Menentukan Model Pintu Minimalis Untuk Rumah Anda

Menentukan Model Pintu Minimalis Untuk Rumah Anda

Pentu adalah hal yang penting dimiliki oleh sebuah rumah, karena fungsinya sebagai jalan keluar masuk bagi tamu ataupun penghuni rumah dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Material untuk membuat pintu pun bermacam-macam ada kayu, besi, kaca, dan lain sebagainya. Selain itu, anda dapat memilih daun pintu satu ataupun dua. Umumnya dalam desain minimalis pintu yang dibutuhkan adalah yang berdaun pintu satu.

Yang harus diperhatikan untuk memilih pintu

Untuk memilih pintu dengan gaya minimalis pun bukan hal yang mudah, tentu anda harus memikirkan kualitas dan keselarasan dengan model rumah. Namun, jangan khawatir berikut ini merupakan tips memilih pintu yang cocok untuk rumah maupun ruangan antara lain:

1.      Perhatikan sistem keamanan pintu

Pintu merupakan wajah rumah dan salah satu ciri khas yang membedakan rumah anda dengan rumah lainnya. untuk itu sebelum merancang model pintu apa yang akan dipilih, cobalah untuk mengira-ngira bagaimana penampakan rumah dan ruangan yang akan anda buat. Selain dari unsur estetika anda pun harus memperhatikan segi keamanan pintu rumah. Jadi setelah anda memasang pintu pastikan anda memberikan sistem keamanan, pastikan cara kunci pintu rumah anda.

Untuk meningkatkan sistem keamanan pintu rumah anda, maka anda bisa melengkapinya dengan teralis besi dan gorden. Pemasangan gorden juga dapat menjaga privasi penghuni rumah dari tetangga sekitar.

2.      Kombinasi material pintu untuk fungsi yang maksimal

Fungsi pintu bukan hanya sebagai akses keluar masuk saja, namun juga sebagai sirkulasi udara agar rumah terasa lebih sejuk. Untuk itu pilihlah bentuk pintu yang memudahkan asupan udara supaya sirkulasinya lebih lancar.

Untuk itu, anda dapat memakai pintu minimalis ang berbentuk gawang (kusen). Selain itu anda juga bisa mengkombinasikan ke 2 bahan dalam pintu seperti kayu dan kaca. Jika anda ingin memisahkan pintu berbahan kaca anda dapat memilih salah satu diantara pintu kristal yang bening ataupun buram. Penambahan kaca pada pintu rumah dapat membantu cahaya masuk ke dalam ruangan. Sehingga anda pun lebih hemat energi.

3.      Pemilihan bahan yang berkualitas

Apabila anda memilih pintu dengan material kayu, maka pilihlah kayu yang berkualitas. Sebenarnya ada banyak pilihan jenis kayu yang dapat anda jadikan sebagai pintu dan kusen. Jenis kayu tersebut antara lain kayu jati, kayu mahoni, kayu nangka, kayu ulin, kayu kamper, kayu bangkirai, kayu glugu, dan jenis kayu Kalimantan lainnya.

Selain itu, pastikan anda melapisi papan kayu dengan cat minyak. Cat minyak digunakan agar pintu atau kusen rumah anda tidak mudah diserang raya dan rusak karena perubahan cuaca. Selain itu, anda harus memperhatikan tekstur kayu yang digunakan, usahakan memilih kayu yang keras dan ulet.

Berbagai material terbaik untuk membuat kusen pintu tahan lama

Bukan hanya material kayu saja, sebenarnya ada beberapa material yang dapat anda pakai untuk rumah. Selain fungsinya yang baik. Beberapa material ini juga terbukti awet dan tahan lama hingga puluhan tahun, antara lain:

  • Kusen Vinyl, jenis ini terbuat dari PVC
  • Kusen pintu aluminium, berbahan aluminium yang tahan terhadap panas
  • Kusen figerglass, jenis ini memiliki ketahanan lebih baik dibanding Vinyl
  • Kusen pintu cor, terbuat dari beton sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca
  • Kusen baja ringan, kusen baja ini cenderung lebih kuat dibanding kusen pintu aluminium

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *