Memasang Glass Block Pada Dinding

Memiliki kamar yang bisa digunakan sebagai kamar baca memang akan sangat menyenangkan. Selain bisa sebagai tempat beristirahat, kamar akan menjadi lebih fungsional bila dimanfaatkan pula sebagai ruang baca. Selain memanfaatkan lampu sebagai penerangan, sebenarnya cahaya matahari juga bisa dimanfaatkan sebaggai sumber cahaya pengganti lampu. Namun bila ruangan dikelilingi tembok tanpa adanya lubang cahaya, maka anda perlu merubah sedikit ruang kamar anda yaitu dengan memasang glass block.

Glass block merupakan bahan yang digunakan untuk memaksimalkan sistem pencahayaan alami dari sinar matahari yang dimasukan ke dalam ruangan. Sehingga, meski tanpa menggunakan lampu listrik, ruang yang ada di dalam tidak gelap dan tetap terlihat terang. Bahan utama pembuatan glass block ialah kaca. Biasanya glass block berukuran 19cmx19cm dengan ketebalam 8-12,5 cm. Dengan ukuran tersebut, maka akan mendistorsi bayangan seperti prisma.

Selain berwarna bening, terdapat beberapa macam warna yaitu berwarna yakni biru, cokelat, dan hijau. Motifnya pun beragam, terdapat berbagai pola garis lurus, lengkung, gelembung, atau tekstur efek tertentu. Glass block sangatlah fleksibel untuk ditempatkan di sisi tembok manapun, sehingga anda bisa menyesuaikan pemilihan jenis glass block sesuia dengan fungsi ruangan.

Jika anda ingin menambahkan glass block pada dinding, maka anda bisa lakukan sendiri dengan langkah-langkah berikut ini:

Alat dan Bahan :

  1. Martil, alat untuk membobok dinding
  2. Sekop semen, alat untuk mengaplikasikan adukan perekat.
  3. Alat untuk mengukur glasblok atau bidang dinding.
  4. Alat untuk mengukur kelurusan vertikal.
  5. Alat untuk menggambar lubang di tembok.
  6. Material dari kaca dan sebagai pengisi lubang pada dinding.
  7. Semen perekat instan. Bahan campuran perekat glass block
  8. Alat untuk mewadahi pencampuran adonan perekat.

Langkah-langkah Pengerjaan :

Tentukan dinding bagian mana yang ingin anda pasang glass block. Tentukan posisi pemasangan bisa bentuk persegi seperti biasa atau yang dirotasi 45 derajat. Pikirkan pula jarak jendela glass block dari lantai agar tetap estetis serta fungsional. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Gambar sisi tembok yang ingin dilubangi. Lebihkan ukuran sekitar 5 cm (60cm x 60 cm menjadi 65 cm x 65 cm). Ukur kelurusan titik teratas serta titik terbawah dengan menggunakan bandul.
  2. Lubangi tembok dengan pahat dan martil sesuai batas garis yang telah anda gambar.
  3. Bersihkan sisi dalam tembok yang akan dipasang glasblok dari sisa-sisa debu puing.
  4. Pada ember campurkan semen perekat instan dengan air hingga berbentuk pasta. Perbandingan volume air : bukuk perekat = 1:3
  5. Diamkan campuran selama 5 menit lalu aduk kembali. Aplikasikan adonan pada 2 sisi yang akan dipasang glass block pertama kali.
  6. Selagi basah, pasang glass block di atasnya. Tekan-tekan hingga glass block melekat sempurna.
  7. Oleskan adonan ke sisi glass block yang akan ditempel dengan glass block berikutnya. Demikian seterusnya hingga seluruh glass blok terpasang.
  8. Isi lubang di dinding dengan semen perekat. Segera bersihkan perekat yang menempel pada glass block agar terlihat bersih dan cahaya bisa masuk dengan maksimal.
  9. Tunggu hingga 24 jam untuk pengaplikasian cat di bagian dinding yang ditambal. Kini ruangan Anda pun menjadi lebih terang.

Demikian beberapa langkah yang bisa anda lakukan bila anda ingin memasang glass block. Namun bila anda kurang memiliki waktu serta tenaga, maka anda bisa menggunakan jasa tukang untuk memasang glass block. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *