Jenis Pintu Geser Yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Jenis Pintu Geser Yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Dibandingkan pintu engsel biasa, terkadang banyak orang yang lebih memilih pintu geser untuk ruangan ataupun pintu utama rumah. Karena penggunaan pintu geser ini dapat menghemat tempat sehingga ruangan tampak lebih luas. Bukan hanya itu, ada berbagai inovasi menarik yang membuat pintu geser kini berkembang dan dapat mempercantik tampilan rumah anda. Modelnya yang beraneka ragam membuat pintu ini menjadi ciri khas rumah anda.

Penempatan berbagai jenis pintu geser

Namun, ada baiknya anda tidak boleh asal-asalan dalam memiliki ataupun menempatkan pintu jenis ini pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Selain harus menyesuaikan dengan desain pintu dengan konsep rumah anda, variasi pintu pun memiliki fungsinya masing-masing. perbedaan jenis pintu geser juga dapat dilihat dari bahan baku ataupun cara menggeser saat hendak dibuka atau ditutup.

Berikut ini ada beberapa pilihan pintu geser yang dapat anda gunakan di rumah, simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Pintu geser kayu

Material kayu yang solid dan tidak tembus pandang cocok untuk dipakai pada ruangan yang membutuhkan privasi. Contohnya, pintu geser kayu sangat cocok dipakai untuk pintu gudang berbagai barang yang menumpuk di gudang tentu membutuhkan ruang yang luas. Pemakaian pintu geser jenis ini akan memberikan ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang lain tanpa harus menyisakan tempat untuk membuka dan menutup pintu.

Bahkan ruang kecil seperti tempat penyimpanan peralatan rumah tangga juga dapat menggunakan jenis ini. penggunaan pintu untuk ditempatkan sebagai pintu lemari dapat terlihat menyatu dengan ruangan tersebut.

2.      Pintu geser kayu dan panel kaca

Jenis pintu ini sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan pribvasi dan konektivitas dengan ruangan lain di waktu yang bersamaan. Misalnya, ruang kerja dengan ruang membaca. Saat malkukan kegiatan di dalam ruangan tersebut, tentu anda perlu memicahkan aktivitas di satu ruangan dengan ruangan lainnya. sehingga anda pun akan lebih fokus dalam bekerja.

Adanya panel kaca tersebut dapat menjadi penghubung antara dua ruangan tanpa harus mengganggu siapa saja yang sedang beraktivitas di dalam ruangan. Penggunaan pintu geser ini umumnya dipakai pada bangunan umum seperti, kantor, sekolah, klinik kesehatan dan lain-lain.

3.      Pintu geser kaca buram

Dalam posisi tertutup, pintu geser buram akan membatasi penglihatan orang lain di luar ruangan. Meskipun demikian cahaya masih dapat masuk dan keluar secara samar-samar.  Pemakaian pintu ini umumnya disesuaikan dengan konsep dan karater ruangan dalam rumah. Pintu geser kaca buram ini biasanya dibuat tanpa bingkai ataupun dengan bingkai yang terbuat dari material kayu atau alumunium. Pintu jenis ini yang tidak berbingkai akan menunjukkan kesan modern bagi ruangan.

Anda dapat menempatkan pintu geser pada bagian dapur. Kondisi dapur yang terkadang kotor setelah masak dapat tertutupi karena pemakaian pintu geser kaca buram.

Masalah pada pintu geser

Sebenarnya pintu geser cenderung lebih sulit diperbaiki dibandingkan pintu konvensional. Sebenarnya pintu geser telah ditemukan pada ratusan tahun lalu di Jepang. Meskipun dapat menghemat tempat, namun ternyata pintu ini cukup sensitif digunakan. Terutama jika ada kotoran atau debu yang mengganjal pada rel alumunium pada bagian bawah atau atas. Kerusakan yang sering terjadi pada pintu geser terletak pada rel dan rodak yang ‘seret’ sehingga cukup rumit untuk diperbaiki.

Untuk mempebaikinya anda perlu memperhatikan rel alumunium bagian atas dan bawah pintu, gunakan minyak aerosol sebagai pelumas pada kunci pintu. Kemudian kencangkan skrup pada pintu geser.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *