Jasa Perbaikan dan Perawatan AC Semarang : Beberapa Penyebab AC kurang Dingin

Jasa Perbaikan dan Perawatan AC Semarang : Beberapa Penyebab AC kurang Dingin

Anda pernah mengalami AC kurang dingin walau baru saja di service? Bila hal tersebut sering anda alami tentu saja hal tersebut sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? Baru saja dilakukan perawatan namun AC kembali tidak dingin dan tidak membuat anda menjadi tidak nyaman. Tentu saja apabila hal ini sudah sering terjadi anda patut bertanya, kira-kira apa saja yang membuat AC rumah anda menjadi kurang dingin. Simak penjelasannya berikut ini: 

AC tidak dingin atau kurang dingin merupakan permasalahan yang sering terjadi. Namun ternyata bisa jadi keluhan ini diakibatkan pengaturan AC yang kurang tepat. Untuk itu anda bisa mengaturnya dengan mode pendingin yang tersedia di remote AC anda. Periksa apakah anda telah menggunakan mode yang benar atau jangan-jangan tanpa sadar AC anda disetel ke mode dry atau dehumidifier (pengurang kelembapan).

Pengaturan Yang Keliru

Selain settingan yang keliru, AC kurang dingin bisa diakibatkan oleh AC yang kotor. Tentu saja kondisi AC yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya AC menjadi kurang dingin. Terdapat beberapa komponen yang perlu di cek kebersihannya yaitu filter AC, blower, dan evaporator.

Freon AC yang Habis

Freon AC anda habis dan butuh diisi ulang. Freon adalah zat kimia yang berfungsi untuk mendinginkan udara yang dihembuskan oleh AC anda. Seperti batere handphone yang butuh di-charge, freon AC pun butuh diisi ulang.

Thermostat AC Rusak

Thermostat adalah komponen dalam AC yang berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan tempat AC anda berada. Pada AC Inverter/Low-Watt, thermostat berperan untuk menentukan kapan AC anda harus bekerja maksimal (saat suhu belum tercapai) dan kapan AC anda mengurangi konsumsi daya listrik (saat suhu sudah tercapai). Sehingga jika thermostat AC anda rusak, kinerja AC akan menjadi berantakan, sehingga bisa menyebabkan suhu selalu kurang dingin atau bahkan terlalu dingin.

Kerusakan pada bagian outdoor unit AC anda

Sistem kerja AC adalah menyerap udara panas dari dalam ruangan dan menggantikannya dengan udara dingin yang terbentuk dengan bantuan reaksi freon di dalam AC. Jika sistem pembuangan udara panas AC anda bermasalah, jelas ini dapat menyebabkan AC anda menjadi tidak/kurang dingin.

Kapasitas AC anda tidak sesuai dengan ruangan

Dalam memilih AC tentunya tidak sembarangan. Anda perlu memperhatikan antara kapasitas AC dengan kapasitas ruangan yang akan anda pasang AC. Apabila ruangan lebih besar dari kapasitas AC maka tentu saja ruangan anda tidak cukup dingin. Sangat mudah untuk memahami bagaimana memilih AC sesuai dengan kapasitas AC, yaitu sebagai berikut:

Rumus diatas akan menghasilkan angka dalam satuan Btu. Angka tersebut perlu untuk dicocokan dengan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dalam satuan Btu/h yang biasa ada di setiap AC. Orang lebih awam menggunakan satuan PK dalam menentukan AC sehingga disini ditampilkan bagan untuk membantu anda mengkonversi berapa PK yang anda butuhkan.

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan AC ruangan anda tidak dingin. Selalu perhatikan perawatan dan penggunaan AC anda. Untuk menghindari kerusakan, maka anda bisa gunakan AC sesuai dengan kebutuhan dan melakukan perawatan secara berkala. Apabila anda membutuhkan jasa untuk merawat AC maka segera hubungi kontak person yang telah tersedia dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *