Cara Merawat Atap Rumah Agar Tetap Awet

Cara Merawat Atap Rumah Agar Tetap Awet

Pasti kalian tidak ingin kenyamanan tempat tinggal kalian terganggu karena atap yang rusak bukan? Selain tidak nyaman, biaya untuk membetulkan atap akan memakan biaya yang besar juga. Berikut ini kami punya beberapa cara agar atap hunian kalian tetap bertahan dan lebih awet.

  1. Rajin-rajin untuk mengecek keadaan atap rumah kalian. Cara terbaik untuk menjaga keawetan atap yaitu aktif mengecek bagaimana keadaan atap kalian. Apakah ada genteng yang terlepas, bocor, sudah lapuk, atau semakin awal diketahui semakin baik pula. Tak perlu mengecek keadaan atap rumah kalian itu setiap hari, biasanya untuk pengecekan rutin hanya perlu dilakukan dua kali dalam setahun. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan atap dengan memastikan bahwa keadaan atap rumah kalian tetap terjaga dan tetap baik.
  2. Berikanlah ruangan yang cukup untuk sirkulasi udara di bawah atap. Investasikan di awal saat kalian membangun rumah agar tersedia cukup ruangan di bawah atap supaya sirkulasi udara dapat terjaga dengan baik. Kalian tidak ingin atap rumah menjadi lembab dan kemudian menumpuk uap air. Sehingga akan terjadi kebocoran. Selain itu lihat juga ke sisi luar rumah, jika ada pohon tinggi dengan cabang yang banyak dan memiliki resiko untuk patah saat hujan deras, maka segeralah potong.
  3. Menangkap masalah lebih awal. Perawatan ini yaitu salah satu cara paling murah karena kalian hanya perlu lebih teliti dan hanya perlu berkeliling melihat langit-langit ruangan dalam rumah kalian secara teratur. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian mengecek keadaan langit-langit atau atap :
  • Atap rumah yang tampak retak, patah dan robek
  • Kerusakan atau hilangnya material penutup atap-atap
  • Adanya rayap yang tampak seperti pasir di atap-atap
  • Adanya jamur di atap
  • Adanya bekar rembesan basah pada atap

Melatih diri untuk lebih teliti melihat atap rumah sangat mudah untuk dilakukan. Cukup luangkan sedikit waktu untuk melirik atap rumah setiap hari ketika kalian pulang dari kerja, main atau lainnya.  Semoga artikel kami bermanfaat untuk kalian semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *