Cara Mengatasi Cat Dinding Yang Mengelupas

Cara Mengatasi Cat Dinding Yang Mengelupas

Apakah cat dinding rumah kalian mengelupas ? bukan hanya kalian, banyak sekali orang-orang yang juga mengalami hal seperti ini. Masalah pengelupasan cat tembok atau flaking memang sangat sering terjadi di setiap rumah. hal seperti ini menyebabkan estetika rumah kalian juga menurun. Tentu saja kalian tidak mau hal seperti ini terjadi kan ?  banyak orang yang bertanya penyebab terjadinya cat dinding menelupas. Jadi penyebabnya ada2 hal yang perlu kalian ketahui antara lain :

  • Kondisi Tembok Belum Benar-Benar Kering Saat Dicat

Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya kurang bagus, jadi pada saat dicat, dempul atau plemir bisa terangkat atau tidak bisa bertahan lama. Campuran semen dan pasir yang kurang pas atau saat proses pengeringan dinding yang belum kering akan menyebabkan tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi. Jika hal ini terjadi, maka kalian harus merenovasi ulang tembok rumah kalian karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

  • Tidak Menggunakan Cat Dasar

Pengecatan pada permukaan yang mengandung kotoran atau debu atau bahkan minyak yang menyebabkan daya rekat cat menjadi berkurang.  Lapisan cat lama yang tidak dikerok terlebih dahulu, bisa berakibat mengelupas karena lapisan cat baru yang kualitasnya lebih bagus. Atau bisa juga karena pengecatan dilakukan diatas cat yang sudah lama mengapur, jadi mudah mengelupas.

Lalu, Bagaimana Untuk Mengatasi Cat Dinding Yang Mengelupas ?

Jika kalian sudah tahu penyebab diatas dan bisa mengira-ngira apa sumber masalah dari dinding kalian. Kini saatnya kalian mengetahui cara untuk mengatasinya.

  1. Perbaiki Sumber Kebocoran

Kalian dapat memanggil tukang untuk mengerok lapisan car yang sudah terkelupas sampai benar-benar besih, kemudian bersihkan permukaan dari debu dan kotoran. Baru setelah itu melapisnya dengan cat dasar. Biarkan cat dasar mengering secara sempurna dulu baru diakhiri dengan finishing.

Tapi jika memang sumber kebocoran karena embok yang kurang berkualitas, apa boleh buat, kalian harus merombak ulang tembok itu supaya kalian tidak mengalami masalah yang sama terus-menerus.

  1. Pilih Cat Tembok Yang Berkualitas

Cat yang memiliki kualitas tinggi bisa dilihat dari daya rekat dan elastisitasnya. Semakin kuat dan semakin elastis cat itu hasli pengecatannya semakain awet dan tahan lama sehingga tidak perlu terus menerus melakukan pengecatan berulang kali. Untuk dinding eksterior, sangat penting untuk menggunakan cat tembok yang sudah weatherproof. Untuk tembok interior, gunakanlah cat yang mengandung akrilik supaya mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

Nah itulah beberapa cara mengatasi dinding yang mengelupas. Semoga apa yang sudah dijelaskan tadi bermanfaat untuk kalian semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *