Ciri-Ciri Mengetahui Freon AC Rumah Habis

Saat cuaca sedang terik atau sedang pada musim kemarau, seringkali menyalakan AC merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendinginkan suasana rumah. Biasanya bila sudah demikian AC ruangan akan dinyalahkan terus menerus bahkan sampai setiap hari. Memang ada beberapa cara mengatasi udara panas di dalam rumah dan juga beberapa alternatif pendingin ruangan pengganto AC. Tapi, AC rumah rusak bukanlah perasaan yang menyenangkan.

Saat pemakaian terus menerus, pastinya lama-kelamaan AC akan menjadi tak lagi dingin seperti semula. Hal tersebut disebabkan salah satunya ialah habisnya freon. Namun sebelum benar-benar habis, terdapat beberapa ciri yang bisa anda cermati yaitu sebagai berikut:

Dalam sistem pendingin air conditioning, dikenal istilah refrigerant atau yang biasa dikenal dengan freon. Refrigerant adalah fluida kerja yang bersikulasi di dalam siklus refrigerasi. Refrigerant merupakan komponen terpenting dalam siklus refrigerasi karena refrigerant memberikan efek pendinginan dan juga pemanasan pada mesin refrigerasi. Refrigerant yang digunakan dalam sistem kompresi uap kemudian dikelompokkan kembali menjadi refigerant primer. Sedangkan untuk fluida yang digunakan untuk memindahkan panas, maka fluida ini disebut sebagai refrigerant sekunder.

Dalam menggunakan AC, kita biasa menemukan kondisi dimana AC rumah anda tidak berfungsi dengan baik. Beberapa faktor yang dapat terjadi adalah karena AC anda tidak dalam keadaan bersih atau kotor karena terdapat tumpukkan debu. Ada beberapa cara membersihkan AC rumah. Atau  mungkin, masalah pada AC yang biasa dijumpai adalah air pada freon (refrigerant) habis. Anda dapat mengetahuinya jika mendapatkan ciri-ciri sebagai berikut :

Bila hal ini terjadi, maka hal tersebut perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap tekanan gas freon. Anda dapat memasang manifold sobat pada nepel untuk mengisi freon pada unit outdoor. Cek jikalau masih terdapat tekanan atau ternyata habis sampai nol.

Demikianlah beberapa ciri bila air di freon anda habis. Untuk langkah-langkah perbaikan sederhana, anda dapat melakukannya sendiri. Tapi, jika anda ragu dan tidak yakin, anda bisa memanggil tenaga yang lebih ahli untuk melakukan reparasi. Jika cuaca selalu panas, menggunakan AC terlalu sering akan berdampak pada pemborosan energi listrik dan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, pilihlah AC hemat energi yang bagus dan berkualiatas atau cara membuat alat penghemat listrik sederhana.

Apabila anda membutuhkan teknisi untuk membetulkan AC anda, maka anda bisa hubungi kontak person yang ada di website kami untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dalam perawatan AC rumah anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *