,

Cara Memilih Kontraktor

Menggunakan jasa kontraktor bisa menjadi salah satu pilihan dalam pembangunan rumah Anda. Akan tetapi, bagi yang belum pernah menggunakan jasa kontraktor sebelumnya perlu memperhatikan beberapa hal tentang bagaimana mendapatkan jasa kontraktor yang baik. Agar Anda tidak kebingungan dalam pemilihan jasa kontraktor, berikut ini terdapat beberapa faktor yang perlu diketahui, yaitu:

Kontraktor yang telah memiliki legalitas jelas

Kini mulai banyak bermunculan jasa kontraktor ahli, atau bisa dibilang tidak memiliki legalitas yang jelas. Oleh karena itu, sebelum menggunakan jasa kontraktor cari informasi sebanyak-banyaknya terutama tentang legalitas, seperti izin usaha yang masih berlaku, memiliki alamat kantor yang jelas serta memiliki reputasi yang baik. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari segala resiko yang terjadi di kemudian hari. Karena kontraktor yang memiliki badan usaha yang jelas akan selalu menjaga kredibilitas serta kualitasnya.

Kontraktor yang berpengalaman 

Kontraktor yang berkualitas biasanya memiliki reputasi pekerjaan yang baik. Oleh karena itu carilah kontraktor yang memiliki pengalaman yang baik. Ciri termudah yang bisa menjadi acuan Anda dalam memilih kontraktor yaitu dengan melihat hasil kerja kontraktor pada proyek-proyek sebelumnya. Anda juga dapat melihat dari daftar pengalaman kontraktor tersebut apakah sudah banyak mengerjakan proyek yang sesuai dengan rencana pembangunan rumah Anda.

Direkomendasikan oleh pengguna jasa sebelumnya

Hal ini juga tak kalah penting dan patut untuk dipertimbangkan. Rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya dapat menjadi salah satu indikator bahwa kontraktor tersebut berkualitas dan dapat dipercaya. Terlebih jika sudah mengenal pengguna jasa sebelumnya, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pekerjaan serta hal-hal penting lainnya. 

Kontraktor dengan harga yang wajar

Dalam hal ini memang sangatlah perlu Anda perhatikan. Tetap sesuaikan pemilihan kontraktor dengan budget yang Anda tentukan dalam pembangunan rumah. Biasanya kontraktor yang berkualitas menawarkan harga yang tidak murah. Ibaratnya ada harga ada barang. Selain itu Anda juga perlu berhati-hati dengan kontraktor borongan yang memberikan jasa sangat murah. Hal tersebut bisa jadi terdapat kesalahan perhitungan dan nantinya malah mengorbankan kualitas pembangunan. Sehingga pilihlah harga kontraktor yang wajar, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah namun tetap memperhatikan kualitas.

Kontraktor yang memberikan garansi

Salah satu indikator kontraktor memiliki kualitas yang baik yaitu dengan memberikan garansi pada bangunan yang dikerjakan. Jika terjadi kerusakan pada bangunan setelah ditempati seperti atap bocor atau kerusakan lainnya maka kontraktor masih bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Biasanya garansi diberikan setelah tiga sampai enam bulan setelah ditempati. Secara riil hal ini dapat diketahui dari pengguna jasa sebelumnya.

Demikianlah  beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kontraktor yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak perlu ragu untuk selalu mencari informasi agar tak mengecewakan Anda dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *