, , , , ,

Cara Membangun Dak Beton Anti Bocor Untuk Rumah Anda

Cara Membangun Dak Beton Anti Bocor Untuk Rumah Anda. Simak Penjelasannya

Rumah terdiri dari 3 elemen penting yang harus dimiliki yakni pondasi, dinding dan atap. Setiap bagian konstruksi masing-masing pun harus kuat. Sebenarnya ada beberapa jenis atap, salah satu yang sering ditemui adalah dak beton. Jenis ini merupakan atap yang memiliki konstruksi yang paling sering digunakan pada bangunan baik itu sebuah gedung hingga rumah sederhana. Jika anda berminat untuk membuat atap rumah dak betok simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan dak beton?

Dalam istilahnya ‘Dak’ berarti sebagai pembatas antara lantai bagian bawah dengna bagian atas. Akan tetapi dalam kehidupan konstruksi ini hanya terletak pada bagian paling atas. Sebenarnya ada banyak material yang dibuat untuk sebuah dak mulai dari beton, kayu, hingga tanah liat. Sedangkan dak benton merupakan pembatas lantai dengan bagian atap yang terbuat dari beton.

Tips membuat atap dari dak beton agar tidak mudah retak dan anti bocor

Saat proses pembuatan atap ini, ada baiknya anda menyimak beberapa hal di bawah ini agar dak beton tidak mudah retak dan awet, antara lain:

  • Sesuaikan antara kualitan dak beton dengan kebutuhan strutuk atap, khususnya untuk material yang kan diletakan dalam ukurang yang tidak wajar. Misalnya jika anda ingin menambahkan brangkas pada titik tertentu pada bagian atas dak. Maka sebaiknya anda mempertimbangkannya terlebih dahulu
  • Perhatikan pengadukan material agar adonan benar-benar merata, sebaiknya anda memperhatikan tekstur adukan usahakan tidak terlalu cair ataupun kental, dan tidak muncul segregasi (butiran terpisah) yang nantinya akan memperngaruhi kualitas pengerjaan dak beton
  • Menyiran air untuk menghindari pengerasan dak beton sebelum waktunya. Hal ini dapat diatasi dengan menaruh kain basa di atas permukaan, tujuannya agar dak beton tidak mengeras terlalu cepat.

Lalu bagaimana mengatasi kebocoran atau rembesan air terjadi sewaktu-waktu?

Kebocoran dan rembesan air bisa dibilang sebuah masalah klasik, namun masih saja merepotkan tuan rumah. Berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah kebocoran dan rembesan air, yakni:

  1. Jika terdapat keretakan pada bagian plesteran, maka anda cukup melapisinya lagi dengan adukan semen. Selanjutnya gunakan waterproofing yang berbahan dasar polyurethane (PU). Hindari pemakaian waterproofing yang berbasis semen karena jika terpapar sinar matahari langsung, maka semen akan retak. Namun, jika terjadi sedikit keretakan, maka anda cukup mengoleskan waterproofing yang ditambah dengan kassa.
  2. Jika terjadi keretakan pada beton, segera perbaiki retakan tersebut. anda dapat menggunakan adukan beton yang dicampur dengan cairan aditif.
  3. Agar air tidak dapat masuk ke dalam rumah, maka anda bisa membuat ‘corong’ dari mulut retakan tersebut menggunakan gerindra. Jangan membabat beton dengan palu, karena ini bisa membuat keretakan semakin lebar. Setelah tertutupi dengan baik, lapisi dak beton dengan waterproofing kemudian plester kembali.

Kelebihan dari dak beton

Dak beton memang memiliki beberapa kelebihan, seperti jenis atap lainnya. untuk lebih jelas berikut ini adalah kelebihannya antara lain:

  • Karena berbentuk datar atap dak beton dapat memberikan ruang tambahan bagi pemilik rumah, seperti tempat mencuci atau menjemur pakaian
  • Dak beton merupakan jenis dak yang kuat dan tidak mudah rusa. Sehingga tahan terhadap berbagai cuaca, seperti panas, hujan, ataupun terpaan angin kencang
  • Minim biaya perawatan dan lebih mudah dibersihkan, karena hanya perlu disapu atau disiram agar debu yang menempel hilang
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *