Khawatir Rumah Kemalingan? Tingkatkan Keamanan Dengan Teralis

Khawatir Rumah Kemalingan? Tingkatkan Keamanan Dengan Teralis

Selain sebagai tempat tinggal rumah juga memiliki fungsi penting lainnya, salah satunya adalah sebagai tempat berlindung dari berbagai hal yang mengancam di luar sana. Untuk itu sebagai penghuni rumah selain memperhatikan tingkat kenyamanan, keamanan rumah pun juga tak boleh luput. Terkadang meskipun anda tinggal di lingkungan yang tenang, tetap saja rasa khawatir akan hal buruk yang mungkin terjadi selalu menghantui anda dan keluarga. Apalagi jika anda tinggal di lingkungan yang rawan akan pencurian atau kemalingan.

Tentu istilah ‘sedia payung sebelum hujan’ perlu anda lakukan saat ini. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan rumah anda.

Tips meningkatkan keamanan rumah

Agar berbagai tindak kejahatan tidak dialami oleh anda dan keluarga berikut ini adalah cara mencegahnya antara lain:

1.      Pastikan kondisi semua kunci pintu rumah normal

Langkah pertama dan yang paling mudah anda lakukan adalah memastikan jika kondisi semua kunci pintu dan jendela rumah berkerja dengan baik. Apabila ada salah satu kunci yang telah aur, rusak, tidak dapat berfungsi dengan baik, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Jangan membiarkannya terlalu lama karena itu akan membuat pintu sulit terbuka/tertutup hingga menjadi karat.

2.      Tambahkan teralis pada jendela rumah

Agar keamanan rumah anda semakin meningkat maka anda bisa menambahkan teralis pada  jendela di rumah. Adanya teralis akan mempersulit pencuri masuk dalam rumah melalui jendela. Selain itu teralis pada jendela yang besar akan menambah unsur estetik pada rumah anda.

Ada banyak jenis teralis jendela yang dapat anda pilih seperti:

  • Teralis jendel vertikal, teralis ini merupakan kombinasi dari tiang besi yang berdiri tegak secara horizontal biasanya dilengkapi dengan lekukan sederhana.
  • Teralis jendela ukiran, teralis ini cenderung dibandrol dengan harga yang mahal karena ukirannya yang cukup rumit dan bahan bakunya terbuat dari besik dan lapisan kuningan

3.      Jangan menaruh kunci rumah di tempat yang mudah ditebak

Setiap meninggalkan rumah, terkadang beberapa orang terbiasa menaruh kuncinya di tempat-tempat yang mudah di tebak seperti bawah pot atau keset, tumpukan batu, atau bongkahan bata. Biasanya hal ini dilakukan jika ada anggota keluarga yang datang sebelum mereka pulang. Akan tetapi, hal ini ternyata kurang baik. karena bisa saja kunci tersebut digunakan oleh pencuri untuk masuk ke rumah anda. Sebaiknya, anda menduplikat kunci pintu rumah anda sesuai jumlah anggota keluarga. Sehingga setiap orang akan membawa satu dan rumah akan lebih aman dari pencurian.

4.      Mematikan peralatan elektronik dan alat masak saat pergi keluar rumah

Saat anda pergi berlibur atau sedang mudik ke kampung halaman, maka ada baiknya matikan semua peralatan elektronik di rumah anda untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik. Bukan hanya itu, perhatikan pula alat-alat dapur khususnya kompor gas. Ada baiknya anda melepas regulator selama berpergian sehingga mencegah terjadinya kebocoran gas.

5.      Pasang CCTV pada sudut rumah

Cara ini terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan keamanan di segala tempat, baik kantor, pertokoan hingga rumah pribadi. Anda dapat mengetahui pelaku kejahatn dari rekaman CCTV. Memang membutuhkan biaya lebih namun demi keamanan keluarga, tak ada salahnya memasang CCTV di rumah.

6.      Jika perlu gunakan aplikasi pengawas rumah

Saat ini semua telah dimudahkan dengan teknologi, dengan memanfaatkan kamera CCTV anda dapat mengawasinya secara langsung dengan ponsel. Sehingga meskipun berada di luar rumah anda dapat memantau apa yang terjadi di sana.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *