Memilih Cat Besi Yang Cocok Untuk Perlindungan Terbaik Tralis Jendela

Memilih Cat Besi Yang Cocok Untuk Perlindungan Terbaik Tralis Jendela

Cat merupakan salah satu bagian material finishing yang sangat umum dipakai, pada beberapa komponen rumah. Berbeda material bangunan, maka jenis cat yang dipakai pun berbeda seperti cat kayu untuk komponen bangunan material kayu, cart tembok untuk dinding rumah, hinggan cat besi untuk komponen dengan material besi.

Cat besi sendiri termasuk dalam jenis cat minyak, dan diformulasi khusus agar mampu menempel kuat dan melindungi material besi. Cat besi sendiri sangat sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengecat bagian rumah seperti pagar, pintu besi, hingga teralis besi. Sehingga besi pun terhindari dari karat.

Selain fungsinya sebagai pelindung anti karat, cat besi ternyata dapat memperindah tampilan rumah anda. Tentu memilih cat tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu diperlukan cat besi terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips ynag dapat diterapkan saat memilih cat besi berkualitas antara lain:

1.      Perhatikan bahan dasar cat yang akan dipakai

Meskipun pada umumnya cat besi berbahan dasar minyak, namun ternyata ada beberapa cat besi yang berbahan lateks. Cat besi yang berbahan lateks biasanya lebih cepat kering serta tidak mudah terbakar. Selain itu, cat tersebut mudah diaplikasikan ulang dan dibersihkan. Meskipun memiliki kelebihan namun, cat lateks biasanya tidak tahan lama dan dapat membuat permukaan besi berkarat jika primer tidak diaplikasikan terlebih dahulu.

Sedangkan, pada cat besi yang berbahan dasar minyak umumnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk diaplikasikan ke permukaan besi. Saat cat kering, cat tersebut tidak mudah terkelupas, tergores, ataupun ternodai. Cat besi yang berkualitas tinggi pun tidak perlu mengoleskan primer terlebih dahulu agar lapisan cat tampak lebih mulus.

2.      Pastikan formulasi cat dibuat anti karat

Salah satu kelemahan dari komponen rumah dengan material besi adalah tidak tahan air dan lembab, karena hal tersebut dapat menyebabkan besi berkarat. Untuk itu, salah satu manfaat cat besi yang berkualitas adalah melindungi besi dari karat.

Meskipun cat dasar anda telah anti karat, akan lebih baik lagi jika cat yang dipakai untuk finishing juga diformulasikan anti karat. Dengan demikian, tralis besi jendela anda tidak hanya tampil cantik, namun memiliki daya tahan extra dari cat yang anda aplikasikan.

3.      Pastikan cat juga anti jamur dan tahan terhadap cuaca esktrim

Sebenarnya karatan bukan hanya masalah yang dimiliki pada tralis besi jendela anda, terdapat permasalahan lain yang tak boleh anda abaikan yakni jamur dan cuaca yang ekstrim. Untuk itu, pastikan jika cat yang anda pilih mempunyai formula anti jamu dan parasit lainnya. serta tahan terhadap segala bentuk cuaca.

Hal ini sangat penting apalabi jika cat besi diaplikasikan pada area luar rumah seperti pagar. Cat besi tentu harus sanggup menahan cuaca panas dan hujan. Pilihlah cat pun tidak mudah terkelupas dan pudar ataupun ditumbuhi jamur. Sehingga, tampilan rumah tetap menarik dari waktu ke waktu.

4.      Pemilihan warna cat harus tepat

Setelah memastikan cat besi yang anda pakai memiliki daya tahan yang kuat dan melindungi besi dari berbagai masalah baik itu karat, jamur ataupun cuaca yang ekstrim. Maka pastikan anda memilih warna yang selaras dengan rumah anda.

Namun, perhatikan pula komposisi antara zat pigmen pewarna dan zat antikorosi. Hal ini karena penggunaan pigmen warna tertentu terkadang mengurangi fungsi cat itu sendiri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *