Cara Mudah Untuk Merawat Jendela Anda Di Rumah

Cara Mudah Untuk Merawat Jendela Anda Di Rumah

Jendela adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh rumah, melalui jendela udara dari luar dapat masuk ke dalam rumah sehingga rumah terasa lebih sejuk. Selain itu, sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela, sehingga rumah tidak terkesan lembab. Bahan baku untuk membuat jendela ada berbagai macam antara lain kayu, kaca, serta logam. Pemasangan jendela di rumah tentu harus anda perhatikan, usahakan memposisikan jendela tidak berdekatan dengan bangunan atau pepohonan.

Karena merupakan bagian bangunan terluar jendela tentu terpapar sinar matahari secara langsung. Atau terkena air hujan dan beberapa kotoran seperti debu di luar rumah.

Tentu hal itu akan membuat jendela rumah anda menjadi kotor dan bermasalah. Jika sudah demikian anda harus melakukan perawatan secara rutin. Sebenarnya perawatan jendela tergantung dari bahan bakunya. Namun berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat jendela di rumah antara lain:

1.      Perawatan untuk jendela kaca

Kaca memang sangat rentan tergores dan kotor dibandingkan bahan baku lainnya. Untuk membersihkan kaca jendela ada beberapa cara berikut ini :

  • Jika anda tidak memiliki lap di rumah, anda bisa memanfaatkan koran bekas sebagai penggantinya
  • Jangan lupa untuk membeli pembersih kaca yang ada di supermart atau toko terdekat. Namun sebenarnya anda bisa mensiasati pembersih kaca dengan “face tonic”. Caranya cukup mudah tuangkan beberapa cairan face tonic ke permukaan kaca yang kotor selanjutnya lap bagian tersebut.
  • Bahan pembersih kaca lainnya yang dapat anda buat dari bahan baku yang alami tanpa melalui proses kimiawi. Anda bisa memanfaatkan “tembakau”, caranya rendam tembakau sebanyak 1-2 ons selama 15 menit. Kemudian ambil lap dan celupkan ke air rendaman tembakau, lalu bersihkan jendela kaca.
  • Selain itu anda dapat memanfaatkan minyak kayu putih dan hair dryer untuk membersihkan stiker yang menempel atau membekas di jendela kaca. Jangan lupa untuk menggunakan benda pipih seperti penggaris plastik agar kaca benar-benar bersih.

2.      Perawatan untuk jendela kayu

Masalah yang sering muncul pada jendela kayu adalah terkikis karena rayap. Untuk mengatasi itu sebaiknya anda melapisi jendela dengan cairan khusus anti rayap. Selain itu, anda juga dapat menggunakan cara tradisonal yakni dengan melakukan pengapuran kayu.

Jendela yang berbahan kayu lama kelamaan akan lapuk termakan usia. Meskipun begitu anda dapat mencegah kelapukan dengan melapisi jendela dengan cat kayu secara rutin. Selain itu mungkin anda bisa mencoba tips berikut ini, sebelum melapisi jendela dengan cat kayu. Cobalah untuk mengecat jendela dengan cat tembok terlebih dahulu. Pilihlah warna yang selaras dengan cat kayu yang anda pakai. Cara ini juga dinilai dapat menghemat biaya perawatan.

3.      Perawatan untuk jendela besi

Besi atau  almunium adalah bahan logam, masalah yang sering muncul pada jendela ini adalah karat. Sebenarnya sudah banyak cairan anti karat yang dijual di supermarket ataupun toko bangunan dekat rumah anda. Namun berikut ini ada alternatif lain yang bisa anda coba, yaitu:

Anda bisa menggunakan cairan spiritus, cuka ata alkohol. Langkah pertama gosokan lap pada permukaan besi yang berkarat, kemudian bilas bagian tersebuat dengan air hangat. Atau anda bisa menggunakan polish khusus anti karat (usahakan memilih polish yang khusus untuk jenis logam tertentu sesuai dengan jendela di rumah anda).

Merawat jendela akan menjadi mudah jika anda mengetahui perawatan yang sesuai dengan bahan baku jendela. Dengan tips di atas akan mudah bagi anda menciptakan rumah yang nyaman dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *