Jasa Perbaikan Saluran Air Semarang : Tips Mudah Dalam Mendeteksi Kebocoran Pipa

Jasa Perbaikan Saluran Air Semarang : Tips Mudah Dalam Mendeteksi Kebocoran Pipa

Kebocoran pipa merupakan salah satu permasalahan yang seringkali membuat anda kalang kabut. Terlebih apabila kebocoran pipa tersebut berada di dalam dinding atau sudah ditanam di dalam dinding. Tentu saja untuk mencari letak kebocoran membutuhkan usaha yang keras dan karena harus mencari titik pasti sebelum membongkar dinding. Oleh karena itu, agar tidak salah melangkah, berikut ini terdapat beberapa yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi titik kebocoran pipa, yaitu:

Matikan Aliran Sumber Air

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah dengan menon-aktifkan semua peralatan rumah tangga yang menggunakan air, misalnya seperti mesin cuci, water heater, keran, WC, dan sebagainya. Pastikan semuanya dalam keadaan mati, tak mengalirkan air, dan tertutup rapat. Selain itu, yang tak boleh terlupakan ialah untuk mengecek keran-keran air yang sering digunakan, baik itu di dapur atau kamar mandi. Periksa dengan seksama, apakah ada kebocoran kecil yang terlewat pandangan anda. Bila ada bagian yang bocor maka tandai.

Cek Meteran Air

Dengan segera cek meteran air anda, maka menjadi salah satu cara untuk mengecek apakah ada kebocoran atau tidak. Bila meteran air terus berjalan, maka hal ini dapat menunjukan bukti pertama bahwa ada kebocoran pada sistem perpipaan air bersih rumah anda.

Cek Pompa Air

Bila di rumah anda menggunakan instalasi air yang menggunakan pompa bertekanan,maka anda bisa coba perhatikan apakah pompa anda menyala secara tiba-tiba meskipun semua portal air sudah dimatikan sementara. Bila iya, ini merupakan indikasi adanya kebocoran air.

Jika pertambahan meteran air anda besar, maka kemungkinan besar ada kebocoran pipa yang lumayan parah pada sistem perpipaan rumah anda. Jika pertambahannya sangat kecil dan lambat, mungkin ini disebabkan oleh kebocoran-kebocoran keran yang telah anda tandai pada langkah 1. Perbaiki keran-keran tersebut lalu coba periksa lagi meteran air anda.

Periksa Toilet

Jangan lupa untuk memeriksa toilet dengan lebih seksama. Bukan hanya memastikan tuas penyentor dalam posisi yang benar, pemeriksaan kebocoran pada toilet membutuhkan sedikit trik. Caranya adalah dengan meneteskan sedikit pewarna makanan pada tangki air toilet anda. Jika pewarna makanan tersebut menyebar dengan cepat, maka kemungkinan besar ada kebocoran pada toilet anda.

Periksa pipa-pipa air yang tertangkap mata

Jika benar ada rembesan, lakukan tindakan perbaikan pertama untuk pipa bocor. Jika pipa anda berbahan PVC atau pralon, anda bisa menggunakan sealtape atau lem PVC untuk menyumbat kebocoran. Jika tindakan tersebut kurang berhasil, matikan pipa air anda dari pusat meteran air, lalu ganti sambungan pipa yang rusak dengan pipa yang baru.

Jika semua langkah dan pemeriksaan sudah dilakukan namun meteran air anda masih mengindikasikan adanya kebocoran, maka bisa dipastikan ada kebocoran di titik lain yang membutuhkan penanganan ahli. Sangat disarankan untuk tidak mencoba membobok sendiri dinding atau lantai rumah anda untuk memeriksa titik pipa yang anda curigai bocor, karena ditakutkan akan memakan lebih banyak biaya karena kesalahan penanganan dan sebagainya.

Untuk menangani permasalahan tersebut, kini anda tak perlu lagi bingung dan pusing dalam mencari tukang pipa ledeng yang bisa membantu anda mengatasi kebocoran pipa. Hanya dengan menghubungi kontak person yang telah disediakan, maka anda bisa segera mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *