Jasa Perbaikan Listrik Rumah Semarang : Tips Mudah dan Murah Mengantisipasi Konsleting Listrik di Rumah

Jasa Perbaikan Listrik Rumah Semarang : Tips Mudah dan Murah Mengantisipasi Konsleting Listrik di Rumah

Konsleting Listrik ialah salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada suatu instalasi kelistrikan. Walau dampak yang diberikan sangat besar seperti misalnya kebakaran, namun sayangnya masih banyak orang yang belum peduli dengan hal ini. Misalnya seperti penggunaan colokan listrik yang sembarangan. Selain itu konsleting listrik juga dapat diakibatkan karena pada saat instalasi listrik kurang dilakukan dengan baik. Maka dari itu, bagi anda yang masih awam dalam soal kelistrikan, berikut beberapa tips mudah dan murah dalam mengantisipasi konsleting listrik di rumah, yaitu sebagai berikut:

 

Mencegah Konsleting Listrik Pada Jaringan Instalasi

Hindari penyambungan langsung/curi arus, Penyambungan langsung kabel instalasi dengan sumber listrik (Kabel PLN) dapat membahayakan bangunan dan pemilik bangunan itu sendiri. Konsleting listrik akibat penyambungan langsung 80% akan menyebabkan kebakaran karena tidak adanya perangkat keamanan/safty listrik seperti MCB dan ELCB

  • Pastikan seluruh kabel instalasi tertutup oleh pipa pelindung
  • Hindari penyambungan kabel instalasi di atas plafon
  • Pastikan penyambungan kabel istalasi terikan dengan kuat dan rapi, Penyambungan kabel yang tidak rapi (Renggang) dapat menyebkan percikan api hingga terbakar nya kabel dan merambat ke bangunan.
  • Hindari penyambungan kabel lebih dari 3 kabel.
  • Gunakan Lasdop sebagai penutup hujung penyambungan kabel
  • Periksakan kondisi jaringan instalasi listrik kepada ahli sekurang kurang nya 5 tahun sekali.
  • Lakukan pergantian kabel instalasi bila sudah berusia 10 tahun ke atas.

Mencegah Konsleting Listrik Pada Komponen dan Kontak Body

Pastikan pemasangan kabel pada stop kontak di bautkan dengan kuat, Pemasangan kabel pada stop kontak, saklar dan fitting yang tidak rapi (Renggang) dapat menimbukan percikan api dan panas yang kuat sehingga dapat melelehkan dan membakar stop kontak dan saklar.

Hindari pemakaian stecker/colokan yang berlebihan.

Penggunaan stecker atau colokan yang berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya konsleting listrik. Walau alasan praktis dan hemat, namun penggunaan steker yang berlebihan hanya akan membuat rumah anda menjadi terbakar. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, gunakan steker secukupnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami berikan dalam mengantisipasi konsleting listrik di rumah anda. Selalu jaga dan perhatikan bagian-bagian listrik yang mencurigakan. Apabila anda merasa atau mencium bau hangus dari atap rumah anda, bisa jadi terdapat sesuatu yang kurang beres dalam instalasi kelistrikan rumah anda. Apabila anda ingin mengecek kondisi instalasi rumah anda, maka anda bisa hubungi kami untuk membantu anda dalam melakukannya. Silahkan hubungi kontak person yang ada di website kami untuk mendapatkan informasi secara lengkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *