Cara Memperbaiki WC yang Tersumbat

WC atau toilet yang tersumbat bisa saja menjadi salah satu hal yang menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas keseharian anda. Sebenarnya, mengatasi WC tersumbat sangat sederhana bila anda mengetahui prinsip kerja toilet. Seringkali, penyebab mampetnya toilet karena disebabkan oleh adanya kotoran seperti gumpalan kertas toilet, tisu basah, atau bisa juga karena terdapat benda-benda padat yang tidak sengaja jatuh ke dalam toilet.

Satu hal yang sering dilakukan ialah dengan menyiramkan air secara berkali-kali ke dalam toilet. Hal ini tidak menjadi solusi bahkan akan menyebabkan sumbatan semakin masuk ke dalam dan air dalam wc akan meluap sehingga bisa saja tumpah dan mengotori lantai. Oleh karena itu untuk membuat toilet menjadi lancar kembali maka anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Baking Soda dan Cuka Putih

Anda bisa memperbaiki wc yang mampet dengan cara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Anda bisa menggunakan baking soda ke dalam toilet yang diikuti dengan sebotol cuka putih. Campuran antara baking soda dan cuka putih akan menimbulkan buih-buih, hal ini pertanda bahwa kedua bahan tersebut sedang berfungsi. Anda bisa menuangkan cuka secara perlahan-lahan, kemudian berhenti jika buih terlihat akan tumpah. Kemudian diamkan beberapa saat, lalu tuangkan air mendidih ke dalam toilet. Secara perlahan, air panas akan membantu campuran baking soda dan cuka putih akan larut ke dalam toilet. Untuk hasil maksimal maka anda perlu mendiamkan beberapa saat.

Sabun Pencuci Piring

Bila toilet anda tersumbat karena tisu atau kertas yang masuk ke dalam toilet, maka anda bisa menggunakan sabun pencuci piring. Caranya ialah tuangkan sabun pencuci piring ke dalam toilet, kemudian siram dengan menggunakan air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas. Sabun pencuci piring akan perlahan-lahan membantu melarutkan sumbatan dan mendorong sumbatan bergerak melewati saluran pembuangan toilet saat disiram

Menggunakan Selang

Jika anda mengetahui bahwa hal yang menyumbat toilet anda ialah berupa benda padat, maka untuk memperlancarnya anda perlu menggunakan alat bantu yang bisa mendorong ke saluran pembuangan. Salah satu alat bantu yang anda perlukan yaitu bernama plumbing snake, semacam tabung atau selang fleksibel panjang yang dapat didorong ke dalam pipa untuk mendorong dan melonggarkan sumbatan. Jika anda sulit mencari alat bantu tersebut maka anda bisa menggunakan gantungan baju sebagai alternatifnya.

Ketiga cara di atas merupakan cara-cara yang bisa anda lakukan sendiri. Namun apabila masalah sumbatan masih belum terpecahkan maka anda perlu menghubungi tenaga profesional. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *