Jenis-Jenis Plafon Rumah yang Bisa Menjadi Pilihan

Plafon merupakan salah satu bagian rumah yang penting. Walau fungsinya tidak sepenting atap rumah, namun sebuah rumah tanpa plafon akan terlihat kurang menarik dan kurang indah. Selain memiliki fungsi keindahan, plafon juga berfungsi untuk menahan panas yang turun dari atap, sehingga ruangan akan tetap terjaga suhunya dan tetap nyaman walau matahari sedang terik di luar sana.

Plafon sendiri terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenisnya didasari oleh bahan penyusun plafon rumah. Plafon triplek merupakan salah satu jenis plafon yang mungkin sering anda dengar.  Namun, masih banyak jenis bahan lain yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama plafon. Berikut ini adalah jenis-jenis plafon rumah yang wajib Anda ketahui, yakni :

   Plafon Triplek

Plafon triplek merupakan salah satu material yang paling sering dipakai sebagai bahan plafon. Plafon berbahan triplek banyak menjadi pilihan karena harganya yang relatif miring. Terdapat beberapa jenis ketebalan triplek yang bisa digunakan untuk plafon yaitu ukuran 3mm, 4mm, 5mm, dan 6mm.

       Plafon GRC

Plafon GRC atau Glassfiber Reinforced Cement Board memiliki karakteristik yang tahan api dan juga tahan air. Walau memiliki beberapa kelebihan, namun plafon ini memiliki kelemahan dalam hal pemasangan. Bila tidak dilakukan dengan hari-hati maka plafon bisa dengan mudah patah dan hancur. Pemasangan plafon GRC hanya dilakukan oleh tukang-tukang yang sudah ahli agar hasil pemasangan rapi dan plafon tidak rusak.

   Plafon Eternit

Selain plafon triplek, plafon eternit juga merupakan salah satu jenis yang sangat banyak digunakan di pasaran. Sama sama seperti plafon GRC, plafon ini memiliki kekuatan terhadap api dan air namun cukup rumit dalam pemasangannya. Sehingga ada baiknya bila anda memilih menggunakan plafon ini harus dipasang oleh tukang yang sudah berpengalaman.

Plafon Gypsum

Tidak jarang Anda menemukan banyak plafon gypsum pada rumah minimalis sederhana atau berbagai desain rumah minimalis lainnya. Kelebihan plafon ini adalah proses pekerjaannya yang mudah serta sambungan plafon dapat dengan mudah ditutupi sehingga hasilnya lebih sempurna. Selain itu, plafon gypsum juga memiliki beragam pilihan list yang dapat dipadukan dengan motif-motif lain. Untuk pemasangan plafon gyspsum biasanya dapat menggunakan rangka furing atau pun kayu.

   Plafon Metal

Plafon jenis ini tersusun dari bahan lempengan metal yang sangat tipis sehingga nantinya metal dapat diukir dengan berbagai macam motif sesuai dengan selera yang Anda inginkan. Selain itu, pada finishing plafon metal biasanya dengan menggunakan cat minyak, dimana plafon akan memiliki unsur-unsur klasik yang menarik.

   Plafon PVC

Plafon PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan salah satu jenis-jenis plafon rumah yang memiliki bobot sangat ringan. Plafon jenis ini memiliki keunggulan yakni tahan terhadap air dan api. Tidak hanya itu, plafon berbahan dasar PVC juga dikatakan anti rayap. Tentu PVC sudah banyak terkenal sebagai bahan dasar pembuatan pipa air, namun kini PVC juga dapat difungsikan sebagai bahan plafon. Plafon ini juga hadir dalam beragam macam warna yang dapat dipilih, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan warna cat rumah anda.

Demikianlah beberapa jenis plafon yang bisa anda pilih untuk digunakan di rumah tercinta anda. Saat ingin memilih jenis plafon ada baiknya anda menyesuaikan dengan desain rumah, budget serta struktur plafon. Agar hasil pemasangan plafon rumah lebih maksimal dan rapi maka gunakan jasa tukang profesional seperti kami. Tak perlu ragu untuk segera hubungi kami pada kontak yang telah tersedia. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *