Cara Tepat Merawat Kusen Jendela Dan Pintu Kayu Rumah Anda

Cara Tepat Merawat Kusen Jendela Dan Pintu Kayu Rumah Anda

Selain atap serta tembok, salah satu komponen rumah yang tidak boleh dilupakan adalah pintu dan jendela. Kedua komponen tersebut merupakan bagian terpenting yang harus terpasang dalam sebuah rumah. Pintu merupakan akses keluar-masuk orang, sedangkan jendelan diperlukan utuk pencahayaan rumah di siang hari dan sirkulasi udara agar rumah lebih sejuk. Selain dilihat dari fungsinya baik jendela maupun pintu kini harus memiliki unsur estetika. Bahkan adanya sentuhan seni menjadi salah satu faktor unik dalam sebuah Rumah.

Kerusakan pada jendela dan pintu

Untuk itu saat ini kita perlu mengetahui sedikit banyak model pintu dan jendela yang bervariasi di pasaran. Bahkan anda dapat mencampurkan banyak warna yang selaran dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Jendela kusen dan pintu kayu sering sekali dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang. Penggunaan dua komponen tersebut dianggap lebih mudah menyelaraskan warna tembok rumah.

Bukan hanya itu terdapat kelebihan lain yang dimiliki seperti tidah mudah rusak, tahan lama dan mudah perawatannya. Baik pintu maupun jendela sangat penting untuk anda melakukan perawatan secara berkala. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan agar agar kusen jendela anda tidak mudah rusak. Selain itu tidak mudah bagi binatang pengerap maupun serangga-serangga seperti rayat dapat mengikis pintu kayu anda. Bukan hanya itu kerusakan mekanik pun bisa terjadi seperti terlalu sering terkena air hujan juga bisa menjadi salah satu penyebab jendela dan pintu rumah anda mudah rusak.

Mencegah kerusakan jendela dan pintu rumah anda

Jika saat ini anda memilih bahan baku kayu (kusen), pilihlah kayu yang berusia sepuh serta tidak basah atau kering. Selain itu, postur kayu tak gampang beralih wujud misalnya melengkung, serta tidak mudah dirusak oleh hewan pengerap (seperti tikus) atau serangga (seperti rayap dan semut). Jika kusen jendela dan pintu rumah anda terpasang maka jangan lupa mengoleskan zat anti serangga (rayap), dan antir jamur. Kebanyakan zat ini yang dijual berbentuk cairan tidak sama dengan cat kayu biasanyan.

Setelah anda melakukan pemasangan kusen pastikan jendela dan pintu rumah terpasang sejajar dan corok dengan sisi dinding. Jangan memasang kusen yang sudah dipasang namun cenderung ke depan atau ke belakang. Dinding rumah anda haruslah kokoh dan kuar agar dpat menahan berat kusen tersebut. Dengan begitu saat waktunya perawatan secara berkala biaya yang anda keluarkan jauh lebih murah.

Perawatan yang harus anda lakukan

Tentu setiap barang membutuhkan perawatan termasuk jendela dan pintu rumah anda. Setelah proses pemasangan selesai, lakukanlah pengecatan (gunakan cat memang khusus kayu), karena dalam cat tersebut mengandung zat khusu yang dibuat untuk melindungi kayu dari air hujan, jamur, dan lain sebagainya.

Perhatikan setiap lubang dan pori-pori pada jendela dan pintu sebelum melakukan pengecatan. Pakailah amplas untuk menghaluskan permukaan kayu. Jika jendela dan pintu rumah anda telah lama dicat, bersihkan setiap kotoran yang menempel seperti debu, kotoran hewan, dan kotoran lainnya pembersihan seperti ini diperlukan untuk menghindari bercak-bercak yang menempel.

Agar lebih awet lagi hindari kusen dari benda tajam dan keras seperti perabotan rumah tangga atau kendaraan. Ini untuk menghindari adanya goresan yang bersifat permanen pada jendela atau pintu anda sehingga kusen dapat terkelupas. Untuk menciptakan hunian yang nyaman dan indah memang memerlukan usaha. Jika anda melakukan perawatan secara rutin maka hal itu dapat meminimalisir biaya perbaikan jika terjadi kerusakan. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *