, ,

Mengatasi Problematika Kebocoran Atap Kala Musim Penghujan

Mengatasi Problematika Kebocoran Atap Kala Musim Penghujan

Atap bocor menjelang musim penghujan tentu tidak boleh disepelekan, selain karena mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Kebocoran atap yang terus-menerus dapat merembet kerusakan pada bagian rumah lainnya misalnya saja dinding atau plafon. Apalagi air hujan dapat merusak kerangka atap rumah, hal ini karena air hujan menyebabkan kerapuhan dan kekuatan sturktur rumah pun menurun.

Oleh karena itu, sebaiknya anda harus memasang berbagai komponen atap rumah dengan benar serta pemilihan bahan yang tepat. Untuk menghindari atap dari kebocoran atau rembesan air saat musim penghujan seerti ini. berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain:

1.      Pilihlah genting yang berkualitas baik

Genting merupakan komponen terpenting pada atap rumah anda. Untuk itu ada baiknya anda memilih genting yang berkualitas baik. Yang dapat dipasang dengan sempurna tanpa ada celah, antara satu lembar genting dengan lembaran genting lain. Hal ini karena, genting yang baik umumnya saling bertumbu dan saling mengunci. Selain itu, pasrahkan pula pemasangan genting pada tukang yang telah berpengalaman.

2.      Pasang talang air dengan tepat dan perhatikan pula jurainya

Talang adalah bagian yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari genting ke tanah, untuk itu ada baiknya anda memperhatikan proses pemasangan dan juranya dengan baik. Pilihlah ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan rumah anda sehingga tidak menghambat kelancaran air. Ada banyak jenis talang yang digunakan oleh orang-orang, namun yang sering dipakai adalah jenis talang seng atau karpet.

Namun yang perlu anda pahami adalah seiring berjalannya waktu talang yang anda pakai nantinya akan lapuk dan berkarat sehingga dapat menyebabkan kebocoran. Untuk itu, lakukan pemeriksaan secara rutin serta perhatikan pula kebersihan di area lubang talang pastikan tidak ada sampah yang menyumbat.

3.      Jangan lupa untuk melengkapi penutup atap dengan aksesoris

Salah satu penyebab kebocoran bisa berumber dari banyaknya sambungan pada atap rumah anda. Begitu pula pada karpusan yang terbuat dari beton (adukan semen dan pasing) yang tidak menyatu denganbaik dan tak cukup elastis sehingga tidak mampu menahan perubahan cuara yang ekstrim secara terus-menerus dan menimbulkan getas dan retak pada atap.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu sumber kebocoran, untuk itu pilihlah aksesoris yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah kebocoran dan keretakan. Misalnya:

–          Klip penahan genting

Aksesoris ini berfungsi untuk menjempit penggiran genting dan mengaitkannya dengan reng kayu sehingga genting tidak dapat melorotatau terlepas dari posisinya jika terjadi hujan deras dan angin besar.

–          Lapisi atap dengan waterproofing

Lapisan anti bocor atau waterproof tentu menjadi aksesoris yang tak boleh dilupakan. Waterproof merupakan bahan pelapis yang kedap air, sehingga mencegah atap dari kebocoran. Aplikasikan waterproofing pada sambungan nok dan talang, karena bagian tersebutlah yang biasanya menjadi sumber kebocoran.

Proses pelapisan ini harus dilakukan dengan benar, jangan rapu untuk mengolesi bagian atap yang bocor dengan waterproofing beberapa kali. Untuk lapisan pertama, anda dapat mengencerkan waterproofing dengan air (takarannya 10%) agar lapisan lebih menyatu dengan permukaan yang anda oleskan nanti.

Lapisan kedua dan ketiga anda mengoleskan waterproofing tanpa campuran apa pun. Lakukan pengolesah sebanya dua kali dengan arah yang berlawanan. Sehingga kedua lapisan tersebut dapat menutup seluruh permukaan bidang dengan baik.

Untuk mengoleskan waterproofing sendiri anda bisa memakai kuas, roller atau spray. Ada banyak jenis waterproofing yang dijual di pasaran, bukan hanya merknya saja warna yang disediakan pun beragam.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *