Cara Merawat Instalasi Litrik Dirumah

Cara Merawat Instalasi Litrik Dirumah

Instalasi listrik di setiap rumah yang pastinya dipakai setiap harinya harus selalu kita perhatikan dengan serius. Hal itu dikarenakan berhubungan dengan keselamatan jiwa penghuni rumah tersebut. Sering terjadinya kebakaran rumah diakibatkan oleh korsleting listrik, hal seperti ini banyak diakibatkan oleh kelalaian pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan prosedur-prosedur pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang benar.

Dengan dilakukannya perawatan instalasi listrik yang baik dan berkala maka masalah-masalah yang timbul akibat listrik dapat kita cegah sedini mungkin. Berikut ini ada 9 hal yang perlu kita lakukan untuk perawat instalasi rumah antara lain:

  1. Stop Kontak

Perhatikan lubang pada stop kontak kita dirumah, bagian inilah yang sering terjadi percikan api kecil terutama pada stop kontak yang tidka dilengkapi dengan kabel grounding. Hal ini akan mengakiabtkan stop kontak melelh seperti terbakar. Gantilah stop kontak jika lubangnya sudah terlihat melelh atau sudah tidak dipasang steker.

  1. Sakelar

Akibat sering ditekan nyala dan hidup, beberapa komponen di dalamnya lama kelamaan akan melemah atau berkarat dan kotor ditutupi oleh debu yang menempel. Hal itu mengakibatkan kurang terkoneksinya sakelar. Tanda-tandanya susahnya menyalakan lampu dan tidak stabilnya nyala lampu sehingga nyala lampu seperti berkedip-kedip. Ada juga sakelar yang rusak akibat dipakai untuk sarang semut. Maka dari itu, coba sekali-kali untuk membuka sakelar untuk dibersihkan supaya menghindari hal-hal yang dijelaskan diatas tadi.

  1. Kabel Penghubung Listrik Alat Elektronik

Rapikan letak kabel supaya tidak mengalami kerusakan seperti terhimpit beban berat atau terbentang tegang pada sudut yang tajam. Hal itu bisa mengakibatkan tekelupas dan terputusnya kabel yang mengakibatkan korsleting listrik.

  1. Colokan/Steker

Periksalah posisi colokan utnuk alat elektronik yang terpasang pada stop kontak secara terus menerus dan jarang divabut seperti dispenser, kulkas dan pompa air listrik. Colokan ini mudah sekali menjadi longgar dudukannya pada stop kontak yang diakibatkan dari percikan api kecil antara jari steker dan lubang stop kontak.

  1. Fitting Lampu

Fitting yang dipasang lampu dengan watt atau daya yang besar akan mudah sekali meleleh dan mengakibatkan lampu yang menempel akan susah untuk dilepas saat kalian akan mengganti lampu dengan yang baru. Selain itu, fitting lampu ayang terapsang posisinya di langit-langit rumah kan sangat rawan tergenang air akiabt tetesan air hujan dari genting yang bocor. Pada saat waktu musim hujan cobalah sesekali memeriksa untuk melihat apa ada fitting lampu yang tergenang air.

  1. Kabel Rol

Lubang stop kontak yang ada di kabel rol bisa melelah karena membesarnya penjepit jari steker yang ada di dalamnya. Jika kalian melihat hal seperti ini, perbaikilah penjepit tersebut dengan cara membuka kotak kabel roll kemudian jepit menggunakan tang di setiap plat pada stop kontak yang berfungsi untuk menjepit jari steker yang masuk.

  1. Karat

Rawat dan jagalah setiap alat elektronik dirumah kalian yang bodinya terbuat dari logam yang mudah mengalami karat karena dapat merobek kabel penghubung listrik ke stop kontak dan dapat mengalami korsleting atau tersentuh kulit kalian.

  1. Jalur utama dan sambungan instalasi kabel listrik

Periksalah secara rutin kabel listrik dari mulai MCB menuju stop kontak, fitting lampu dan apakah terhubung dengan baik dan tidak ada kabel yang tidak terisolasi? Perhatikan kabel yang terbentang apakah paku klemnya masih bagus? Tutuplah kabel yang sudah terkelupas akibat gigitan dari tikus dengan isolasi khusus kabel listrik.

  1. Jalur Kabel dari luar rumah

Periksa juga kabel yang tehubung ke lampu luar rumah dan lampu taman kalin. Pastikan juga semua kebel dan sambungan terpasang dengan baik. Hal itu dikarenakan area ini jarang banget terlihat . coba untuk mengecek dengan menyalakan lampu bila ada yang tidak berfungsi dengan baik segeralah untuk memperbaikinya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *