Cara Mudah Merawat Kusen Kayu Dan Kaca Jendela Rumah

Cara Mudah Merawat Kusen Kayu Dan Kaca Jendela Rumah

Jendela adalah salah stau komponen penting saat membangun rumah, jendela diperlukan untuk sirkulasi udara dalam rumah serta membiarkan cahaya masuk sehingga rumah menjadi lebih terang di siang hari. Saat ini ada banyak model dan ukuran jendela yang akan mempercantik tampilan rumah anda, namun model ukuran serta warna saja tidak cukup. Untuk mempertahankan estetika jendela perlu adanya perawatan. Merawat jendela rumah tentu bukan hal yang sulit, simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Merawat kusen kayu jendela

Kusen merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah jendela karena adanya kusen akan memperindah tampilan jendela. Selain itu kusen juga menjadi penahan kaya jendela, memang perlu adanya perawatan secara rutin khususnya kusen yang terbuat dari kayu. Salah satu masalah yang muncul pada kusen jendela kayu adalah keropos karena dimakan oleh rayap atau menjadi kering karena terpapar sinar matahari secara langsung.

Perawatan pada kusen kayu memang cukup kompleks dan  perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin. Berbeda jika anda menggunakan kusen berbahan dasar aluminuam yang lebih ringan perawatannya. Hampir sebagian besar kerusakan yang terjadi pada kusen kayu berbahan kayu berasal dari serangan rayap.

Tingkat kelembaban pada kayu yang semakin mengering akibat tidak adanya perawatan secara intensif adalah penyebab kenapa kusen jendela rumah anda dimakan rayap. Untuk mengatasi hal ini maka ada baiknya anda menggunakan lapisan atau cat pelinding yang mengandung anti rayap. Oleskan cairan tersebut ke seluruh permukaan kusen secara merata.

Selain menggunakan cat atau lapisan anti rayap, adapun perawatan rutin yang perlu anda perhatikan. Seperti membersihkannya setiap 3 hari sampai satu minggu sekali. Jika tampilan warna kusen kayu mulai memudar maka cat ulang dengan warna yang terlihat natural dan selaras dengan rumah anda.

Merawat kaca jendela

Banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada kaca jendela rumah menjadi terlihat buran atau kusam. Kaca jendela memang salah satu bagian rumah yang mudah terlihat kotor, bukan hanya itu jika kita tidak berhati-hati kaca jendela juga rentan retak dan pecar. Jika sudah demikian tentu kita harus berhati-hati jangan sampai kerusakan kaca jendela mempengaruhi tampilan rumah anda.

Memiliki kaca bening dan bersih tentu dambaan setiap penghuni rumah, untuk itu ada baiknya kita rajin-rajin membersihkannya. Apalagi jika kaca jendela rumah anda bagian terluar dari rumah yang lebih rentan terkena debu, polusi dan paparan matahari secara langsung.

Saat ini sudah banyak merk pembersih kaca yang membantu anda merawat kaca jendela sehingga terlihat bersih dan bening. Namun untuk membersihkan kaca jendela ada beberapa peralatan yang sebaiknya ada persiapkan seperti: alat pembersih kaca jendela, ember yang berisikan air bersih, cairan pembersih, spons atau koran bekas (tujuannya untuk membersihkan noda kaca yang membandel), kain lap bersih.

Untuk membersihkan kaca jendela seperti baru, caranya sangat mudah yakni:

  • Mulailah membersihkan kaca dari sisi dalam rumah
  • Jangan lupa meletakan lap di bawah jendela untuk menangkap tetesan sisa-sisa cairan pembersih agar tidak mengotori lantai
  • Gunakan cairan pembersih terpercaya untuk membersihkan kaca jendela rumah anda. Jika produk yang anda pilih berbentuk semprotan maka hal ini akan mempermudah anda. Namun jika tidak tuangkan cairan pembersih dalam ember yang berisikan air, aduk hingga buih. Celupkan spons kemudian peras. Spons tersebut dapat anda gunakan untuk menyeka kaca.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *