Jasa Perawatan/Pengecatan Ulang Tembok Rumah Semarang : Tips Dalam Memilih Cat Dinding

Jasa Perawatan/Pengecatan Ulang Tembok Rumah Semarang : Tips Dalam Memilih Cat Dinding

Saat ini cat dinding sudah tersedia berbagai macamnya. Untuk membeli cat dinding kini anda tak hanya bisa membeli di toko bahan bangunan, sebab saat ini sudah tersedia beberapa toko yang khusus hanya menjual cat dinding. Hal ini tentu saja disebabkan oleh jenis-jenis cat dinding yang sangat beragam, sehingga perlu ada toko khusus yang hanya menjual cat dinding.

Dalam pemilihan cat tentu saja anda perlu memilih dengan jeli. Tak bisa anda memilih warna cat dengan sembarangan. Jika anda ingin menghadirkan kesan mewah ke dalam hunian anda, tentu saja anda perlu memilih warna cat yang elegan pula. Namun bila anda ingin kesan natural, maka anda perlu memilih warna-warna yang soft dan bisa memadu padankan warna.  

Umumnya, jenis cat dinding dibedakan menjadi dua bagian, yaitu berdasarkan letak pengecatan dan berdasarkan bahan pencair. Letak pengecatan dimaksudkan ialah apakah cat digunakan untuk interior atau eksterior, sedangkan bahan pencair ialah cat berbahan dasar air atau berbahan dasar minyak.

Namun untuk lebih spesifiknya, pemilihan cat dapat dilihat dari beberapa fungsinya, yaitu sebagai berikut: s

Cat dinding tipe flat

Jenis cat dinding ini sering kali dikenal dengan sebutan cat matte. Ciri khas yang dimiliki oleh cat ini adalah tingkat kilaunya yang rendah. Oleh karena itu cat ini sangat cocok digunakan untuk menyembunyikan bagian plesteran dinding yang tidak rapi seperti bagian tonjolan atau retakan kecil. Pengaplikasiannya sangat cocok pada permukaan dinding bertekstur, sebab warnanya akan semakin halus pada permukaan dinding yang kasar.

Cat dinding tipe egg shell

Sesuai dengan namanya, egg sheel, yaitu jenis cat dinding ini memiliki tampilan yang memang menyerupai dengan kulit telur. Akan tetapi permukannya sedikit bertekstur, namun tetap halus jika disentuh. Jika dibandingkan dengan tipe cat matte, jenis cat ini tidak terlalu memantulkan sinar matahari dan proses membersihkannya jauh lebih mudah. Maka dari itu jenis cat ini cocok untuk digunakan pada ruang keluar, kamar tidur dan sebagainya.

Cat dinding tipe satin

Tipe cat satin memiliki tampilan yang mewah meskipun tidak glossy dan juga tidak terlalu melekat seperti halnya matte. Jika Anda menyentuh permukaan dinding yang dilapisi dengan cat satin, maka Anda akan merasakan tekstur yang lembut di tangan. Tipe cat satin ini biasanya diaplikasikan pada ruang galeri dan juga restaurant, karena jenis cat ini memiliki efek teduh serta tidak memantulkan cahaya. Akan tetapi jenis cat ini juga mudah untuk dibersihkan. Maka dari itu Anda dapat menggunakannya pada ruangan-ruangan yang aktif difungsikan seperti ruang tamu dan ruang tidur.

Cat dinding tipe semi gloss

Tipe cat semi gloss merupakan cat yang lebih tajam dari eggshell, maka dari itu daya tahan warnanya jauh lebih warna. Namun karena sifatnya yang semi-gloss, cat ini banyak memantulkan cahaya yang akan menampilkan tekstur atau tonjolan pada dinding dengan sangat jelas. Apabila pekerjaan plasteran pada dinding tidak dilakukan dengan baik, maka dengan penggunaan cat ini bagian yang cacat pun akan semakin menonjol. Kelebihan dari tipe cat ini adalah tahan terhadap air, maka dari itu cat ini baik digunakan pada kamar mandi, gudang serta ruang cuci. Jenis cat ini juga dapat diaplikasikan pada perabot rumah seperti pintu dan jendela.

Cat dinding tipe glossy

Tipe cat ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya lebih banyak dibandingkan dengan jenis cat lainnya. Maka dari itu cat ini sangat cocok diaplikasikan pada bagian pinggir pintu serta jendela. Hasil akhir dari penggunaan cat tipe glossy adalah tampilan warna yang kuat serta berkilau. Jika digunakan pada ruangan, maka hasil akhirnya akan terkesan glamor dan mewah.

Demikianlah beberapa jenis cat dinding rumah tinggal yang perlu anda ketahui dan pelajari. Dengan memahami jenis-jenis cat dinding yang ada maka anda bisa dengan mudah untuk mengkreasikan cat dinding sesuai dengan kebutuhan rumah anda. Bila anda membutuhkan jasa dalam pengecatan serta perawatan rumah, maka anda bisa menghubungi kontak person yang ada untuk mendapatkan layanan jasa pengecatan yang berkualitas.

Semoga artikel di atas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *