Jasa Tukang Perbaikan Pintu Rumah Semarang : Tips Mudah Dalam Merawat Kusen Pintu dan Jendela Kayu Jati

Jasa Tukang Perbaikan Pintu Rumah Semarang : Tips Mudah Dalam Merawat Kusen Pintu dan Jendela Kayu Jati

Bagi anda yang senang memberikan elemen kayu pada hunian anda tentu saja tidak akan melewatkan penggunaan kayu jati. Seperti yang telah banyak diketahui bersama, kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang cukup kuat dan tidak disenangi oleh rayap. Selain awet dan tahan lama, kayu jati juga memiliki estetika yang tidak dimiliki jenis kayu lainnya. Misalnya seperti bila dijadikan kusen kayu dan jendela.

Sama seperti kusen dengan jenis kayu lainnya, walau kusen kayu jadi kokoh dan awet namun tetap saja perlu dirawat dengan baik. Alih-alih mendapatkan kusen yang indah, anda justru malah mendapatkan kusen pintu dan jendela yang rusak bila tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu, perawatanrumah.com akan memberikan beberapa hal dalam perawatan kusen kayu agar tidak merusak kusen pintu dan jendela kayu jati anda, yaitu penjelasannya sebagai berikut:

Membersihkan dari debu

Debu yang menempel pada kusen dan pintu sebaiknya dibersihkan setiap hari dengan menggunakan lap lembut ataupun dengan kemoceng. Debu yang dibiarkan tetap menempel  dan tidak dibersihkan akan membuat kusen terlihat kusam. Anda juga dapat membersihkan dengan lap lembut yang telah diberikan cairan khusus pembersih kayu. Fungsi cairan kayu disini adalah untuk memberikan kesan mengkilap pada kusen pintu dan jendela anda. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kayu yang berkualitas tinggi. Jika membersihkan dengan air harus segera dikeringkan dan jangan dibiarkan mongering sendiri karena dikhawatirkan akan menyebabkan kusen lembab dan akan ditumbuhi jamur.

Memoles kusen pintu dan jendela

Anda dapat memoles kusen pintu dan jendela anda dengan menggunakan cairan minyak jati. Pada umumnya memoles dengan minyak jati dilakukan pada kusen yang memiliki warna alami jati. Kusen pintu dan jendela yang menggunakan finishing dapat dipoles lagi dengan menggunakan finishing atau coating dalam jangka 2-3 tahun. Karena pada saat tersebut biasanya kusen sudah mulai terlihat kusam. Memoles kusen pintu dan jendela kayu jati sebaiknya dilakukan secara rutin agar kusen pintu dan jendela tetap mengkilap dan terlihat bagus.

Hindari dari goresan

Sebaiknya kusen pintu dan jendela dihindarkan dari goresan tajam ataupun keras. Apabila kusen terkena goresan ataupun benturan dikhawatirkan akan meninggalkan bekas pada kusen yang akan membuat tampilan kusen pintu dan jendela tidak menarik. Bekas yang ditinggalkan dari brnturan tersebut juga sulit untuk dihilangkan.

Pengecetan ulang

Perlu dilakukan pengecatan ulang agar kusen tetap terlihat mengkilap dan terawat. Sebelum melakukan pengecatan sebaiknya kusen dibersihkan terlebih dahulu dari debu-debu maupun noda yang menempel hal ini bertujuan agar hasil yang didapatkan lebih bagus dan cat lebih mudah menempel. Kemudian bagian yang berlubang ditambal terlebih dahulu menggunakan kayu yang sudah dihaluskan sehingga didapatkan permukaan yang lebih halus.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam melakukan perawatan pada kusen kayu jati di rumah anda. Lakukan secara berkala agar kusen kayu jati anda tetap awet dan tidak termakan usia. Apabila anda membutuhkan tukang yang dapat membantu anda, maka segera hubungi kami di kontak person yang tersedia. Kami akan siap membantu anda dengan tukang-tukang berpengalaman di bidang perkayuan. Dan tentunya akan ada penawaran menarik dari kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *