Cara Merawat dan Sistem Penyiraman Vertical Garden

Saat ini jenis taman berbeda-beda. Salah satu taman yang kini mulai diminati ialah vertical garden, atau taman vertikal. Banyak yang memilih menggunakan taman vertikal karena beberapa keuntungan. Selain tidak memakan banyak tempat, taman vertikal juga sangat mudah dalam perawatannya.

Walau tergolong mudah perawatannya, tidak berarti vertical garden tidak dirawat begitu saja. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam perawatan vertical garden. Berikut ini tips-tipsnya, yaitu:

  1. Perhatikan Sistem Penyiraman Vertical Garden

Salah satu hal yang terpenting dalam merawat taman vertikal ialah memperhatikan dalam hal penyiraman atau sistem pengairan. Umumnya, terdapat dua cara yang sering dilakukan, yaitu dengan sistem pengairan otomatis dan sistem pengairan manual. Pada sistem pengairan otomatis, terdapat alat yang terpasang pada struktur taman vertikal, sehingga anda tak perlu menyiram secara manual. Pada waktu tertentu, air akan mengalir melalui alat sesuai dengan yang dibutuhkan. Walaupu sudah menggunakan sistem otomatis, namun anda juga tetap perlu memastikan bahwa semua tanaman terkena air, sehingga tak akan ada satu tanaman yang kering.

Sedangkan dalam sistem pengairan manual, anda pelu melakukan buka tutup keran secara manual. Pastikan anda melalukan penyiraman secara berkala dan pastikan juga semua tanaman sudah basah terkena air sebelum anda menutup keran. Bila tanaman tak cukup basah, maka tanaman bisa layu dan bahkan menjadi kering dan mati.

  1. Beri Pupuk Secara Berkala

Terdapat banyak jenis tanaman dalam vertical garden yang cukup mudah dalam perawatannya. Ada yang mengatakan, tanpa sering disiram pun tanaman taman vertikal tetap bisa hidup. Walau begitu, pemberian pupuk tetaplah penting dalam perawatan tanaman. Dengan pemberian pupuk secara berkala, maka tanaman akan terlihat lebih segar dan warnanya.

  1. Bersihkan Daun dan Pangkas Batang Tanaman

Selain menyirami tanaman serta pemberian pupuk secara berkala, ternyata membersihkan daun-daun yang layu serta memangkas ranting juga diperlukan. Hal ini tentunya membuat taman vertikal anda terlihat lebih rapi dan tertata. Daun-daun kering akan membuat taman menjadi tidak indah dan terkesan kotor, selain itu juga bisa membuat tanaman menjadi kurang sehat. Pembersihan daun-daun kering paling tidak dilakukan setiap 2 minggu sekali. Selain itu, pemangkasan batang-batang yang tak beraturan juga perlu dilakukan secara rutin. Batang tanaman yang tumbuh tidak beraturan juga dapat mengganggu kesuburan tanaman. Selain tanaman menjadi lebih sehat, taman vertikal juga terlihat menjadi lebih rapi dan enak dipandang.

Demikianlah beberapa tips tentang merawat taman vertikal. Bila anda memiliki taman vertikal di rumah maupun di kantor yang sudah kurang terawat, maka anda bisa mengikuti tips-tips di atas. Namun apabia anda kurang memiliki waktu dalam perawatan dan membutuhkan tenaga profesional dalam perawatannya, maka kami siap melayani anda. Selain perawatan bangunan, PerawatanRumah.com juga memiliki layanan dalam merawat tanaman termasuk taman vertikal. Semoga bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *