,

Cara Memilih Lampu Rumah

Cara Memilih Lampu Rumah

Hampir setiap lokasi tinggal mempunyai lampu. Rasanya, bahkan telah menjadi keperluan umum tidak sedikit orang. Tidak sekadar menjadi perangkat penerangan, di tangan orang yang tepat–lampu pun menjadi elemen urgen untuk menaikkan nilai indah hunian; sekaligus dominan  pada psikologis penghuninya. Bagaimana pun, penerangan yang baik dapat membuat suasana hangat; yang pada ketika yang sama–berdampak pada kenyamanan dan penambahan mood penghuninya.

Bagaimana memaksimalkan faedah sebuah lampu dalam ruang pada kesudahannya bergantung pada tidak sedikit hal. Ini bisa berupa kiat pencahayaan, pemilihan bahan dan kualitas lampu, sampai penempatan/posisinya di dalam ruang. Proses pemilihan lampu sendiri adalahproses yang tidak bisa disepelekan. Lantas, bagaimana sih teknik memilih lampu yang tepat?

Nah, sebelum masuk pada keterangan tersebut, berikut ialah tips umum yang mesti Anda simaklah saat melakukan pembelian lampu.

    Sesuaikan dengan konsep ruang. Apa juga jenisnya, entah tersebut lampu LED, lampu belajar, lampu dinding, lampu meja, atau malah lampu hias klasik, usahakanlah untuk menyesuaikannya terlebih dulu dengan menimbang konsep ruang. Sebagai contoh, satu ruang berkonsep minimalis tentu cocok dengan model lampu yang ingin simpel–dengan pemilihan warna-warna kalem yang “nyaman” untuk mata. Sementara itu, ketahui pula keperluan pencahayaan pada ruang. Apakah itu bermanfaat sebagai penerangan plafon, dekorasi dinding, atau malah elemen dekoratif lain–cobalah guna mempertimbangkan keperluan ruang Anda.

    Rancanglah suasana bertolak belakang untuk masing-masing ruang. Setidaknya, anda mengenal tiga lapis faedah pencahayaan pada ruang. Fungsi tersebut, yaitu (1) membuat kenyamanan penghuni; (2) menyusun nuansa, serta (3) meningkatkan nilai estetika. Bagi mencapai faedah kedua, kita dapat mengasingkan bagian ruang di dalam lokasi tinggal terlebih dulu; kemudian pilih lampu yang cocok dengan faedah tersebut (akan diterangkan pada subbab berikutnya).

    Posisi lampu tersebut penting. Rumah yang nyaman bisa diwujudkan dalam pelbagai cara. Perihal lampu, satu tips yang sangat penting ialah dengan meyakinkan posisi lampu. Adapun dalam urusan ini, segera tentukan titik-titik penyinaran yang pada kesudahannya “menunjang” fungsi. Sebagai contoh, pemakaian lampu pada foyer tidak melulu dimaksudkan guna menerangi ruang; melainkan pun “menerima tamu”, dan menyerahkan kesan yang lebih hangat sekaligus cantik.

    Ukuran lampu. Bagi ruangan berukuran kecil, pasti akan lebih sesuai jika Anda memakai lampu berukuran yang sesuai (kecil). Tujuannya, guna menghindari kesan sesak yang pada sisi lain: memengaruhi penghuninya secara psikologis.

    Pertimbangkan bujet untuk melakukan pembelian dan perawatan lampu. Selain memperhitungkan bujet di mula pembelian lampu, pastikan nantinya kita tidak perlu menunaikan listrik berlebih, lantaran salah memilih lampu. Solusinya, gunakanlah lampu irit energi dan berbobot | berbobot | berkualitas tinggi.

Panduan Memilih Warna Lampu

Setiap warna lampu, dapat membuat kesan dan nuansanya tersendiri. Nah, sebagai panduan, berikut ialah tiga warna lampu yang umum dipakai pada rumah-rumah Indonesia.

    Kuning. Gunakan pada pintu masuk, ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Alasannya, sinar kuning dapat merangsang penghuninya guna beraktivitas. Semakin powerful warna kuning, maka semakin atraktiflah mood menurut sudut psikologi manusia.

    Putih. Gunakan warna putih guna menghadirkan kesan ceria pada ruang keluarga, ruang tamu, atau malah ruang kerja. Adapun mesti diingat, cahaya putih yang terlalu cerah berisiko menyilaukan mata. Nah, solusinya, usahakanlah untuk mengimbangi dengan lampu berwarna putih susu pada ruang.

    Putih kebiruan. Lampu berwarna putih kebiruan terbukti dapat membuat orang rileks dan cepat mengantuk. Karenanya, guna kualitas istirahat yang baik–Anda dapat memakai jenis lampu istirahat ini pada ruang family atau malah ruang tidur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *