Jasa Perbaikan dan Perawatan AC Semarang : Beberapa Penyebab Kerusakan AC

Jasa Perbaikan dan Perawatan AC Semarang : Beberapa Penyebab Kerusakan AC

Siapa yang tidak butuh AC? Bagi ada yang tinggal di daerah perkotaan pastinya selalu ada pendingin ruangan di rumah anda. Entah itu AC konvensional yang menempel di dinding ataupun AC dengan jenis lain. Secara tidak sadar, AC sudah menjadi bagian penting dalam hunian rumah, tidak lain dan tidak bukan karena fungsi AC yang bisa membuat rumah anda menjadi sejuk dan nyaman untuk ditempati. Namun akan menjadi menjengkelkan apabila AC di rumah anda rusak. Ya saat AC rumah anda rusak, mau tidak mau anda menjadi gerah dan kurang nyaman berada di rumah. Dan solusinya tentu saja segera memanggil tukang service agar AC rumah anda kembali ke sedia kala. Namun sebelum anda memanggil jasa service AC, ada baiknya anda memahami jenis kerusakan apa saja yang dapat terjadi pada AC, berikut ini penjelasannya lengkapnya:

AC Berisik

AC yang berisik, terutama jika berada di ruangan yang membutuhkan ketenangan seperti ruang tidur, ruang belajar, atau kantor, dapat mengganggu kualitas hidup anda. Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan AC anda mengeluarkan bunyi yang mengganggu, misalnya terdapat benda asing yang tersangkut di komponen AC anda. Selain itu AC berisik juga disebabkan oleh kipas AC yang kotor sehingga terlambat berputar.

Kebocoran AC

AC bocor bisa saja terdengar sepele, tapi saat tetesan tersebut menjangkau benda-benda lainnya (terutama elektronik, kasur atau karpet) maka hal tersebut bisa menjadi runyam. Air yang menetes/mengalir dari AC bisa disebabkan oleh 3 penyebab.

Bila jumlahnya sangat sedikit, maka kemungkinan besar air tersebut merupakan sisa proses kondensasi pada AC, tapi biasanya hal seperti ini sudah ditangani saat pemasangan AC dengan cara mengatur instalasi pipa yang akan mengalirkan air sisa kondensasi tersebut keluar ruangan. Selain itu, ada juga yang disebabkan oleh salah satu komponen pipa pecah atau retak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh umur pipa yang sudah tua atau penanganan yang kasar. Dan yang terakhir penyebab AC rumah anda berisik yaitu terdapat kotoran yang menyumpat pipa sehingga mengganggu jalannya AC. Maka untuk mengatasinya, perlu dibersihkan secara berkala.

AC Berbau tidak sedap

AC yang mengeluarkan bau tidak sedap bisa menjadi sangat mengganggu. Tentu saja anda mungkin bisa menutupi bau tersebut dengan pengharum ruangan, tapi penting adanya untuk mencari tahu sumber bau yang mengganggu tersebut. Bau tidak sedap tersebut dapat berasal dari kotoran baik debu maupun jamur, atau bahkan ada pula disebabkan oleh bangkai hewan kecil. Hal ini tentu berpengaruh pada sistem kerja AC. Selain itu, ruangan yang lembap juga dapat menyebabkan udara yang keluar dari AC menjadi berbau tidak sedap. Maka solusinya ialah dengan tidak sering menggunakan AC dan buatlah ventilasi udara untuk mengurangi kelembapan.

AC Tidak Menyala atau Menyebabkan Mati Listrik

Setelah susah menghitung kapasitas AC, menyesuaikan daya listrik, dan membeli AC dengan PK yang mencukupi kebutuhan ruangan, beberapa bulan kemudian AC anda malah seringkali tidak mau menyala atau menyebabkan mati listrik.

Anda bisa memeriksa beberapa komponen AC untuk,  namun harus diperhatikan bahwa AC adalah alat elektronik yang bisa mengalami korslet listrik atau malfungsi, sehingga penanganannya pun membutuhkan kehati-hatian. Komponen-komponen AC seperti freon dan kompresor rentan terbakar, sehingga ada baiknya beberapa permasalahan AC diserahkan pada Tukang AC yang berpengalaman.

Oleh sebab itu apabila anda merasa tidak yakin karena tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki AC, maka anda bisa hubungi jasa service AC. Tentu saja hal ini akan mengeluarkan rupiah, namun bila dilakukan secara profesional maka anda tak perlu khawatir lagi dengan kondisi AC anda. Untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik, maka anda bisa hubungi kontak person yang ada di website ini. Dapatkan pelayanan dan penawaran terbaik dari kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *