Membersihkan Furniture Kayu Dengan Bahan-Bahan Yang Murah

Furniture kayu merupakan salah satu jenis furniture yang selalu ada di hampir seluruh rumah-rumah yang ada di Indonesia. Selain karena element kayu yang dapat menyeimbangkan suasana rumah, furniture kayu juga memiliki nilai eksotik tersendiri terlbih dari bentu-bentunya yang elegan. Seain itu banyak orang yang menyukai furniture kayu karena tingkat keawetannya. Furniture kayu yang dirawat dengan rutin maka akan memiliki tingkat keawetan yang lebih lama dibandingkan yang tidak di rawat. Namun sayangnya, kesibukan serta kerumitan dalam membersihkannya membuat sebagian besar orang malas untuk melakukannya. Namun tentu saja bila furniture kayu tidak terwat akan menghilangkan sisi eksotiknya dan rayap-rayap akan berdatangan untuk menggerogoti furniture kayu anda. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan secara berkala agar furniture kayu anda menjadi awet. Berikut ini beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk membersihkan furniture kayu anda:

   Kemoceng

Terkadang perabot kayu ada yang sudah difinishing dengan pernis dan ada yang tidak. Untuk perabot yang sudah di pernis, perawatannya akan jauh lebih mudah. Untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel Anda dapat menggunakan kemoceng. Tapi jangan lupa, setelah debu dan kotoran sudah dibersihkan, lantai rumah harus tetap di sapu. Menjaga kebersihan sangatlah penting karena termasuk ke dalam salah satu ciri-ciri rumah sehat.

   Lap basah

Perabot kayu dapat dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Selain itu, sebulan sekali juga Anda dapat melakukan penyemiran pada perabot tersebut. Namun terkadang, setiap jenis kayu memiliki ketentuan sendiri tentang cara perawatan yang baik. Untuk itu ketika Anda hendak membeli sebuah furniture kayu sebaiknya Anda bertanya kepada penjualnya bagaimana cara merawat kayu tersebut dengan baik.

   Minyak lemon

Membersihkan kayu dengan menggunakan minyak lemon dapat dilakukan dalam waktu beberapa bulan sekali. Caranya pembersihannya pun cukup mudah, yakni dengan membasahi kain yang bersih yang telah dipersiapkan kemudian diteteskan sedikit dengan minyak lemon. Selanjutnya kain tersebut digunakan untuk mengelap seluruh furniture kayu di rumah.

   Tepung maizena

Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan baku adonan kue, tepung maizena juga dapat digunakan untuk membersihkan kayu, lho! Cukup taburkan tepung maizena pada permukaan furniture yang ingin dibersihkan. Cara ini dilakukan untuk membersihkan bekas telapak tangan yang menempel pada kayu. Jangan lup,a segera bersihkan kembali maizena setelah selesai digunakan.

   Kain halus

Pembersih furniture kayu juga dapat dilakukan dengan menggunakan kain halus seperti yang terbuat dari bahan microfiber. Cara membersihkannya pun cukup mudah, dengan menyelupkan kain tersebut ke dalam campuran air dan sabun. Setelah menyerap kain kemudian digunakan untuk membersihkan permukaan kayu, setelahnya Anda dapat segera mengeringkan dengan lap kering.

   Mayones

Mungkin Anda biasa menggunakan mayones sebagai pelengkap salad, namun mayones ternyata juga dapat digunakan sebagai pembersih furniture kayu, lho! Cukup dengan mengoleskan mayones pada permukaan kayu, dan biarkan dalam beberapa menit sebelum Anda hendak membersihkannya kembali dengan kain basah. Jangan lupa untuk langsung mengeringkan kembali permukaan yang basah tersebut.

Pembersih furniture kayu ternyatabisa berasal dari berbagai bahan yang biasa digunakan setiap harinya. Hal pemberat dalam perawatan kayu justru terletak pada niat dan keuletan Anda untuk membersihkannya secara rutin. Demikianlah pembersih furniture kayu yang wajib Anda ketahui. Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *