Cara Mengganti Kusen Yang Lapuk

Cara Mengganti Kusen Yang  Lapuk

Cara mengganti kusen yang lapuk, kusen pada daerah pintu dan jendela kayu biasanya mengalami proses keropos akibat dimakan rayap, umur kayu yang terlalu muda atau terlalu sering terkena air hujan serta panas. Jika rumah kamu mengalami hal seperti itu maka memperbaiki maupun mengganti merupakan cara yang cukup mudah dan tidak begitu mengeluarkan banyak biaya. Memotong maupun menambal dengan sebuah kayu lain sebagian maupun keseluruhan dari bagian dari kusen.

Hal diatas merupakan salah satu cara dengan mempertimbangkan danan serta anggaran untuk mengganti sebuah kusen. Karena penggantian kusen memerlukan biaya yang cukup besar untuk mengganti kusen pintu, jendela dan daun pintu. Maka dari itu memeriksa kayu yang keropos merupakan hal yang penting sehingga dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

  1. Memotong, menambal dan membuang Kayu

Tindakan ini merupakan tindakan yang harus dipilih jika kondisi kusen keropos dengan prosentase yang kecil. Melakukan pemotongan dengan melakukan tambalan di area pemotongan sekitar 5cm dari bagian yang rusak. Lalu tambal atau ganti dengan kayu yang baru  serta ukuran dan modelnya sama. Sebelumnya lakukan pengeboran terlebih dahulu agar balok kayu tidak pecah saat di paku. Tetapi jika bagian yang keropos adalah bagian bawah atau kaki kusen, maka dudukan bawah kusen juga harus dibobok serta di cor ulang dan biarkan hingga mengering setelah itu tinggal plamir dan mengecat ulang. Hal tersebut bila biaya yang kamu anggarkan untuk melakukan renovasi kusen cukup terbatas.

  1. Mengganti Kusen

Apabila kerusakan kusen telah cukup parah bahkan masuk ke kriteria sangat parah, sehingga mempengaruhi kekuatan dari struktur dari kusen tersebut. Maka penggantian sebagian maupun keseluruhan kusen  merupakan tindakan yang harus dipilih. Memang kamu harus menganggarkan biaya untuk memperbaikinya.

Jika kerusakan yang dihasilkan akibat rayap dan merusak sebagian besar kusen sekitar 25%, maka cukup mengganti balok kayu yang rusak saja, tetapi usahakan yang lebih tahan dari serangan rayap. Caranya dengan membuka kusen dengan membobok dinding yang mengikat kusen  dan usahakan tidak merusak keseluruhan bagian dinding. Gunakan pahat beton yang cukup kuat untuk membantuk membobok dinding itu. Angkur yang berfungsi untuk mengikat kusen kebata harus dilepas, lalu potong bagian sambungan dan pasang kembali balok kayu untuk kusen yang baru. Setelah itu finishing seperti sedia kala.

 3.  memperbaiki jendela dan pintu yang rusak

Apabila terjadi kerusakan pada daerah daun pintu atau daun jendela, maka kamu dapat mengganti pada bagian yang rusak saja dengan bahan yang baru. Tapi apabila ada cukup dana untuk mengganti keseluruhan dengan yang baru, maka lebih baik diganti tanpa mengganti ukurannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *