terkadang dinting kamar mandi menjadi lembab dan berjamur sehingga rumah anda terlihat kotor dan tentunya mengganggu kesehatan anggota keluarga.

Terkadang masalah tersebut menjadi PR tersendiri bagi anda, banyak orang yang kebingungan bagaimana cara membersihkan dinding kamar mandi sehingga tidak mudah terserang jamur. Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jamur pada dinding kamar mandi dan bagian rumah lainnya.

Mengatasi dinding rumah yang berjamur dan berjamur

Dinding yang berjamur dan lembab sebenarnya juga bisa disebabkan oleh adanya keretakan. Sehingga memungkinkan air dan udara untuk masuk pada bagian dinding. Jika tidak segera ditangain maka dinding pun akan berjamur dan merusak keindahan rumah anda. Dinding yang berjamur dapat mendatangkan penyakit seperti medis, alergi, dan infeksi.

Tentu anda tak ingin mengalami hal tersebut bukan? Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi dinding berjamu antara lain:

Bahan dan alat yang perlu disiapkan:

  • Air bersih
  • Cuka masak
  • Botol semprotan
  • Cat dasar waterproof
  • Cat finishing (usahakan sesuai dengan warna rumah anda)
  • Kuas, tempat cat dan kuas rol
  • Almplas halus dan kasar
  • Scraper atau pengeruk dinding
  • Semen putih
  • Sarung tangan

Cara mengatasi dinding yang lembab dan berjamur

Setelah bahan-bahan yang disebutkan telah anda lengkapi, maka berikut ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi dinding yang lembab dan berjamur:

  1. Pertama, masukan air bersih dan cuka masa dalam botol semprotan. Setelah itu kocok hingga kedua bahan tersebut bercampur dengan rata, kemudian sisihkan.
  2. Sebagai catatan, perbandingan yang anda pakai adalah 1:1 untuk dinding dengan jumlah jamur yang banyak. Serta 5:1 untuk jumlah jamur yang tidar terlalu banyak. Kemudian larutkan cuka tersebut berfungsi agar jamur yang menempel pada dinding menghilang.
  3. Untuk membersihkan dinding pastikan anda memakai sarung tangan, entah itu karet atau plastik
  4. Kemudian, semprot bagian dinding yang berjamur dan lembab dengan larutan air cuka tersebut secara merata. Selanjutnya, biarkan permukaan mengelupas sendiri.
  5. Kerik seluruh permukaan dinding yang terkelupas dengan menggunakan kape dempul
  6. Setelah proses pengerikan selesai, maka tampilan dinding pun akan menjadi kasar dan berlubang. Untuk itu gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan dinding tersebut menggunakan amplas kasar. Lakukan hingga merata
  7. Setelah mengamplas, tambal dinding yang berlubang dengan semen putih. Olehkan semen hingga terlihat merata lalu biarkan bagian yang ditambal mengering. Semen putih dipilih karena memiliki siat yang cepat kering dibandingkan jenis lainnya.
  8. Lanjut ke proses berikutnya, setelah dinding kering amplaslah dengan amplas halus.
  9. Setelah tampak lebih halus, gunakan cat dasar waterproof untuk melapisi dinding. Oleskan cat secara menyeluru keseluruh bagian dinding.
  10. Setelah cat dasar mengering, maka lapisi kembali dinding dengan cat yang sesuai dengan warna rumah anda. Sehingga tampilan dinding kembali indah seperti baru.

Jika anda merasa kerepotan dengan berbagai proses di atas, maka tak ada salahnya untuk meminta bantuan tukang. Apalagi jika anda termasuk seorang pegawai kantor yang menghabiskan sebagian waktunya di tempat kerja. Jangan sampai karena tak sempat memperbaiki kesehatan seluruh anggota keluarga terancam karena dinding yang berjamur dan lembab.

Untuk Memastikan Instalasi Listrik Di Rumah Aman, Berikut Adalah Tipsnya

Untuk Memastikan Instalasi Listrik Di Rumah Aman, Berikut Adalah Tipsnya

Listrik kini menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, listrik dipakai untuk penerangan rumah, mengisi daya baterai handphone atau laptop, menyalakan media elektronik seperti radio atau TV, hingga mambantu pekerjaan sehari-hari. Untuk itu pemasangan instalasi listri perlu diperhatikan betul agar terhindar dari korsleting atau kebakaran.

Untuk memastikan apakah instalasi listrik di rumah anda aman atau tidak berikut ini ada beberapa tips yang sebaiknya anda perhatikan saat ingin memasang listrik di rumah antara lain:

1.      Memahami denah untuk instalasi listrik

Hal pertama yang pasti anda perhatikan adalah menyesuaikan penempatan box Miniature Circuit Breaker atau MBC, lampu, sakelar, serta stopkontak pada denah rumah anda. Bukan hanya itu saja pastikan pula jumlah stopkontak yang anda miliki cukup untuk seluruh keperluan rumah tangga, posisikan penempatan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah, seperti saklar lampu berada di dekat pintu untuk menghindari adanya kesalahan dan kenyamanan anda dan keluarga pun tidak terganggu.

2.      Gunakan kabel yang berstandar SNI saat melakukan instalasi listrik

Saat anda ingin memasang instalasi listrik di rumah maka wajib menggunakan kabel berstandar SNI. Untuk menjamin jika kabel tidak mudah tekelupas atau terkikis. Penggunaan kabel listrik pun bermacam-macam seperti kabel berdiameter 2,5 cm yang dapat menampung aliran daya listrik hingga 5.000 watt pada rumah yang memiliki luas 70 meter persegi.

Jika ingin menyalurkan listrik pada perangkat rumah tangga seperti lampu, maka disarankan anda memakai kabel dengan diameter 1,5 mm yang aman untuk diaplikasikan pada jalur stopkontak serta lampu dengan daya listrik 100 watt. Selain itu, bungkus kabel listrik dengan pipa conduit lentur, sehingga mempermudah anda dalam penggantian dan menjamin arus listrik tetap stabil meskipun digigit tikus ataupun tergencet sesuatu.

3.      Pembagian jalur kabel saat instalasi listrik

Akan lebih baik jika jalur kabel anda sesuaikan dengan keperluan instalasi listrik di rumah anda, seperti AC, lampu, perlengkapan eletronik dapur, stopkontak, popa air, serta MCB cadangan. MBC atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu peralatan listrik untuk memutuskan aliran listrik dalam satu grup saluran listrik saat terjadi korsleting ataupun pemakaian yang berlebihan.

4.      Usahakan untuk memisahkan jalur listrik khusus perangkat elektronik ynag membutuhkan daya besar

Untuk peralatan eletronik berdaya besar ada baiknya anda menyendirikan jalur listrik tujuannya agar tidak mengganggu penggunaan listrik peralatan lain dan keamanan penghuni rumah. Contoh peralatan yang membutuhkan daya listrik yang besar adalah AC, Water Heater, serta pompa air. Mungkin anda pernah menemui kasus kelip lampu ruangan yang tidak stabil saat AC dinyalakan, pembagian jalur saat instalasi listrik rumah akan membuat kabel lebih tahan lama karena beban arus listrik tidak terlalu besar.

5.      Gunakan steker yang berkualitas

Salah satu hal yang harus anda perhatikan saat instalasi listrik di rumah adalah penggunaan steker yang berkualitas. Gunakan steker yang stabil dan tidak longgar, terlebih saat terdapat penumpukan pada satu titik. Hal ini dapat berakibat terjadinya lompatan arus dan membuat peralatan listrik lebih cepat rusak jika aliran tidak terkoneksi dengan sempurna.

6.      Selalu cek kualitas instalasi listrik rumah secara rutin

Setelah instalasi listrik di rumah anda telah dilakukan beberapa bulan atau tahun sebelumnya, maka cobalah luangkan waktu untuk melakukan pengecekan aliran arus listrik di rumah anda. Jika anda menemukan kabel yang terkelupas, bengkok, atau selubung yang mulai mengeras maka tandanya anda harus menganggantinya dengan kabel yang baru.

 

Mengaplikasikan Cat Kayu Pada Pintu Dan Jendela Rumah Agar Tampak Natural

Mengaplikasikan Cat Kayu Pada Pintu Dan Jendela Rumah Agar Tampak Natural

Apakah di rumah anda jendela dan pintu tampak usang dan tak terawat? Cat pintu atau jendela yang memudar tentu akan berpengaruh pada tampilan rumah anda. Tentu setiap orang ingin memiliki rumah dengan tampilan baru dan indah untuk dipandang. Sebenarnya ada berbagai model dan warna yang bisa dipilih untuk mempercantik rumah, apalagi pintu adalah satu-satunya akses dimana tamu akan memasuki rumah. Tak heran jika pintu rumah dapat dijadikan gambaran bagaiman kondisi dalam rumah tersebut.

Cat untuk pintu dan jendela kayu

Penggunaan cat pada jendela dan pintu tentu perlu diperhatikan khususnya ketahanan lapisan perlindungan dan kecerahan warnanya. Coba anda ingat-ingat kira-kira sudah berapa lama cat pada pintu dan jendela bertahan? Apakah lebih dari tiga atau lima tahun? Jika warna cat kayu mulai luntur dan terjadi beberapa kerusakan seperti retak dan tumbuh jamur artinya anda harus segera merawatnya.

Sebaiknya anda melakukan pengecatan ulang, agar pintu maupun jendela lebih terlindungi. Selain itu, gunakan cat dengan warna yang solid sehingga mempercantik rumah anda. Ada baiknya anda memilih warna yang selaras dengan gaya rumah sehingga tampilannya pun tampak lebih natural.

Jika pintu rumah anda adalah jenis kayu yang memiliki serat indah maka sebaiknya gunakan warna kayu natural. Warna ini akan lebih menonjolkan serat kayu pada pintu rumah anda. Bukan hanya itu kesan natural akan semakin tampak karena pintu rumah terlihat lebih mengkilap.

Aspek perlindungan pada furniture

Ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan dalam merawat rumah salah satunya adalah aspek perlindungan pada furniture khususnya pintu dan jendela. Hal ini mencakup beberapa aspek antara lain:

1.      Panas matahari

Jendela dan pintu tentu menjadi bagian yang luar rumah yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Panas matahari ternyata dapat membuat warna lebih cepat luntur dan kusam. Akan tetapi cat kayu dipercaya memiliki ketahanan yang baik terhadap panas sinar matahari.

2.      Kelembaban atau hujan

Menjelang musim penghujan terkadang bukan hanya curah hujan saja yang meningkat namun udara lembab terkadang membawa air dan menempel pada lapisan luar jendela atau pintu rumah. Baik air hujan maupun udara yang lembab, keduanya sama-sama memiliki kandungan air yang dapat meresap kedalam kayu jendela ataupun rumah. Kondisi ini tentu berakibat menimbulkan jamur dan tampilan rumah pun semakin buruk.

Selain tahan akan panas matahari, penggunaan cat tenyata terbukti tahan akan suhu dingin dan berair. Sehingga anda dapat mencegah terjadinya kerusakan, karena air tidak akan meresap ke dalam jendela dan pintu. Lapisan coating yang telah terbentuk, akan melindungi kayu dari jamur.

3.      Perubahan cuaca

Kerusakan yang paling cepat dialami oleh kayu adalah pelapukan. Pelakukan sering kali dipicu karena perubahan suhu udara yang ekstrim dan terus menerus. Perubahan cuaca yang silih berganti mengakibatkan perubahan ukuran kayu yang bisa mengembang atau menyusut.

Namun penggunaan cat pelindung pada pintu dan jendela rumah anda akan mencegah pelapukan karena banyak merk cat kayu yang terbukti memiliki kemampuan untuk mengikuti perubahan bentuk kayu baik saat memuai atau menyusut.

4.      Jamur dan rayap

Kedua hal tersebut terkadang menjadi pr besar bagi penghuni rumah. Jamur muncul karena kondisi kayu yang lembab. Serta rayap merupakan serangga yang akan menggrogoti kayu sehingga kayu akan keropos dan lapuk. Namun anda tak perlu khawatir serangan jamur maupun rayap dapat diatasi dengan melapisi pintu dan jendela dengan cat pelapis perlindungan.

Menengok Kusen UPVC Pengganti Alumunium Dan Kayu

Menengok Kusen UPVC Pengganti Alumunium Dan Kayu

Membangun sebuah rumah tentu perlu persiapan yang matang, bukan hanya dari segi biaya sajanamun juga bahan dan komponen rumah seperti pintu dan jendela. Kedua hal tersebut merupakan komponen yang penting selain karena akses keluar masuk, pintu dan jendela dapat menjadi penerang alami rumah di siang hari. Akan tetapi, saat ini kondisi cuaca semakin tidak menentu, mengingat jika keduanya merupakan bagian rumah yang terpapar langsung oleh cuaca maka ada baiknya memilih bahan yang awet dan berkualitan tinggi.

Saat ini sudah banyak jenis kusen yang dijual di pasaran mulai dari kayu hingga alumunium. Namun, kedua produk tersebut terkadang memerlukan perawatan khusus, untuk itu anda tak perlu risau karena saat ini telah tersedia UPVC. UPVC merupakan terobosan baru yang dapat mengatasi masalah jendela dan pintu agar lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim sekaligus menggantikan kusen berbahan alumunium dan kayu.

Apa yang dimaksud dengan UPVC

UPVC atau Unplasticied Poly Vinyl Chloride adalah jenis kusen yang mengandung 85 persen PVC sedangkan sisanya merupakan titanium seperti Ocide, Filler, stabilizer, serta modifier. Kekuatan UPVC berasal dari rangka besi yang menjadi pelengkap pada jendela dan pintu. Namun bila dilihat semakin berkembangnya teknologi, proses pembuatan UPVC kini ditambahkan bahan baku serat karbon. Penggunaan UPVC pertama kali dikenalkan oleh negara eropa, namun hasil produk mereka tentu memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran.

Jika ingin memiliki produk UPVC namun dengan harga yang sedikit lebih murah maka anda dapat memilih produk  UPVC dari China. Ciri produk UPVC yang berkualitan terlihat dari produk kokoh serta berat yang ringan, selain itu bentuk permukaan terlihat halus dan berwarna asli.

Kelebihan dari UPVC  untuk pintu rumah anda

Dalam pasarannya UPVC memiliki berbagai varian pintu yang dapat anda pilih yakni Pintu Swing (single door, single/fixed combination, french door), Pintu UPVC Foling, Pintu Sliding (Double slider, single slider, 3 panel, 4 panel, dan 3 track) serta pintu lipat.

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh pintu dan jendela UPVC antara lain:

  • Meskipun perubahan cuaca yang ekstrim tidak membuat warna pintu/jendela pudar serta tak mudah keropos
  • Karena warna tak mudah berubah atau memudar maka mempersulit anda dalam merawat. Yang dilakukan cukup dengan cat ulang. Selain itu permukaan kusen lebih halus dan tidak berpori-pori
  • Dirancang khusu untuk menghambat api yang menjalar sehingga meminimalisir kebakaran.
  • Tahan terhadap unsur garam sehingga pintu atau jendela tak mudah berkarat
  • Tahan terhadap serangan rayap
  • Baik pintu maupun jendela UPVC tidak mengalami kebocoran dan rembesan air, sehingga meminimalisir masuknya air ke dalam ruangan.
  • Bahan UPVC merupakan bahan non-metal sehingga sanggup menjaga suhu ruangan lebih stabil karena dapat menghambat suhu panas dengna baik. Dengan begitu suhu udara dalam ruangan tidak dapat dipengaruhi suhu luar ruangan.
  • Harga yang ditawarkan oleh pintu dan jendela UPVC cenderung tidak mengalami pelonjakan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Kelebihan dari UPVC untuk jendela rumah anda

Sama seperti pintu jendela UPVC memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kusen jendela yang terbuat dari kayu atau aluminium, antara lain:

  • Memiliki sistem kunci ganda sehingga keamanan rumah anda lebih terjamin
  • Tahan terhadap serangan rayap, jadi akan lebih menghemat biaya perawatan
  • Dengan sistem double sealed, privasi penghuni rumah akan lebih terjamin, sangat cocok bagi studio musik, bengkel, kantor, dan lain sebagainya.
  • Cara membersihkan jendela lebih mudah
  • Tahan terhadap perubahan cuaca yang esktrim dan api

 

Cara Mudah Merawat Kusen Kayu Dan Kaca Jendela Rumah

Cara Mudah Merawat Kusen Kayu Dan Kaca Jendela Rumah

Jendela adalah salah stau komponen penting saat membangun rumah, jendela diperlukan untuk sirkulasi udara dalam rumah serta membiarkan cahaya masuk sehingga rumah menjadi lebih terang di siang hari. Saat ini ada banyak model dan ukuran jendela yang akan mempercantik tampilan rumah anda, namun model ukuran serta warna saja tidak cukup. Untuk mempertahankan estetika jendela perlu adanya perawatan. Merawat jendela rumah tentu bukan hal yang sulit, simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Merawat kusen kayu jendela

Kusen merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah jendela karena adanya kusen akan memperindah tampilan jendela. Selain itu kusen juga menjadi penahan kaya jendela, memang perlu adanya perawatan secara rutin khususnya kusen yang terbuat dari kayu. Salah satu masalah yang muncul pada kusen jendela kayu adalah keropos karena dimakan oleh rayap atau menjadi kering karena terpapar sinar matahari secara langsung.

Perawatan pada kusen kayu memang cukup kompleks dan  perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin. Berbeda jika anda menggunakan kusen berbahan dasar aluminuam yang lebih ringan perawatannya. Hampir sebagian besar kerusakan yang terjadi pada kusen kayu berbahan kayu berasal dari serangan rayap.

Tingkat kelembaban pada kayu yang semakin mengering akibat tidak adanya perawatan secara intensif adalah penyebab kenapa kusen jendela rumah anda dimakan rayap. Untuk mengatasi hal ini maka ada baiknya anda menggunakan lapisan atau cat pelinding yang mengandung anti rayap. Oleskan cairan tersebut ke seluruh permukaan kusen secara merata.

Selain menggunakan cat atau lapisan anti rayap, adapun perawatan rutin yang perlu anda perhatikan. Seperti membersihkannya setiap 3 hari sampai satu minggu sekali. Jika tampilan warna kusen kayu mulai memudar maka cat ulang dengan warna yang terlihat natural dan selaras dengan rumah anda.

Merawat kaca jendela

Banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada kaca jendela rumah menjadi terlihat buran atau kusam. Kaca jendela memang salah satu bagian rumah yang mudah terlihat kotor, bukan hanya itu jika kita tidak berhati-hati kaca jendela juga rentan retak dan pecar. Jika sudah demikian tentu kita harus berhati-hati jangan sampai kerusakan kaca jendela mempengaruhi tampilan rumah anda.

Memiliki kaca bening dan bersih tentu dambaan setiap penghuni rumah, untuk itu ada baiknya kita rajin-rajin membersihkannya. Apalagi jika kaca jendela rumah anda bagian terluar dari rumah yang lebih rentan terkena debu, polusi dan paparan matahari secara langsung.

Saat ini sudah banyak merk pembersih kaca yang membantu anda merawat kaca jendela sehingga terlihat bersih dan bening. Namun untuk membersihkan kaca jendela ada beberapa peralatan yang sebaiknya ada persiapkan seperti: alat pembersih kaca jendela, ember yang berisikan air bersih, cairan pembersih, spons atau koran bekas (tujuannya untuk membersihkan noda kaca yang membandel), kain lap bersih.

Untuk membersihkan kaca jendela seperti baru, caranya sangat mudah yakni:

  • Mulailah membersihkan kaca dari sisi dalam rumah
  • Jangan lupa meletakan lap di bawah jendela untuk menangkap tetesan sisa-sisa cairan pembersih agar tidak mengotori lantai
  • Gunakan cairan pembersih terpercaya untuk membersihkan kaca jendela rumah anda. Jika produk yang anda pilih berbentuk semprotan maka hal ini akan mempermudah anda. Namun jika tidak tuangkan cairan pembersih dalam ember yang berisikan air, aduk hingga buih. Celupkan spons kemudian peras. Spons tersebut dapat anda gunakan untuk menyeka kaca.

Bingung Memilih Kusen Kayu Atau Aluminium Untuk Jendela Rumah Anda? Simak Penjelasannya!

Bingung Memilih Kusen Kayu Atau Aluminium Untuk Jendela Rumah Anda? Simak Penjelasannya!

Jendela merupakan komponen rumah yang memiliki banyak manfaat, selain keluar masuk udara dari dalam rumah. Jendela juga dapat menjadi pencahayaan alami saat siang hari yang bersumber dari sinar matahari.

Dulu mungkin kita lebih mengenai kusen jendela berbahan kayu, akan tetapi seiring kemajuan penggunaan kusen saat ini berubah ke aluminium. Apalagi saat ini jumlah kayu di hutan semakin sedikit kaibat dari pemanasan global, bencana alam, hingga ulah manusia, atas dasar hal tersebut kusen aluminium menjadi solusinya. Meskipun sudah banyak dipasarkan terkadang masih banyak orang yang mencari kusen jendela berbahan kayu untuk rumah mereka.

Agar membantu anda memilih bahan jendela yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kusen berbahan kayu serta kusen berbahan aluminium antara lain:

Kusen berbahan kayu

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kusen berbahan kayu sebagai berikut ini:

  • Tersedia dengan berbagai variasi bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda dapat memilih model kusen tradisional, modern, minimalis, klasik dan lain sebagainya.
  • Kusen kayu dapat diterapkan pada desain rumah bergaya apa saja
  • Kayu mempunyai kelebihan yakni tampilan yang lebih natural sesuai dengan jenis kayu
  • Bahan kayu cenderung lebih kuat sesuai jenisnya misalnya kayu jati, kaper, hingga ulin ditambah lagi setelah melalui proses pemanggangan yang baik
  • Kayu cenderung lebih fleksibel untuk diubah bentuknya sesaui dengan desain yang anda inginkan, misal melengkung atau lurus, dan dapat menahan panas maupun dingin dari luar ruangan.
  • Dengan kusen berbahan kayu akan menambah tampilan rumah lebih alami

Meskipun memiliki kelebihan tersebut, namun ternyata terdapat beberapa kekurangan pada kusen berbahan kayu, sebagai berikut ini:

  • Sulitnnya menjangkau kualitan kayu yang baik
  • Rentan terhadap serangan rayap, memerlukan perawatan rutin dengan cat atau coating agar jendela tetap awet. Mudah mengalami rembesan air sehingga volume kayu dapat berubah, hal ini berakibat pada pemuaian pada salah satu sudut sehingga anda akan kesulitan saat menutup atau membuka jendela.
  • Harga yang cenderung lebih mahal bila dibanding berbahan aluminium. Harga tersebut mencakup biaya proses pembuatan, pemasangan, hingga perawatan.

Kusen berbahan Aluminium

Selain kusen berbahan kayu, kusen aluminium pun sering dilirik oleh banyak orang. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki sebagai berikut ini:

  • Tahan terhadap keropos sehingga kemungkinan kecil dimakan rayap
  • Lebih tahan lama, dan tidak mudah mengalami perubahan dan penyusutan bentuk atau melengkung yang disebabkan oleh perubahan cuaca
  • Mudah dicat layaknya warna kayu, bahkan saat ini banyak motif kusen aluminium yang menyerupai serat kayu
  • Bobotnya yang ringan akan memudahkan anda dalam memindahkannya selain itu desain dapat disesuaikan dengan pesanan anda, perawatannya yang mudah membuat banyak orang lebih tertarik pada kusen jenis ini.

Selayaknya jenis kusen yang lain, kusen berbahan aluminium pun memiliki kekurangan yang perlu menjadi bahan pertimbangan anda, yaitu:

  • Ragam bentuk yang dtawarkan terbatas, umumnya kusen berbentuk minimalis dan klasik ala negara Eropa.
  • Proses pemasangan mengaplikasikan sistem fischer. Pada sistem ini dasarnya mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang dibor dan ditanam dalam kusen merapat dengan tembok rumah yang mengelilingi bentuk jendela. Kegagalan pada proses pemasangan akan berakibat fatal pada rumah ada
  • Karena pemasangan yang tidak tepat akan mengakibatkan pemuaian akibat dari perubahan suhu
  • Sambungan yang kurang pas pada siku jendela atau kaca dapat menimbulkan air hujan dapat masuk dalam ruangan

Dari penjelasan di atas semoga anda mendapatkan gambaran dan dapat mempertimbangkan mana kusen yang sebaiknya dipakai untuk rumah anda.