Ingin Memasang Rolling Door Di Toko? Simak Tipsnnya

Ingin Memasang Rolling Door Di Toko? Simak Tipsnnya

Siapa yang tidak tahu jenis pintu ‘Rolling door’? Rolling door merupakan pintu yang cara penggunaannya dengan digulung ke atas saat membuka dan menariknya ke bawah saat hendak ditutup. Umumnya rolling door sendiri terbagi dalam dua tipe yakni manual dan automatic. Tipe manual biasanya menggunakan tenaga manusia untuk membuka atau menutup pintu. Sedangkan tipe automatic cukup menggunakan tombol remote untuk membuka atau menutupnya. Karena ukurannya yang lebar jenis pintu ini biasanya dipakai untuk toko atau garasi rumah. Jika anda berminat membuka toko maka tak ada salahnya memasang jenis pintu ini, karena akses antara pembeli dan penjual yang mudah jadi transaksi pun dapat berjalan lancar.

Berbagai jenis komponen yang ada pada rolling door

Sebelum membahas pemasangan rolling door ada baiknya anda mengetahui berbagai komponen yang ada pada pintu tersebut antara lain:

  • Slet pintu
  • Dudukan tiang
  • Per
  • Polu alma jepang
  • Dudukan pipa
  • Grendel tiang
  • Handle
  • Grendel tangga kuncian
  • Klotok

Tips memasang rolling door

Karena pemakaian yang mudah dan jua lebih ringan membuat banyak orang yang menyukai rolling door. Biasanya pintu ini disediakan termasuk dalam jasa pemasangannya. Namun jika anda berniat untuk memasangnya sendiri maka berikut ini adalah tips memasang rolling door antara lain:

1.      Langkah pertama

Pintu rolling door terbagi menjadi dua bagian sisi lebar dan sisi kecil, pada bagian kecil tidak dapat diisi pe atau pegas pada kedua sisinya. Sehingga anda perlu memasang per atau pegasnya pada bagian salah satu sisinya. Anda dapat memasang di sisi kanan atau kiri. Untuk menentukan posisi pegas, biasanya berdasaarkan pada arah pegas yang harus dihadapkan ke lubang dauh pintu.

2.      Langkah kedua

Pada bagian roda yang tak terhubung dengan pegas jangan dipaksakan untuk terangkut pada bagian pully yang memiliki bagian terkait dengan pegas.

3.      Langkah ketiga

Panjang pipa yang anda gunakan perlu dipotong 1 cm dari box agar selama proses pemasangannya lebih mudah. Sebelum memasang pintu dalam box, hal yang selanjutnya dilakukan adalah memasang tempat duduk pipa dengan meletakannya tepat di atas bagian tengah pipa.

Agar menghindari kesalahan dalam proses pemasangan pintu ada baiknya anda meminta bantuan seorang ahli atau menggunakan jasa pasang pintu yang disediakan oleh produsen rolling door. Mengingat pemasangan rolling door sendiri memerlukan ketelitian dan kecermatan sehingga dibutuhkan tenaga profesional agar pintu dapat terpasang dengan baik. Apalagi untuk merakit komponen penggerat yang ada pada box atas, serta pemasangan tiang pilar pada tembok dan pemasangan kunci dan handle tentu memerlukan kejelian. Jika anda tidak familiar maka bisa jadi pintu tidak dapat berfungsi dengan baik.

Berbagai kerusakan yang sering terjadi pada rolling door

Bukan hanya dari segi pemasangan, untuk perawatannya sendiri tentu perlu anda perhatikan. ada beberapa kerusakan yang paling umum terjadi misalnya pintu menjadi macet dan berat jika dibuka ataupun ditutup. Atau pintu menjadi miring sebelah. Selain itu ada beberapa masalah lain seperti:

  • Perangkat box yang tak dapat bekerja
  • Bagian slat atau jauh pintu yang jebol hingga robek
  • Rolling door yang nyangkut

Jika anda mengalami kerusakan tersebut bisa jadi disebabkan oleh per rolling door yang rusak, roda yang tak berfungsi hingga epasa gulungan per rolling door yang harus diganti. Jika sudah demikian segera hubungi tukang untuk memperbaikinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *