Kenali Perbedaan Cat Pelapis Asli Dan Palsu

Kenali Perbedaan Cat Pelapis Asli Dan Palsu

Memiliki rumah yang yang bersih dan warna yang kontras dengan selera tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini mengingat kenyamanan penghuni rumah, anda tentu tidak ingin rumah yang dihuni terlihat berantakan dan memiliki warna yang konsisten sepanjang tahun. Untuk itu mengecat rumah adalah salah satu perawatan yang tidak bolek dilupakan.

Proses cat ulang pada dinding rumah biasanya sering dilakukan jika tampak ada kerusakan atau warna cat yang memudar. Bukan hanya itu terkadang muncul masalah lain seperti cat terkelupas hingga berjamur. Apalagi jika ruangan yang bersentuhan langsung dengan air seperti kamar mandi. Tentu untuk ruangan seperti anda harus mengaplikasikan cat pelapis anti bocor.

Maraknya cat pelapis palsu yang merugikan customer

Namun sangat disayangkan saat ini banyak cat pelapis anti bocor palsu yang beredar di pasaran. Hal ini tentu akan menganggu dan memunculkan hal-hal yang tidak diinginkn selama proses pengecatan. Apalagi cat tembpk yang tidak autentik justru akan merugikan diri anda, karena dapat merusak tembok rumah.

Hal ini karena pada cat pelapis palus sama sekali tidak dapat diaplikasikan ke tembok rumah anda. Terdapat banyak bahan campuran yang seharusnya tidak digunakan dalm proses pembuatan cat. Saat cat diaplikasikan ke tembok pun hasinya justru merusak keindahan. Sering kali cat tembok palsu mudah luntur dalam jangka waktu hitungan hari setelah proses pengecatan serta tidak memiliki daya tahan terhadap air dengan baik.

Lalu, bagaimana membedakan cat pelapis anti bocor yang asli dan palsu?

Saat ini banyak orang yang menjadi korban dari ulah produsek cat yang nakal, sering kali mereka tidak bisa membedakan mana cat pelapis yang asli dan yang palsu. Agar tak banyak orang lagi yang mengalami kerugian berikut ini adalah ciri-ciri yang dapat anda perhatikan untuk membedakan cat pelapis asli dan palsu. Simak penjelasannya berikut ini:

1.      Perhatikan harga produk

Cara pertama untuk mengetahui apakah produk cat pelapis yang dijual asli atau tidak adalah dengan harga yang produk. Jika harga cat yang ditawarkan dibawah harga toko pada umumnya maka anda patut curiga apalagi harga tersebut terpaut jauh dari harga pasaran pada umumnya. Bisa jadi itu adalah cat pelapis palsu.

Beberapa pelaku menggunakan argumen jika cat yang ia jual adalah cat sisa proyek, namun bisa jadi itu hanyalah bujuk rayu agar anda percaya. Anda bisa berdalih ingin mencoba mengaplikasikan cat terlebih dahulu, jika kualitasnya buruk maka anda harus menolaknya dengan tegas.

2.      Perhatikan hasil cat

Cat pelapis yang asli tentu memiliki hasil yang berkualitas seperti daya tutupnya yang bagus dan rapat. Hal ini justru sebaliknya pada cat pelapis palsu yang memiliki daya tutup yang rendah. Ini karena cat palsu telah melalui proses pencampuran bahan-bahan yang tak seharusnya. Bukan hanya itu, warna cat pun menjadi pudar dan mudah luntur saat terkena air.

3.      Penjual yang tidak resmi

Penjual cat palsu biasanya menjajakan produknya melalui door to door, mereka biasanya berkeliling dan menawarkan cat terkenal dengan harga yang murah. Padahal penjual cat asli umumnya menjual dagangannya di gerai atau toko-toko resmi yang sudah melakukan kerja sama dengan produsen cat.

4.      Perhatikan merk cat

Salah satu cara yang dilakukan pelaku  untuk mengelabuhi customernya adalah dengan menggunakan atau meniru mereka terkenal. Misalnya merk yang seharusnya ‘Bitadur’ menjadi ‘Bittadur’. Selain itu perbedaan dapat anda lihat pada logo yang tertera. Untuk itu anda perlu memperbanyak informasi agar mengenal merk-merk cat yang asli.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *