Cara Mudah Melakukan Perawatan Rumah

Rumah adalah satu bangunan yang sangat pentingdalam kehidupan kita. Selain sebagai tempat untuk berlindung, rumah juga menjadi tempat untuk berkumpul bersama dengan sanak keluarga dan kerabat dekat. Oleh karena itu, memiliki rumah yang nyaman merupakan adalah suatu yang didambakan oleh setiap orang. Namun adalakalnya usia rumah yang sudah lama membuat beberapa bagian rumah menjadi rusak dan membuat tidak sedap untuk dipandang serta tidak menyamankan bagi penghuninya.

Maka dari itu, bagi anda yang memiliki rumah dan ingin kondisi rumah dalam keadaan yang terjaga maka anda perlu mulai berbenah dan memperhatikan bagian mana saja yang perlu dilakukan perbaikan. Untuk memudahkan anda, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam perbaikan rumah.

Mengecat dinding agar tidak mudah mengelupas.

Rumah yang enak dipandang ialah rumah yang memiliki dinding yang bersih. Bila terdapat bagian dinding yang catnya mengelupas, maka akan menjadi pemandangan yang mengganggu bagi mata. Untuk menghindari hal tersebut, maka dalam penggunaan plamur harus dibatasi hanya sebagai penutup retak-retak rambut pada dinding saja. Seringkali kerusakan pada warna dinding ialah penggunaan pelapis dinding yang kurang tepat. Seperti menggunakan plamur sebagai lapisan cat dasar. Padahal bahan plamur tidak dibuat untuk mengikat cat, sehingga bila tersu digunakan pada proses pengecatan akan membuat cat menjadi mudah terkelupas.  

Memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor.

Seringkali bagian kamar mandi terjadi kebocoran yang berasal dari nat keramik. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh nat keramik yang terkikis oleh air, bahan kimia pembersih lantai, sabun, atau saat pemasangan kamar mandi yang kurang tepat. Perlu anda ketahui dulu apakah keramik tersebut menempel dengan baik pada lantai. Caranya mudah untuk memastikan hal tersebut, ialah dengan menginjak dengan memberikan sedikit tekanan atau diketuk. Apabila berbunyi nyaring maka terdapat celah kosong atau rongga pada lantai. Bila al tersebut dibiarkan maka dalam waktu tak lama lantai memiliki risiko meletup yang dapat menyebabkan keramik menjadi pecah.

Memperbaiki lantai keramik retak

Saat anda menemui ada bagian lantai keramik yang retak, maka hal pertama yang perlu anda lakukan ialah melepasnya dengan hati-hati. Hal tersebut agar keramik dapat terlepas dengan kondisi yang utuh. Kemudian anda mulai mengorek nat dengan menggunakan benda tajam. Bila nat  keramik yang rusak, maka bersihkan dahulu dengan mengoreknya perlahan. Setelah itu, siramlah dengan menggunakan air dan biarkan meresap sampai ke dalam. Tunggulah hingga mulai berangsur-angsur menjadi setengah kering. Dengan demikian, anda bisa membersihkan dengan menggunakan lap kering.

Menjaga kusen pintu dan jendela agar bebas dari rayap

Selain dinding, hal yang perlu diperhatikan perawatannya pada rumah ialah bagian kusen pintu dan jendela. Bila diperhatikan dengan seksama, bagian kusen pintu dan jendela seringkali mengalami kerusakan disebabkan oleh rayap. Agar hal tersebut tidak terus terjadi, maka ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir rayap. Yaitu caranya sangat mudah, anda perlu mencampurkan oli dan solar pada sebuah wadah. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, maka oleskan secara merata pada seluruh permukaan kayu. Diamkan hingga benar-benar kering. Setelah kering kemudian anda bisa melapisinya dengan menggunakan cat kayu. Ada juga cara lain yaitu sebelum dicat, maka kayu dilapisi dengan obat anti jamur untuk mencegah serangan rayap.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam melakukan perawatan rumah. Disarankan anda melakukannya secara berkala, agar rumah anda tetap terjaga dari segala jenis kerusakan. bila anda ingin melakukan renovasi rumah, anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang menarik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *