Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis Tapi Tetap Trendi

Memilih Pintu Rumah Yang Minimalis Tapi Tetap Trendi

Pintu rumah yang minimalis selalu disimbolkan sebagai rumah yang sederhana. Selain kesederhaan pintu ini juga memberikan kesan casual pada rumah anda. Ciri khas yang tampak pada pintu rumah minimalis dapat dilihat dari akses garis tegak dan datar sebagai hiasannya. Namun saat ini banyak pintu jenisini yang dirancang dengan desain polos, dengan menambahkan unsur dinamis melalui permainan warna misalnya warna alami kayu, warna plitu, warna cat puth, abu-abu hingga hitam.

Saat ini banyak sekali varian desain, model dan jenis-jenis dari pintu minimalis yang semakin mempertegas ciri khas rumah anda. Tentu anda pun harus mempertimbangkan pemilihan pintu agar sesuai denga seleran dengan anda serta berbagai furniture yang ada di dalam maupun rumah anda. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Ciri yang khas pada pintu rumah minimalis

Sesuai dengan fungsi dan penempatannya sebagai pelengkap bagian luar dan dalam rumah. Pintu minimalis yang trendi saat ini umnya berciri-ciri antara lain:

  1. Pintu berbahan dasar kayu kuat untuk tetap terlihat sederhana namun menonjolkan karakter elegan dan terlihat mewah. Biasanya kayu yang dipilih adalah kayu jati dengan motif serat kayu yang alami. Selain itu jenis kayu lain seperti trembesi dan ulin juga cocok digunakan.
  2. Sesuai dengan fungsinya pintu model minimalis memiliki bentuk yang hampir polos. Tanpa hiasan dengan detail yang rumit layaknya rumah dengan gaua etnik ataupun futuristik.
  3. Terdapat tambahan gari tegak, bidang datar atau perpaduan keduanya, yang memberi kesan manis dan dinamis sebagai hiasan.
  4. Hanya menggunakan 1 warna untuk mempertegas gaya pintu. Biasanya digunakan warna netral seperti putih atau abu-abu.

Memilih pintu rumah minimalis

Saat ini sudah banyak desain pintu minimalis yang menarik dengan harga yang bervariatif. Tentu anda akan merasa kebingungan untuk memilih, namun tenang di bawah ini ada beberapa tisp yang bisa anda lakukan untuk memilih furniture pintu rumah dengan gaya minimalis. Simak ulasannya berikut ini.

1.      Perhatikan desain pintu

Ingatlah jika konsep pintu ini adalah kesederhanaan dan motif polos. Selaini tu penambahan kesan sederhana pintu minimalis terletak pada pegangan pintu. Bahan yang tersedia di pasarangan mulai dari perak, besi, dan beberapa bahan metal lainnya. Selain kayu anda dapat memilih pintu almunium sendiri sebagai pintu rumah anda.

2.      Model pintu

Model pintu minimalis sangatlah beragam, anda bisa melihat mulai dari model pintu berdaun 1 dan berdaun 2. Selain itu anda juga dapat mempertimbangkan model membuka pintu apakah digeser atau didorong. Untuk modelnya sendiri anda bisa mencari berbagai model di Internet sebagai referensi.

  1. Bahan kayu

Model pintu rumah minimalis yang berbahan dasar kayu memang harus ada beberapa hal yang anda perhatikan. Mulai dari bahan kayu, hingga perawatannya semisal pengolesan cat agar terhindari dari serangga (misalna rayap) jika perlu anda bisa gunakan obat anti rayap. Selain itu anda pun harus pandai-pandai memilih kayu yang berkualitas. Pilihlah tekstur kayu yang mengeluarkan getah merah saat disiram air, kuat dan bagus. Selain itu hindari belang pada kayu.

4.      Warna pintu rumah

Warna memang selera pribadi masing-masing. Saat ini pelapis kayu untuk pintu telah tidak terbatas warna dan jenis pelapis. Usahakan mewarnai pintu yang dapat disesuaikan dengan cat dinding rumah anda. Pilihlah warna yang umum yang sering dipakai, jika ingin menciptakan fokus dominan pada pintu maka pilih warna yang berani seperti merah atau kuning.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *