Mengaplikasikan Cat Kayu Pada Pintu Dan Jendela Rumah Agar Tampak Natural

Mengaplikasikan Cat Kayu Pada Pintu Dan Jendela Rumah Agar Tampak Natural

Apakah di rumah anda jendela dan pintu tampak usang dan tak terawat? Cat pintu atau jendela yang memudar tentu akan berpengaruh pada tampilan rumah anda. Tentu setiap orang ingin memiliki rumah dengan tampilan baru dan indah untuk dipandang. Sebenarnya ada berbagai model dan warna yang bisa dipilih untuk mempercantik rumah, apalagi pintu adalah satu-satunya akses dimana tamu akan memasuki rumah. Tak heran jika pintu rumah dapat dijadikan gambaran bagaiman kondisi dalam rumah tersebut.

Cat untuk pintu dan jendela kayu

Penggunaan cat pada jendela dan pintu tentu perlu diperhatikan khususnya ketahanan lapisan perlindungan dan kecerahan warnanya. Coba anda ingat-ingat kira-kira sudah berapa lama cat pada pintu dan jendela bertahan? Apakah lebih dari tiga atau lima tahun? Jika warna cat kayu mulai luntur dan terjadi beberapa kerusakan seperti retak dan tumbuh jamur artinya anda harus segera merawatnya.

Sebaiknya anda melakukan pengecatan ulang, agar pintu maupun jendela lebih terlindungi. Selain itu, gunakan cat dengan warna yang solid sehingga mempercantik rumah anda. Ada baiknya anda memilih warna yang selaras dengan gaya rumah sehingga tampilannya pun tampak lebih natural.

Jika pintu rumah anda adalah jenis kayu yang memiliki serat indah maka sebaiknya gunakan warna kayu natural. Warna ini akan lebih menonjolkan serat kayu pada pintu rumah anda. Bukan hanya itu kesan natural akan semakin tampak karena pintu rumah terlihat lebih mengkilap.

Aspek perlindungan pada furniture

Ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan dalam merawat rumah salah satunya adalah aspek perlindungan pada furniture khususnya pintu dan jendela. Hal ini mencakup beberapa aspek antara lain:

1.      Panas matahari

Jendela dan pintu tentu menjadi bagian yang luar rumah yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Panas matahari ternyata dapat membuat warna lebih cepat luntur dan kusam. Akan tetapi cat kayu dipercaya memiliki ketahanan yang baik terhadap panas sinar matahari.

2.      Kelembaban atau hujan

Menjelang musim penghujan terkadang bukan hanya curah hujan saja yang meningkat namun udara lembab terkadang membawa air dan menempel pada lapisan luar jendela atau pintu rumah. Baik air hujan maupun udara yang lembab, keduanya sama-sama memiliki kandungan air yang dapat meresap kedalam kayu jendela ataupun rumah. Kondisi ini tentu berakibat menimbulkan jamur dan tampilan rumah pun semakin buruk.

Selain tahan akan panas matahari, penggunaan cat tenyata terbukti tahan akan suhu dingin dan berair. Sehingga anda dapat mencegah terjadinya kerusakan, karena air tidak akan meresap ke dalam jendela dan pintu. Lapisan coating yang telah terbentuk, akan melindungi kayu dari jamur.

3.      Perubahan cuaca

Kerusakan yang paling cepat dialami oleh kayu adalah pelapukan. Pelakukan sering kali dipicu karena perubahan suhu udara yang ekstrim dan terus menerus. Perubahan cuaca yang silih berganti mengakibatkan perubahan ukuran kayu yang bisa mengembang atau menyusut.

Namun penggunaan cat pelindung pada pintu dan jendela rumah anda akan mencegah pelapukan karena banyak merk cat kayu yang terbukti memiliki kemampuan untuk mengikuti perubahan bentuk kayu baik saat memuai atau menyusut.

4.      Jamur dan rayap

Kedua hal tersebut terkadang menjadi pr besar bagi penghuni rumah. Jamur muncul karena kondisi kayu yang lembab. Serta rayap merupakan serangga yang akan menggrogoti kayu sehingga kayu akan keropos dan lapuk. Namun anda tak perlu khawatir serangan jamur maupun rayap dapat diatasi dengan melapisi pintu dan jendela dengan cat pelapis perlindungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *