,

Cara Mudah Merawat Lantai Semen Agar Tetap Bersih dan Mengkilap

Lantai semen akhir-akhir ini ternyata mulai dilirik kembali sebagai salah satu bagian dari desain rumah modern. Setelah sebelumnya lantai kemarik yang menjadi favorit, namun kini lantai semen mulai banyak diandalkan untuk berbagai tujuan pembangunan rumah. Selain pengerjaannya lebih mudah dan murah, ternyata latai semen memberikan nuansa klasik pada rumah serta memberikan kesejukan saat memijak lantai semen tersebut. Namun seringkali lantai semen menjadi mudah kusam apabila tidak dirawat, oleh karena itu agar lantai semen anda terlihat terus mengkilap, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

Gunakan Ampas Kelapa

Parutan kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat menghasilkan minyak bila disangrai. Maka anda bisa menggunakan parutan kelapa yang telah disangrai untuk mengkilapkan lantai semen. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggosokkan parutan kelapa yang telah disangrai pada sore hari dan biarkan semalaman. Kemudian pada keesokan paginya sapu sisa-sisa parutan kelapa. Bila hal tersebut dilakukan secara rutin, maka lantai semen anda akan mengkilap seperti keramik.

Mengepel dengan Baking Soda

Baking soda yang lebih terkenal sebagai bahan untuk pembuat kue ini teryata dapat membantu untuk menghilangkan noda minyak serta garis yang tertera di permukaan lantai semen. Anda bisa mulai dengan menaburkan baking soda pada bagian-bagian lantai yang sulit dibersihkan. Setelah itu, lap bagian tersebut menggunakan kain pel basah.

Mengepel dengan Cuka atau Air Lemon

Cuka merupakan salah satu bahan dapur yang sangat ampuh untuk membuat lantai semakin bersih. Dengan mencampurkan setengah ember air hangat dengan setengah cangkir cuka, kemudian gunakan sebagai bahan pel. Bila anda kurang menyukai aroma menyengat pada cuka, maka anda bisa menggantikannya dengan air perasan lemon. Sama seperti pengaplikasian cuka, tambahkan setengah cangkir air perasan lemon pada setengah ember air hangat kemudian aplikasikan sebagai cairan pel pada lantai plesteran semen di rumah anda.

Selalu Sapu Bersih

Agar lantai semen terlihat mengkilap, maka biasakan untuk selalu menyapu lantai dengan bersih. Debu yang menumpuk lama kelamaan akan menempel pada lantai semen, sehingga menimbulkan kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Selain itu debu yang berupa pasir halus akan menyebabkan lantai semen menjadi tergores, sehingga terlihat menjadi tidak menarik.

Demikian, beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat lantai semen agar tetap mengkilat dan bersih. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda. Bila terdapat kerusakan di rumah anda yang tidak bisa anda perbaiki sendiri maka tak perlu ragu untuk menghubungi kontak person yang telah tersedia. Kami akan siap membantu anda dan memberikan layanan yang terbaik untuk rumah anda.  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *